Cara edit variabel PATH Windows

Kalau kita sering berurusan dengan perintah – perintah command prompt di Windows tapi buka menggunakan program bawaannya maka kita harus menggunakan lokasi lengkap dari aplikasi tersebut baru bisa menjalankannya. Kadang kalau kita lupa maka pesan error semacam ini: “‘javac’ is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file.” saat ingin mengkompilasi kode program Java akan muncul.

Ini disebabkan Windows memang tidak mengenali perintah tersebut, dan kalau kita ingin memanggil perintah command prompt tadi tanpa perlu alamat lengkap filenya maka harus dimasukkan dalam variabel PATH di Windows. Caranya mudah kok, cuma agak tersembunyi saja.

Bagaimana caranya? Langsung saja ya. Silahkan anda akses System Properties Windows dan kemudian buka tab Advanced dan klik Environment Variables.
windows-7-system-properties-advanced
Pada kotak System variables dibagian bawah anda akan menemukan variabel PATH, silahkan double-click atau klik tombol Edit untuk mengubah isinya.
windows-7-environment-variables
Setelah itu langsung geser ke bagian akhir dan tambahkan isinya dengan lokasi program yang ingin anda gunakan langsung di command prompt. Untuk memisahkan antar lokasi aplikasi yang berbeda gunakan tanda ; (titik dua).
windows-7-edit-system-variable-path

Bila sudah selesai klik saja OK untuk menyimpan setting barunya. Untuk memastikan Windows mengenali isi variabel PATH terbaru ada baiknya supaya komputer direstart saja setelahnya.

Semoga membantu. 🙂

Tulis komentar...