Bagaimana cara komplain ke AkuLaku?

Ternyata cukup banyak yang share keluhan dan pengalaman buruknya dalam berbelanja lewat aplikasi AkuLaku. Terutama di masalah pengiriman barang dimana DP sudah dibayar, tapi hingga beberapa hari hari atau bahkan hitungan minggu belum sampai di tangan. Padahal dari status pesanan sudah dibawa ekspedisi untuk dikirimkan ke pembeli.

Sanggahan dulu, saya banyak belajar soal sistem AkuLaku dari setiap komplain yang dituliskan pengunjung lain soal Raja Kirim. Dan akhirnya menyimpulkan mana yang paling efektif agar bisa mendapatkan respon.

Nah… secara resmi untuk menyampaikan pertanyaan atau keluhan bisa lewat beberapa jalur dibawah:

Tapi kalau dilihat dari curhat sesama customer AkuLaku, bisa cek saja review aplikasinya di Play Store, Facebook, Surat Pembaca dan dimanapun yang membahas AkuLaku tampaknya sulit sekali mendapatkan respon.

Apabila pembayaran DP dan kredit lancar, tapi barangnya yang dipesan belum diterima mungkin anda lebih kecewa lagi, apalagi tidak ada kabar sama sekali.

Terus bagaimana? Dari ratusan komentar yang masuk, ada 2 solusi yang bisa membuat anda berdiskusi dengan pihak customer service AkuLaku:

  1. Pertama, dan yang paling jelas, langsung datangi alamat kantornya.
  2. Kedua. Saya peringatkan dulu, menurut saya tidak etis tapi kadang terpaksa dilakukan karena memang tidak ada alternatif lain.Yakni jangan bayar dulu cicilannya. Kenapa? Nanti akan dihubungi oleh pihak AkuLaku kenapa belum dilunasi tagihannya untuk bulan itu. Dari sini anda bisa ngobrol dengan csnya, setelah itu mungkin bisa sepakat atau mendapatkan solusi

Sekali lagi, khusus cara kedua, saya tidak menganjurkan karena ini sudah kewajiban buyer untuk mengikuti kontraknya agar kreditnya lancar. Tapi dari laporan tampaknya cukup manjur. Tapi tidak menutup kemungkinan bisa jadi lain lagi prosedur aftersalesnya kedepannya, siapa tahu jadi kerjasama dengan debt collector kalau macet. Resiko ditanggung sendiri.

Update, saya dapat laporan dari customer AkuLaku ternyata sudah berubah dari dihubungi cs saat tidak bayar cicilan tapi didatangi debt collector untuk menagih tunggakan kreditnya. Jadi tips kedua diatas sudah tidak direkomendasikan lagi.

Semoga AkuLaku memperbaiki kualitasnya kedepannya karena layanannya sangat membantu untuk membeli barang dalam bentuk cicilan tapi tanpa syarat yang ribet maupun perlu kartu kredit. Kurang bagus rasanya kalau buyer pembayaran lancar tapi barang belum diterima hingga berminggu – minggu, atau bahkan sudah masuk pembayaran cicilan periode berikutnya.

514 pemikiran pada “Bagaimana cara komplain ke AkuLaku?”

  1. Mohon dibantu pesanan saya laptop dengan no pemesanan 1580799236248107548352 sampai sekarang blm jg ada kabarnya dan saya blm menerima barangnya mohon bantuan dari pihak akulaku

    Balas
  2. Aplikasi brengsek tu, Duwit gwa nyangkut 2,997,000 cuma di balikin 1,6 lha sisanya katnya buat angsuran 5 bulan krdepannya, kan brengsek, lha itu mau tak buat bayar bulan januari 2020.. Malah ga kebayar ne.. BANG*AT… EMANG..

    Balas
  3. Bagaimna cara membatalkan pesanan..saya kecewa dengan penjual nya…sudah 15 hari barang gk datang.. di aplkasi sya tidak mrasa mencet TERIMA tp knpa stlah 15 hari sttus nya jadi se olah olah sya sudah mnrima barang….

    Balas
    • Prmisi … mba saya iseng2 baca krna sya juga ngalamin
      Sya kredit laptop udh dp tp di aplikasi nya sruh bayr tagihan sblm tgl 10
      Trus cranya gmna mbaa

  4. Baru x ini saya pesen di akulaku kecewa sama seller nya infinity 7 gadget. Menurut kawan2 seller ini jelek sat sudah melakukan pemesanan sudah 5 hari masih proses di kemas mana tagihan sudah langsung masuk.. di kira gampang cari uang 4jt itu.. tolong pihak akulaku cepat menanggapi karna sy pengguna setia. Seller jelek masih di pake . Kalo tidak ada respon saya mau laporkan ke ojk atau aparat ke polisian

    Balas
    • Mas maaf apa barang sudah dikirim ? Saya baru pertama beli di aku laku dan 2 hari ini barang masih di proses , saya juga beli di infinity7 gadget

  5. Saya pesan handphone dari tanggal 10 Februari 2020 sampai sekarang tanggal 18 februari 2020 belum juga smpai dan dilacak nomer resinya tidak bisa dilacak. Nomer resinya tidak jelas sedangkan saya menanyakan langsung ke jasa pengirimannya bahwa nomer resi itu tidak benar. Bagaimana ini untuk barang sedangkan cicilan 1 sudah mendekati jatuh tempo

    Balas
  6. Hy kak.saya sri kantun saya mengalami kendala saat mau membuka ulang akulaku saya.saya tidak bisa akses fb saya di karenakan fb sudah di blok.

    Balas
  7. Saya udah bayar dp nya eh barangnya blm dateng juga …..apa saya harus bayar cicilan pertama dulu gitu….khan prosedurnya ngga kaya gitu….

    Balas
  8. Assallamualaikum.
    Nomer akun saya hilang saya lupa nomernya . Karena udh lama juga gak login

    Dan saya baru ingat . Ada uang kredit yang masih belum terbayar lunas di akun itu .

    Saya takut ada bunga yang besar

    Tolong bantuannya

    Balas
  9. Tolong di bantu .
    Pesanan saya udah datang .tapi tidak sesuai dengan yang di pesan .pesan sepatu warna gold yng datang warna hitam .gimana y cara nukerinnya .

    Balas
  10. Dari tgl dua saya pesan barang dp sudah saya kirim sampai sekarang blm nerima barang nya.
    Dgn nomor resi:000550350131.
    Nomor pesanan:158314092176114027300.
    Tolong team aku laku.gimana ini.

    Balas
  11. 1582916350126113300496no pesanan tersebut barang belum sampe,sudah 2 minggu dr tgl 29 februari,aku laku mana nih respon kamu,customer banyak yg kecewa,tolong dong dibantu

    Balas
  12. Saya beli tas tapi ga sampai2 biasa nya klo d kirim paling lama 2 hari tapi pas di lacak resi jne udah sampe ke penerima dan alamat penerima nya itu di depok 2 hari yg lalu sedang kan saya jelas cantum kn alamat saya di bogor, saya mau nanya tapi bingung nanya nya ke siapa? Mohon bantuannya

    Balas
  13. Ini pesanan saya udh mau sebulan blm sampai2 dp sudah di bayar dan status di aplikasi sudah diterima . Tolong bantuannya resi sen hong 0100142000594068 . Sudah komplain ke tokonya tdk ada respon!!!

    Balas
  14. saya pesan big band polytron home teater bb55210 tgl 01 maret tap[i pada tgl 02 maret status pengiriman sampai tgl 18 maret barang tak kunjung datang ternyata barang kosong mercan penipu sampai saat ini sudah masuk tagihan saya beberapa kali saya hubungi cs katanya tunggu 5 hari kerja sampai saat ini ga ada respon telpon atau pun email sama sekali tidak ada respon percuma telpon cs ga ada gunanya tagiha tetap masuk saya sangat kecewa sekali tagihan aja nunggak pasti di telponin terus kecewa kecewa saya

    Balas
  15. Dari sekian byk barang yang AQ ambil baru x ne bermslh bhkn dr akulakunya tdk ada tanggung jwb saya cuma pny cicilan 3 bulan itu pun saya Uda bayar tp katanya saya blm bayar n menjd 4 bulan aneh dr mm DTG nya 4 bulan,celana saya pesen tdk saya trm tp diakulakunya SDH trm to ttp saya byr ne mana tanggung jawab nya bnr2 kecewa…tolong dong

    Balas
  16. saya beli Laptop baru 2hari udah banyak kerusakan , kaya bukan laptop baru. ini yang dikirim kayanya laptop bekas, dan saya mau REFUND bagaimna caranya? Seller nya susah banget di hubungi. paraaaaaaah banget,, ngeselin banget

    Balas
  17. Saya pesan handphone dari tanggal 07 Maret 2020 sampai sekarang tanggal 10 Maret 2020 belum juga smpai dan dilacak nomer resinya tidak bisa dilacak. Nomer resinya tidak jelas. Bagaimana ini untuk barang sedangkan cicilan 1 sudah mendekati jatuh tempo

    Balas
    • coba tanyain barang sampai brapa hari punya saya sih bilangnya barang sampe sekitar 10-15 hari karna ada kendala penerbangan…

  18. Tolong bantu min saya juga beli notebook daria tgl 11 sampai sekarang belum di kirim jg tapi status nya sudah dirim no resi gabisa di lacak
    Sedih banget saya lagi butuh buat ngerjain tugas akhir kuliah saya sangat kecewa dengan aku laku nama tokonya RR GAMES

    Balas
  19. Saya pesan Handphone,,, waktu beli tuh tanggal 23 Maret 2020 di akulaku… Dan sampai hari ini saya lacak masih tetep barang sudah di kemas.. tinggal menunggu jasa kurir.. dan lama bet dahh pengirim nya…. Mulai males dah ojk akulaku… Ngga bertanggung jawabbb… Dan saya pun chat ke pemilik sellernya tapi ngga di bales bales…

    Balas
  20. Wah banyak yg komplain akulaku tapi pihak akulaku masa bodo ajah. Sama kasus saya. Pesen hp barang belum di terima tapi tagihan sudah bayar. Di tlpon CS akulaku jawab nya sedang pengecekan sampai sekarang.

    Balas
  21. Saya sdh melakukan pembayaran tepat waktu….kenapa saya mengajukan lg g bisa…mohon konfirmasinya…krn slama ini aku laku sangat membantu saya

    Balas

Tulis komentar...