Cara download langsung ISO Windows 10 terbaru

Last Updated on Desember 6, 2020

Pada artikel dahulu kala saya pernah membagikan cara download ISO Windows 10 tapi pakai cara tidak langsung, yakni Media Creation Tool. Tapi sesungguhnya Microsoft menyediakan direct download ISO Windows 10 tapi tidak disajikan ke pengguna Windows. Kenapa? Saya juga heran, misteri nampaknya.

Kebetulan kemarin saya butuh ISO Windows 10 20H2 yang merupakan versi terbaru saat ini, karena laptop saya gagal update sejak Juni dengan error 0x80070002. Dan kalau pakai Media Creation Tool bisa, tapi kecepatan unduhnya jauh lebih kencang pakai Internet Downlod Manager. Dan akan saya ajarkan triknya berikut ini. Saya contohkan pakai Google Chrome browsernya, Mozilla Firefox atau lainnya bisa juga tinggal adaptasikan langkah-langkahnya.

Pertama buka link download Windows 10, disini: https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10

Kemudian bukan Developer Tools/Alat Pengembang dari menu browser. Di Chrome bisa tekan kombinasi tombol CTRL+SHIFT+I. Jangan bingung kalau muncul bagian baru layar dan kode-kode ga jelas. Fokus pada sisi kotak sebelah kiri, perhatikan bagian atasnya ada baris bertuliskan Responsive dan sebelahnya resolusi layarnya.

Klik dan ubah ke iPad/iPad Pro. Ini maksudnya menginformasikan ke halaman web tersebut diakses menggunakan gadget tadi. Kemudian jangan lupa reload halamannya.

Setelah itu akan ada yang berbeda pada halaman download Windows 10. Yup! Muncul pilihan download file ISO. Tapi pertama tentukan dulu versi Windows 10, kedua bahasa, dan terakhir download yang arsitektur 32-bit atau 64-bit.

Seharusnya proses unduh akan berlangsung, dan apabila terjadi dalam browser bukan oleh aplikasi download manager seperti yang saya alami dengan IDM. Maka bisa dengan aman distop, copas link directnya dan tambahkan ke IDM.

Ukuran file yang saya download mencapai 5GB lebih, untung ISP saya MyRepublic cukup besar bandwidthnya dan cukup sekitar 1 jam untuk selesai.

Sekian dan semoga bermanfaat. 🙂

Tinggalkan komentar