Cara klaim ganti rugi JNE

Kualitas pelayanan jasa pengiriman paket oleh JNE sangat jarang terjadi adanya masalah apalagi sampai barangnya hilang atau rusak. Tapi kalau sudah terlanjur terjadi musibah baik secara sengaja atau tidak sengaja pada pihak JNE saat dalam proses pengiriman, maka kita sebagai pengguna jasa JNE bisa melakukan klaim ganti rugi, baik ada asuransi maupun tidak.

Sebelumnya pastikan dahulu kalau memang paket anda benar – benar hilang atau mengalami masalah yang menyebabkan anda meminta ganti rugi. Ini bisa dilihat dari kode status JNE saat cek resi bertuliskan “Barang Hilang atau Rusak” atau dengan menghubungi agen JNE di kota anda mengkonfirmasikannya.

logo-jne

 

Langsung saja saya jelaskan apa yang harus dipersiapkan sebelum anda mengunjungi kantor cabang JNE dan mengajukan klaim ganti rugi paket yang hilang:

  1. Siapkan surat pernyataan kehilangan atau mengalami kerusakan pada paket. Isinya mengenai barang apa yang dikirim, berapa nilainya, dari mana dan kemana tujuannya, dan detail – detail lain yang berhubungan.
  2. Fotokopi kartu identitas yang masih berlaku (KTP atau SIM biasanya).
  3. Bukti pengiriman (resi) asli. Jangan lupa buatlah dahulu fotokopinya.

Contoh surat klaim ganti rugi JNE

surat-klaim-jne

Kalau anda bingung mau menuliskan apa maka bisa menggunakan contoh surat yang pernah saya pakai berikut ini:

SURAT KLAIM

Kepada Yang Terhomat Pimpinan JNE ditempat.

Dengan ini saya menyampaikan bahwa kiriman paket dengan data dibahwa ini:
Nomor resi: [isikan nomor resi anda disini]
Nama pengirim: [isikan nama pengirim disini]
Nama penerima: [isikan nama penerima disini]
Alamat pengirim: [isikan alamat asal pengirim disini]
Alamat tujuan: [isikan alamat tujuan disini]
Isi paket : [isikan apa jenis barangnya disini]
Nilai barang : [tuliskan dalam Rupiah berapa nilai barangnya]

Paket tersebut dikonfirmasikan telah hilang berdasarkan hasil cek resi di situs jne.co.id dan informasi dari agen JNE tempat saya mengirimkan. Akibatnya saya mendapatkan komplain dari pelanggan dan membuat saya mengalami kerugian baik materiil juga kepercayaan

Berdasarkan apa yang saya alami saat menggunakan jasa JNE diatas maka saya meminta JNE untuk mengganti-rugikan barang yang hilang sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tidak merugikan kedua belah pihak.

Semoga kedepannya tidak terjadi lagi hal yang sama.

Demikian surat klaim ini, terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat kami,

[nama anda]

Setelah anda menyerahkan surat klaim diatas maka silahkan tunggu beberapa hari, dan bila tidak ada kabarnya silahkan tanyakan ke agen JNE di kota anda.

Nilai ganti rugi dan fungsi asuransi

Berapa nilai ganti rugi yang akan anda dapatkan? Berdasarkan ketentuan JNE dalam SYARAT STANDARD PENGIRIMAN (SSP) PT TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) spesifiknya pada bagian 7. Ganti Rugi bahwa nilai pertanggungjawabannya adalah maksimal 10 kali biaya kirim paket tersebut atau senilai barang yang hilang dipilih mana yang lebih rendah.

Akan saya ilustrasikan dengan 2 contoh kasus:

  1. Jadi misalkan anda mengirimkan barang dari Malang ke Jakarta dengan ongkos kirim per kilogramnya Rp.19.000 dan nilai barangnya adalah Rp.375.000, maka anda akan mendapatkan uang ganti rugi sebesar Rp.190.000.
  2. Kasus lain misalkan kita mengirimkan paket dari Malang ke Surabaya dengan tarif pengiriman per kgnya adalah Rp.12.000 dan nilai Rp.90.000, maka uang yang kita dapatkan adalah Rp.90.000 karena lebih rendah daripada 10 kali dari biaya kirim (Rp.120.000).

Singkatnya akan diambil nominal uang yang paling rendah diantara kedua kriteria diatas dan kita tidak memerlukan asuransi untuk melakukan permintaan ganti rugi paket ke JNE.

Lah terus fungsi asuransi di JNE apa dong? Asuransi di JNE berguna untuk menanggung ganti rugi kalau nilai barang yang dikirim lebih tinggi dari total 10 kali ongkos kirimnya. Karena itulah kita sering dianjurkan untuk memakai asuransi kalau barang yang dikirimkan bernilai tinggi.

Oh ya, anda harus menyerahkan surat diatas dan dokumen pelengkapnya dalam waktu 14 hari berdasarkan kapan paket tersebut seharusnya tiba di tujuan. Jadi kalau semestinya sampai dalam 3 hari dan belum ada kabar maka terhitung sejak tanggal tersebut adalah saatnya mengajukan klaim ganti rugi ke JNE.

 

343 pemikiran pada “Cara klaim ganti rugi JNE”

  1. Sore mas candra, aku kemarin kirim herbal cair botol beling k bogor via JNE tp ketika sampe d bogor, produknya tggl separuh krn tumpah.. Bisakah hal ini d klaim krn k JNE krn konsumen minta ganti rugi

    • Mas mau tanya,,misal sya kirim brg se berat 4kg kta agen diwilayah sya..trus sorenya sya dpat info dr angen kota sya ktanya beratnya 10kg dan harus tambah uang 2x lipat…trus brg sya ditahan di agen kota sya,pdahal brg itu udh ditungguin yg beli,dan mau di pake buat kbutuhan pembeli..itu kan bukan kesalahan sya mas candra,dan pembelinya ndak mau nambah ongkos kirim..

  2. Hai mas candra. Kalo kasusnya krn force mejeure gmn y mas? Coz brgnya ga smp2 ketujuan udh lama bgt. Dan tau2 barangnya malah dkembalikan ke kota asal dgn alasan force mejeure. Knp kok ga dipending aja disana.keterlambatan krn force mejeure sy bs mengerti sih. Tp kok barang dkembalikan ke kota asalnya itu yg aq heran. Hehe.. Meskipun lama asal sampai tujuan ga mslh. Lggipula tdk ada konfirm sblmnya dr jne. Hrsnya kan ditanyakan by phone. mgkn ada jwbn dr mas candra.

    • Halo Meylinda, sayangnya prosedur dan kenyataan di lapangan kadang lain mbak. 🙁 Kalau sudah terlanjur dikembalikan ya cuma bisa dikirimkan ulang mbak, dan ini bayar lagi karena JNE tidak menggantinya.

    • Saya kirim barang ke nusabtenggara timur pada tnggl 24 jahuari, nah tanggal 30 januari statusnya force mejuere dan sampai skrg tgl 6 januari masih belum berubah…gmn solusinya ya

  3. mas, bagaimana klo sudah sampai tahapan itu tp JNE ga ada tanggapan juga?
    apa yg harus dilakukan?? paket yg ke 7 kali hilang nih mas dan ga pernah ada tanggapan

    • Halo Veronica, tahapan yang mana ya mbak? Sebaiknya datang langsung dan tunggu sampai ada kepastian. Bawa materai kalau perlu. Memang kadang perlu dimotivasi JNEnya.

  4. mas saya baru saja senasib seperti ilustrasi yg dibikin, saya penjual dari tokopedia yg menjual HP ke pelanggan di sukabumi..
    yg ingin saya tanyakan bila HP tidak diasuransikan siapa yg menaggung pembeli atau penjual?, nah yg membuat surat tersebut pihak pengirim atau penerima?

  5. udah satu bulan paket kami rusak dari jne sampe skrng gk diganti rugi .padahal udah ada bukti.waktu kami kirim paket ke batam tiba dibatam paket yang kami kirim rusak seperti kena guntingan semua. dan pelanggan kami minta ganti rugi. kami suru kirim balik paket kata jne masih dimedan. secara logikanya dulu pak apa mungkin pengiriman dari batam ketebing tinggi 1bulan???
    jne udah mulai gak beressssssss.

  6. Mas candra saya mau tanya ,, sya tdi pagi jam 10an pagi kirim brg lewat jne,dan kta agen diwilayah sya gmong klo beratnya 4 kg senilai 128rb dan sdah sya byar..kemudian sekitar jam 5 sore lebih pihak agen dri kota sya telpon bilang klo brg yg sya kirim beratnya 10kg krna kena volume,pdahal sya udh tanya 2kali ke agen di wilayah sya,,trus brg sya ditahan pihak agen kota sya,,itu harusnya gimana,kan bukan kesalahan sya,,dr pihak pembeli ndak mau tau pokoknya brgnya harus sampai karna mintae jne yes..dan sya dsuruh byr dr agen kota sya 300rb lebih,,itu mlahan bikin sya rugi bnyak bget.
    Ini kan bisa merusak reputasi toko online sya mas ..

    • Waduh, ini kena hitungan volume ya mas jadinya. Saran saya ya cancel kirimannya dan minta maaf ke pembelinya. Kecuali mas siap nanggung ruginya. Coba diperhatikan rumus pengiriman volume JNE mas, ini kalau barangnya besar.

    • Coba desak penanggung jawabnya mas. Memang repot dari sisi kita yang dirugikan, tapi kalau mau cepat harus rajin sendiri minta followup. 🙁

    • saya ada kejadian serupa.
      saya mengirimkan barang dr surabaya k jakarta dengan kelengkapan alamat yang SANGAT JELAS, tetapi barang dikirimkan ke alamat lain dan diterima oleh orang yang tidak bersangkutan.
      JNE menjanjikan akan melakukan investigasi dalam kurun waktu 4-6 hari, tapi yg dihasilkan dlm kurun waktu tersebut adalah NIHIL.
      Ketika saya hubungi bahwa saya meminta prosedur klaim barang hilang, tapi oleh pihak JNE hanya menjawab seperti radio rusak akan mengkonfirmasi kembali, tapi saya tunggu hingga 2 hari lamanya sama sekali tidak ada usaha dari pihak JNE untuk melakukan konfirmasi ke saya.

      DIMANA PERTANGGUNG JAWABAN JNE????!!!

      LAYANAN PENGIRIMAN MACAM APA INI?????!!!!!!

      GAK CS GAK LAYANAN CLAIM GAK BEKERJA SECARA PROFESIONAL.

      DALAM KASUS INI SAYA SEBAGAI PIHAK PENGIRIM BENAR2 MERASA DIRUGIKAN KARENA SAYA TIDAK MELAKUKAN KESALAHAN APAPUN BAIK DARI PENULISAN ALAMAT DAN NO.TELP TETAPI MENGAPA PAKET BISA SALAH DIKIRIMKAN????!!!!!!!

  7. mas, mau tanya ..sy hari rabu 12 0ktober 2016 beli handphone seharga 1000.000 rupiah, pake paket jne express..lalu hari ini kamis di telpon kurir jne .. biaya asuransinya Rp 1.500.000 kok mahal banget…di suruh transfer ..gi mana ni. m ksh jawabannya

    • Halo Yeni, ga ada hal seperti itu mbak. Bayar di depan dan oleh pengirim. JNE tidak pernah meminta uang apapun dari penerima.

  8. Sore mau nanya mas kalo barang criss cross itu biasa proses nya brp hari ya? karena paket dikirim sejak tnggl 27-10-2016 tapi sampai skrg 4-11-2016 belom ada kabar dan status masi criss-cross apa ada kemungkinan hilang? thanks

  9. mas chandra, saya kirim barang telah diasuransikan juga mas.tapi setelah 14 hari kerja kok belum ada pergantian dari jne ya? karena uangnya buat beli barang yang baru lagi tidak bisa.sehingga proses produksi juga terganggu.saya sudah berkali kali telp ke jne pusat.malahan suruh nunggu1-2 hari kerja.seperti itu terus. kenapa ya mas.dan bagaimana seharusnya ya….

    • Halo Awan, tips yang kurang bagus tapi berhasil itu mas labrak saja ke JNE pusat di kota anda. Niscaya untuk menghindari keributan akan segera diproses, apalagi kalau mas setiap hari kesana. Teman saya begitu. Tapi jangan emosi pas komplainnya daripada kebablasan.

  10. Hallo mas chandra. Kmren saya kirim paket isinya acc hp tempred glass. Sesampainya di tujuan lalu dibuka dan divideo ternyata tempred glass pecah
    Nah apakah memungkinkan untuk mengajukan ganti rugi ke jne?

    • Ya bisa mbak. Datang saja ke JNE Pusat dan klaim lewat formulir yang disediakan. Tanpa perlu asuransi kalau nilai barangnya tidak lewat 10 kali ongkir.

    • Bisa lewat transfer bank atau uang tunai mas. Secara prosedur maksimal 14 hari kerja akan diproses, tapi dari pengalaman harus rutin difollowup sendiri supaya lancar.

  11. malam mas .. saya mau tanya, saya ngirim sertifikat plus cd nilainya 300rbu, ternyata sertifikatnya pas nyampe jadi lecek kusut gitu, iti bisa di klaim ga ya mas? trimakasih

    • Bisa mas, maksimal 10 kali ongkir nilai barangnya masih dicover. Kalau diatas itu wajib asuransi kalau mau klaim penuh.

  12. Hay kak chandra,
    Gni sya ngirim tv dri bali ke madura,tvx baru tp kardusx drusakin sm ank,niat sy mmng dbw plng k mdura,sngj g d bw sndr takut g aman dpsawat,jd sy kirim lewat jne,
    Tp dtolak sm jne cz tkut brang pecah,karna dsna tdk mnyediakan kardus tp hx bungkusn kyu,jd aq dsuruh untuk ke jne yg lebih besar di bali,sampai dsna jne mexnggupix dg kardus dan kayu biar tambah aman,dgn tambahan asuransi,jd ongkosx sngt mahal,sdah smnggu g datang jd q ambil sendri d bangkalan,krna q baru d jne jd q brikan sj kertas yg trxta surat asuransix,kirain tu bukti pengambilan,dan kertasx g dikemblikan lg ke sy lg,trus tv x sya periksa tp g teliti,smpai di rumah trxta layarx pecah di bawah,tv x hdup tp g da gambar,jd q harus gmna,?q bingung cz g da tanda bukti d sya mas,tolong kasih masukan,,jd kcw

    • Loh mbak, nomor resi dan asuransinya ga ada? Waduh…

      Mbak foto dulu semuanya, bawa kembali ke JNE Pusat disana dan komplain langsung. Bilang saja kronologinya gimana. Cuma bisa gini mbak dan berharap yang terbaik. 🙁

  13. jne parah banget nih molornya…kirim paket dr tanggal 5 dari depok ke tangerang tp sampai saat ini paket blm sampai dan pihak jne yg di tangerang menjelaskan bahwa tdk ada pengiriman hari jumat -senin..trus bagaimana nasib paket saya????

    • Mas langsung datang ke JNE pusat dan minta form klaimnya. Nanti ini harus koordinasi dengan penerimanya juga untuk syarat – syaratnya.

  14. Hello mas candra. Kmren sy mmbli sptu lwat tokopedia mggunakan jne yes. Paket blm sya terima tp td pas sya cek status pktnya delivered ,,trs gmn klo buat klaim sdgkn syrtnya srt klaim,fc ktp, fc resi ?
    Lha gmn yg fc resi nya org sy bli nya di tokopedia bandung

    • Di Tokopedia pada status pesanannya ada tombol Barang diterima tapi bermasalah atau tulisannya serupa. Itu buat lapor masalah ke Tokopedia dan Sellernya mbak. Coba cek dulu di akun anda.

      Nanti yang klaim ganti rugi itu adalah pengirim, anda diminta kerjasamanya untuk bukti – bukti yang dibutuhkan.

    • Ini salah satu yg agk kurang fair bagi Pembeli mas saat belanja online. Krn pembeli banyak ruginya kenapa begitu :

      1. Pembeli sudah bayar ongkir di aplikasi.
      2. Pembeli dirugikan barang dtg telat/rusak/hilang
      3. Klaim hanya bs dilakukan oleh penjual / seller, sdgkan pembeli sdh melakukan kewajiban no 1 diatas.
      4. Untuk melakukan klaim menuntut seller / penjual / pengirim untuk pro aktif follow up ke cab JNE lokasi pengirim dan saya yakin ga byk seller bs diajak kerjasama dlm hal ini. Krn bagi seller toh mereka tdk dirugikan dlm hal ini !
      5. Hal diatas pasti akan dianggap merepotkan seller / pengirim saja, dan pd akhirnya tdk ada klaim yg diajukan / approved.

    • Sayangnya kondisi untuk proses klaim ganti rugi memang seperti itu mbak. 🙁 Apalagi tambah ribet kalau ternyata si seller itu dropship.

      Mungkin lebih bagus kalau ada kebijakan tegas seperti AliExpress yang 60 hari barang belum diterima bisa minta refund. Shopee punya kebijakan mirip tapi entah eksekusinya apa semudah katanya.

  15. Kak, saya beli di Elevenia dikirim lewat JNE, nah saya sudah dapat no Resi terus saya cek di WEB JNE benar penerima a.n saya Aulia Rahmadewi tapi tujuan pengiriman salah harusnya Purworejo malah Semarang terus statusnya on process, saya diamkan. 2 hari kemudian saya cek lagi dan malah status deliverd penerima Eko bagaimana ini mas? Apa kemungkinan salah kirim padahal barangnya sudah saya asuransikan.

    • Itu malah salah alamat penyebabnya mbak, kalau mbak yakin ngisi di Elevenianya sudah benar maka komplain ke CSnya saja: [email protected]. Sebaiknya cepat laporkan supaya ga jadi tambah repot ngurusnya nanti.

  16. hallo mas.. saya ada kirim dokumen berupa STNK mobil kantor dari bandung ke jakarta dari tanggal 02 januari 2017 tetapi sampai hari ini tidak sampai memakai jasa YES. Dan sudah complain disuruh menunggu hingga hari ini dan 3 hari ke depan lagi. Saya sudah telpon ke pihak JNE pusat dan mendapatkan tanggapan dari mereka. Yang ingin saya tanyakan: apakah dokumen yang bergaransi seperti STNK yang nilainya mahal ada penggantian apabila hilang. (semoga sih tidak) Dan berapa lama dari waktu kirim dokumen bisa dinyatakan hilang.

    Terakhir tracking masih di warehouse Jakarta terus per tanggal 03 januari 2017.

    • Mas langsung datangi saja kalau bisa. Lebih enak ketemu langsung mas kalau ada masalah. Biasanya ada status hilang itu lama sekali mas kalau dibiarkan, bisa sebulan. Kalau mas followup terus apalagi langsung datang akan lebih cepat diceknya.

      Untuk urusan ganti rugi, hanya senilai pembuatan/penerbitan surat berharga yang hilang mas. Kalau diasuransikan bisa lebih tinggi lagi:

      • BPKB mobil maksimal Rp. 3,500,000
      • BPKB motor maksimal Rp. 2,500,000
      • STNK mobil maksimal Rp. 2,000,000
      • STNK motor maksimal Rp. 1,000,000
      • Ijazah maksimal Rp. 200,000.
      • Paspor maksimal Rp. 500,000.
      • Sertifikat tanah maksimal Rp 2, 000,000.
      • Dokumen lain diasuransikan maksimal 2,000,000.
  17. Mas, saya mau bertanya, saya kirim sparepart untuk mesin industrial harga sekitar Rp 10jt karna konversi uang dollar. Apakah kita claim Akan keluar?? Saya tidak ada asuransi karena tidak diberitahu oleh pencatat, karna saya Cuma tau asuransi untuk electronik ataupun barang mudah pecah.
    Dan apa semudah itu jne menyatakan barang itu hilang. Karna menyangkut Saya harus bertanggund jawab ke perusahaan

    • Halo Steve, ada sharing dari pengunjung yang lebih paham dari saya malah soal ganti rugi ini: https://utekno.com/menghitung-asuransi-jne-11615/comment-page-1#comment-49947

      Saya kutip dari mas Deni:

      Dear all,
      Just sharing… Sy sering kirim k jne & tidak pernah pake asuransi. Faktanya 2x komplein ganti rugi ke jne atas kehilangan & kerusakan barang semua dibayar full 100%, nilainya lumayan, yg pertama 12jt, dan yg kedua 7jt. Intinya kita berani ngotot dan konsultasi Ama org yg ngerti hukum, dan gunakan UNDANG-UNDANG No. 8 Tahun 1999 Tentang PERLINDUNGAN KONSUMEN sbg dasar hukumnya. Klo mrk ngotot jg ancam diselesaikan di Pengadilan, mrk pasti takut Krn 99% mrk akan kalah.
      Krn menurut hukum acara perdata si tergugat akan dibebankan utk membuktikan kalau mereka tidak lalai. Nah… utk membuktikan itu mrk ga akan bisa, kecuali sogok hakim… sementara utk sogok hakimpun tidak semudah spt dulu…. hehehe…. ini pengalaman pribadi Sy, semoga bermanfaat. Cheers…

  18. Selamat Pagi Mas Chandra
    Saya beli hp dri tokopedia, sma seller dah dikrim tgl 9 januari…..dah seminggu gak nyampe2. trus sya dtang ke gudang inboundnya, katanya brangnya tidak ada padahal di pelacakan resi dah nyampe di tujuan.
    trus sya bikin klaim, tpi smpai sekarang blom ada updte dari JNE, padahal pihak seller juga dah bukun klaim tertulis di JNE pusat.
    Solusinya gmna ya ?

    • Mas bikin klaim ganti rugi? Ya harus proaktif minta followup setiap sekian hari mas. Dulu saya repotnya gitu, rasanya ngemis ke JNE. 😥

  19. Permisi mau tanya. apa surat2 dll ini harus dkirimkan ke jne pusat? dan pengiriman ke sananya melalui apa?

    Lalu untuk proses klaimnya brpa lama? apa nnti akan di sms lagi? trims

  20. Bos, tgl 27/01/2017 saya kirim barang ( tas 5 Pcs) Batam dan TGl 29/01/2017 barang sudah sampe di RSU. imelda medan Tujuan. akan tetapi yang yampe hanya 4 , dan yang satunya hilang. dan JNE tidak meras salah pengiriman dan mengatakan via sms barang sudah sampai, namun cek fisik hanya 4? jadi ni gmn, Apakah pake jalur hukum atau media lain. customer reference 10522600 , kantor cabang batam – batu aji

  21. Mas mau tanya,kl paket kiriman yes yg seharusnya sehari sampai tp blm sampai hingga 4 hr apakah bs ganti rugi?sdh mengajukan komplain untuk diantar secepatnya tp blm dtg2 jg kurirnya.alasannya dirumah tidak ada org.pdhl saya selalu ada dirumah,bukannya pihak ekspedisi punya nmr tlp si penerima ya?knp tidak berusaha menghubungi? Pdhl ambil paket yes agar ingin segera paket sampai

    • Bisa mbak, yang klaim ganti rugi ongkir itu pengirim tapi. Mbak koordinasikan saja.

      Punya nomor telepon tapi dari pengalaman sangat jarang dihubungi mbak.

    • Jadi bang klo kita ambil paket yes(yakin esok sampai) yg bisa dibilang brg besok smpai. Klo melebihi batas hari,brrti yg ganti klaim bkn jne ny(contoh) tp pengirimny ya?trims

  22. mas chandra atau yg lainny, saya mau nanya syarat mengajukan klaim rugi JNE yg no 3 (Bukti pengiriman (resi) asli. Jangan lupa buatlah dahulu fotokopinya)
    saya cuma punya no resi tpi untuk lembaran resi ngak punya (saya beli buku di tokopedia) so :
    1. apakah saya nanti ke kantor jne ny cuma ngasih no resiny *selain syarat1&2 ?
    2. apa saya harus tanya ke agen penjual di tokoped tsb buat minta lembaran resiny (ya paling di screenshot atau foto gak apa2 deh) ?

    • Yang bisa klaim kehilangan itu pengirimnya mas. Penerima cuma kerjasama melengkapi bukti – bukti yang dibutuhkan.

      Pada status pesanan di Toped mas tidak klik konfirmasi penerimaan kan? Ada tombol Komplain.

  23. Siang mas Candra , Barang saya gak jelas keberadaanya dikirim dari tanggal 6 Maret terakhir informasi dari CS dan check status web barangnya ada dikurir . Sudah 10hari hanya di suruh menunggu , gak ada kepastian. Apakah saya bisa mengajukan klaim kehilangan ?

  24. Saya beli smartphone via tokped om dan paket dinyatakan hilang oleh pihak jne paketnya diasuransikan dan sudah diklaim asuransi oleh seller, tapi sampe sekarang uang ane kok masih ditahan ama pihak tokped kan paket sama sekali belum saya terima bisa kasih saran om? Udah 10 hari uang uang ane ditahan

  25. klo kiriman dari batam apa slalu molor? sudah 5 hari ini di trek g bisa muncul ,. padahal no resi benar dan pakai paket YES,. mohon pencerahannya

    • Sebentar. Ini resinya tidak ditemukan?
      Antara:
      1. Salah nomor resi.
      2. Tidak ada kiriman dengan resi tersebut.

  26. Kemarin juga saya pesan bolu napoleon dari medan. Trus semua napoleon nya rrusak parah. Udah semcam gak berbentuk kue lagi. Kejunya berhamburan didalam plastik. Emng pengiriman paket itu barang dimuat dimana sih? Dibagasi yah makanya sampe rusak gt?? Pelanggan kecewaaaa!!!

    • Pakai jalur darat saja mbak pengirimannya. Bukannya membela JNE, memang ada yang kasar penanganannya, tapi biasanya kalau kasus barang rusak dalam pengiriman sering disebabkan petugas bandara yang main lempar kargonya.

  27. halo saya barusan belanja di shopee tanggal 31 maret 2017
    barangnya serum vitamin C gitu buat wajah tapi karena kelalaian penjualnya dan staff dari JNE nya nyasarlah paket saya sampai di TOLITOLI karena kata staff JNE nya itu cuma buat masukin di ENTRY nya aja soalnya kota tujuan saya tidak muncul saat dia melakukan entry katanya ntar bakalan sampe kok tetep ke tujuan. eh sampe sekarang tanggal 14 april pun belum sampai 🙁
    terus klaim ke shopee juga ditolak dengan alasan penjualnya sudah mengirimkan paketnya.

    bisakah saya meminta tanggung jawab dari pihak JNE?
    soalnya serum vitamin C akan mengalami oksidasi jika kepanasan jadi gak bakal mungkin pake ke muka saya setelah berminggu minggu kebungkus gitu 🙁 🙁 kecewa banget sih sama shopee nya walopun gak salah hehehe

    • Sayangnya untuk kasusnya mbak ini hampir pasti ditolak klaimnya ke JNE, tidak bertanggung jawab apabila tipe barangnya bisa rusak karena waktu. 🙁

  28. Saya sudah ingin bertanya, paket saya belom sampai ke saya tapi saya cek resi nya sudah di terima, tetapi bukan ke saya maupun keluarga saya, itu gimana ya, apa ada ganti rugi mas?

    • Bisa diklaim mbak. Saya sarankan pengirimnya ke JNE pusat disana, dan mbak juga komplain ke JNE Pusat di tujuan.

  29. Mas mau nanya, saya ada ngirim laptop (diasuransikan) dari karawang ke jakarta, kirim tgl 2 mei tgl 4 mei status udah di kurir tapi sampai skrg 8 mei pembeli blm terima barang..ditelpon brp x ke jne tomang juga ga tau alasannya knp barang masih di kurir mulu..apakah waktunya mengajukan claim barang hilang?

    • Selama barangnya masih terlacak atau belum diakui JNE telah hilang tidak bisa mas.

      Kalau pakai YES cuma bisa minta ganti rugi ongkir.

    • Saya pakai REG sih mas..seandainya hilang, apakah kalau diclaim nantinya akan diganti rugi seharga nilai laptop? (Karena diasuransikan)

    • Ada asuransi ya bisa mas. Memang fungsinya untuk mengganti penuh nilai barangnya apabila ada masalah yang disebabkan JNE.

  30. Siang Mas, aku mau tanya, kemaren aku minta klaim, kirim barang sambalado kelapa dari Batusangkar ke Bali. Ongkirnya Rp 80 ribu untuk 2 kg paket YES, harga barang Rp 300 ribu untuk 2 kg sambalado. Barangnya tidak sampai karena pemesan sudah ke Amerika Serikat, jadi rumah kosong. Prosesnya lama loh Mas, 2 minggu baru diklaim dan cuma diganti rugi JNE sebesar Rp 380 ribu, harusnya bukannya Rp 800 ribu ya Mas?

  31. Sore mas chandra, saya kirim paket via jne dgn fasilitas YES pada tgl 1 juni 2017 dari tangerang ke nusa bali, hingga hari ini tgl 6 juni barang belum tiba. Seharusnya tgl 2 barang itu sudah harus sampai. Dan ininsudahnhari ke 6ntaoi penerima belum menerima barangnya dannsudah bolak balik saya telp jne dan sudah saya minta alamat di bali temoat barangnitu disimpan agar penerima mengambil sendiri tetapi alasan kantornmsedang direnovasindannbarang akan diantar (itunjanji mereka tgl 5), sampai hari ini barang blom kami terima.
    Apanupaya hukummyg bisa kami lakukan agar jne ini bisa dicabutbijinnya sekalian. Tks

    • Paling gampang langsung datangi JNE terdekat atau langsung ke perwakilan di Denpasar mas.

      Tapi kalau sampai dicabut ijinnya karena pengiriman lama rasanya mustahil mas.

  32. Halo Mas Chandra,
    Saya kirim motor dari Sumatera ke semarang, kondisi baru dan diasuransikan.
    Sesampainya di semarang motor rusak, lampu pecah dan beberapa lecet.
    Saya menyepakati untuk pihak jne memperbaiki motor tersebut dlm jangka waktu 2 bln.
    Tp ternyata 2 bln sudah lewat, motor tidak selesai diperbaiki dan malah meminta waktu perpanjangan 2 bln lg karena masalah stiker motor yang belum tersedia.
    Jujur saja, saya sangat keberatan jika harus menunggu lagi 2 bulan. Kira2 solusinya apa ya mas?
    Karena saya menanyakan untuk ganti kerugian, pihak JNE bilang hanya untuk barang yg hilang atau yg tidak bisa lagi diperbaiki.

    Bagaimana kalau saya ingin klaim asuransi? Apakah berbeda atau sama dengan ganti rugi yang harus ditanggung jawabi oleh JNE?
    Terima kasih

    • Bukannya wajib asuransi ya mbak kalau kirim motor? Langsung klaim saja asuransinya. Ganti rugi JNE non asuransi memang mengganti nilai barang setahu saya.

  33. Mas,saya kmrn kirim blender kaca waktu saya kirim barang masih bagus tp sampai sana barang pecah.gmn itu mas,apa bs diganti sama jne.soalnya pecahnya saat dikirimkan jne.

  34. Mas Chandra mau minta Pendapat ..
    Jika kita kirim monitor Lewat JNE dan sudah Di Box kayu dari Jakarta ke bali tetapi barang yg sampai mengalami kerusakan .. setelah di urus kita mau klaim balik tapi Resi JNE yg aslinya hilang gimana mas .??

  35. Ini sy blnja online dr shoppe n bukalapak semua toko sdh bener krm to dr JNE nya aj ga sampe2 rmh..sdh lwt Dr 8hr.. sdh komplen dr via email ga ad respon. Itu pergantian rugi nya ganti rugi ongkir Ato total blnja dan brg belanjaan kt nasib nya dikembalikan Ato bgmna?.. mengecewakan bgt JNE.. masa blnja Dr beda tmp tp kurir nya sama dr JNE tp kok lama bgt.

  36. saya kematen tgl 1 mengirim barg ya ms.sampe skrg belom sampe2 ke alamt tujuan dan saya cek lagi ke pihak jne terdekt kataya.brg hilang malah disuruh claim.tp masalhya no resi asli hilang jg dan tidak ada asuransi ya.gemana ya apa kan bisa di klaim????pesenan org lg

  37. Permisi mas, saya konsumen sebagai penerima barang kurir JNE.
    Bulan Juli kmrin tman saya beli hp tapi mlalui almat saya, karna dia hnya tnggal dikos2an trus takut nnti brangnya nyasar, jadi di pake alamat saya krena saya prnah pake JNE dan brangnya smpai dirumah. Nah saat paket saya trima saya lngsung berikan kpda teman saya, tpi 2 hari kemudian si kurir pembawa brang datang lagi trus blngnya barang yg kmrin dibwa trnyta tertukar. Nah mslahnya pas saya hubungi trman saya lagi, sudah tidak bisa dihubungi dan sdh tdk tau kbradaanya. Stelah itu dari pihak JNE sudah tidak ksih informasi lagi tntng mslah itu. Nah skrg sudah lewat hampir 5 bln, saya belanja online lagi untuk ketigakalinya stelah mslah tadi (jadi antara bulan juli-desember ada 2x saya belanja online pake jasa JNE tapi sudah ditnyakan lagi mslah itu), tapi kmrin pas saya ke kantor cabang untk ambil barang, saya ditnya lagi mslah barang yg tertukar itu oleh si kurir pembawa barang yg tertukar itu. Dan ktanya klo smpai akhir bulan desember ini saya tidak bisa mngembalikan barang itu, saya diminta ganti rugi dan kalo tdk saya akan dilaporkan ke polisi.
    Saya mau minta pendapat, kira2 apa bisa saya yg disalahkan dan harus mengganti rugi atas barang tersebut ? Mohon pencerahannya

    • Si pengirim tampaknya sudah klaim suransi, dan si kurir kena pinalti ini mas. Makanya selalu ditanyakan.

      Paling baik sih temannya dicari dan diminta itikad baiknya menyelesaikan masalahnya. Kalau tidak ya… mas coba tanya ke kantor JNE langsung gimana baiknya.

  38. Halo mas Chandra,
    Saya penjual Online di BL, TP, dan OLX. Saya pernah ada kasus berhubungan dengan JNE YES yang tidak sampai dalam satu hari, tapi untungnya pembeli saya tidak terlalu mempermasalahkan hal tsb. Hanya saja saya penasaran jika di klaim seperti apa, karena kasusnya gini : Saya kirim harddisk eksternal dari Tangerang ke bandung dengan JNE YES, saya kirim (misal) tgl 1 jam 7 malam, harusnya kan sampai tgl 2 malam harinya jg paling lambat, tapi ternyata sampai keesokan harinya blm sampai, padahal tgl 2 siang/sore itu saya tracking dengan aplikasi, status paket “with delivery courier BDG”, berarti kan sudah di tangan kurir paketnya, dan saya sudah kabari pembeli kl paket mungkin sampai malam harinya. Tgl 3 pembeli menanyakan ke saya kok semalam tidak ada kurir datang, saya coba cek status di aplikasi, statusnya masih sama dengan yang terakhir, paket di kurir. Saya jelasin ke pembeli mungkin paket byk atau masih cari alamat, seharian saya pantau terus dan sekitar sore harinya baru ada update status, “tgl 2 jam 23.50 : RUMAH/KANTOR KOSONG, RETURN TO COUNTER OFFICER” (kalau tidak salah begitu bunyinya). Akhirnya tanggal 4 paket baru sampai dan diterima pembeli. Kalau kasusnya seperti ini terus waktu itu saya klaim seperti apa ya mas prosesnya ? bisa ga di klaim? Karena sebenarnya agen JNE sampai keesokan harinya di alamat tujuan (sesuai motto JNE YES), cuma masalahnya karena dipaksa sampai satu hari, disamperinnya tengah malam dan orang di alamat yang dituju sudah tidur semua. Apa mungkin JNE nya ber alibi, barang sampai kok sesuai motto 1 hari sampai. Cuma tidak ada orang 🙂

    • Yang gagal antar karena penerima tidak ditempat seingat saya ga bisa diklaim mbak. Karena bukan kesalahan JNE kalau ini.

      Tapi untuk klaimnya ada formulir di JNE, tinggal ngisi saja.

  39. Hy mas chandra beberapa hari yg lalu suami sy melakukan pengiriman barang yaitu handphone+Atm dari perawang kepulauan riau tujuan ke makassa sulsel…tp pas sampai ketempat tujuan kondisi barang rusak hp layarnya retak ditambah lagi speakernya rusak..buat mutar musik atau dipake nlp ga ada suara sm skali itu apa bisa minta ganti rugi mas

Tulis komentar...