Cara melewati SSL Error di Google Chrome

Sertifikat SSL (Secure Socket Layer) sekarang merupakan hal yang wajib pada toko online atau website yang membutuhkan keamanan lebih. Ini diperlukan untuk mencegah penyadapan komunikasi dari server ke browser dan meminimalkan resiko penipuan identitas. Bagaimana kalau terjadi SSL Error? Ini bisa berbahaya atau tidak tergantung tujuan anda mengunjungi situs tersebut.

Kalau anda mengunjungi website atau blog yang didapati SSL Error dan tujuan anda hanya membaca, maka kemungkinan besar adalah aman. Lain halnya kalau anda ingin melakukan transaksi atau ingin melihat profil pribadi anda. Ini yang membuat website bank, toko online dan social media menggunakan SSL dalam koneksinya karena ini untuk mengamankan data pribadi anda.

google-chrome-this-is-probably-not-the-site-you-are-looking-for

Di Google Chrome ada beberapa jenis SSL Error ini:

  • This is not the site you are looking for ! : Ini menginformasikan bahwa situs tersebut menggunakan sertifikat SSL untuk alamat yang salah atau berlainan. Hati – hati ada resiko bahwa ini bukan website yang ingin anda kunjungi.
  • The site’s security certificate is not trusted! : Sertifikat SSL yang digunakan untuk situs itu dibuat oleh entitas yang tidak dipercaya oleh komputer anda. Kemungkinan besar situs tersebut membuatnya sendiri.
  • The site’s security certificate has expired : Situs ini menggunakan sertifikat SSL yang sudah kadaluarsa. Ini juga bisa disebabkan oleh waktu di komputer yang salah. Silahkan pastikan dulu kesalahan bukan dari komputer anda.

Cara melewati SSL Error di Google Chrome untuk berbagai jenis penyebab sama semua, yaitu klik saja Proceed anyway. Tentu saja kalau anda tidak yakin klik saja Back to safety atau langsung tutup halaman tersebut. Untuk memperbaiki SSL Error di Google Chrome cuma penyebab ketiga yang mungkin bisa anda coba, selain itu adalah tanggung jawab si pemilik situs. Jadi cara mengatasi SSL Error ini dari sisi pengunjung cuma bisa menunggu, saran saya coba cari alternatifnya daripada ada apa – apa dengan data anda.

Anda bisa menggunakan cara yang mirip untuk melewati SSL error di Mozilla Firefox, walau deskripsi pesan kesalahannya agak berbeda.

49 pemikiran pada “Cara melewati SSL Error di Google Chrome”

  1. ga bisa bro, udah semuanya benar ga ada yang salah setting juga lengkap, kok tapi tetep g bsa? tolong pencerahannya lebih lanjut.. dari ke3 jenis SSL itu semuanya tidak bermasalah pada Chrome ane…

    Balas
    • Selamat sore mas Yairus, kalau boleh tahu apa pesan yang muncul dalam SSL Error? Soalnya yang paling umum sudah saya sebutkan diatas, dan tidak terbatas pada yang sudah saya tulis sebenarnya. Jika bisa sekalian screenshotnya mas. Tapi SSL Error ini kalau dari sisi pengguna cuma setting jam yang bisa berpengaruh, selain itu ya menunggu si pemilik website mengupdate sertifikatnya.

    • broo saran ane coba setel jam nya, soalnya ane kmren gt juga tp udah kelar pas ane coba ubah tanggal am jam nya

  2. saya ga bisa buka app facebook ( game ),sepertinya IT di tempat saya bekerja yg blok, setiap buka app pasti ada tulisan kesalahan SSL,tidak dapat menyambung ke app.facebook.com yang asli..minta petunjuknya ya…?

    Balas
    • Selamat siang mas Lanang, saya ada pikiran kenapa kok tidak bisa terhubung ke Facebook karena dianggap palsu. Tapi tidak ada jaminan berhasil. πŸ˜€

      Ini mungkin disebabkan IT karena tidak boleh ngegame, atau ini efek samping dari bug Heartbleed kemarin. Kalau yang pertama mungkin mas bisa mencoba menggunakan VPN untuk aksesnya, coba CyberGhost atau menanyakan langsung ke IT-nya. πŸ˜€ Sedangkan yang kedua karena heartbleed membuat pemilik website yang menggunakan SSL terpaksa mencabut (revoke) sertifikat SSL yang digunakan, nah… informasi ini yang menyebabkan Chrome kadang menganggap situs yang dikunjungi adalah tidak asli.

      Saya akan mengajarkan cara supaya Google Chrome mengecek apakah sertifikat yang disimpan di browser masih berlaku:
      1. Buka Settings.
      2. Kemudian klik Show advanced settings…
      3. Cari HTTP/SSL
      4. Selanjutnya beri centang pada “Check for server certificate revocation”.
      5. Restart Chrome.

      Semoga berhasil. πŸ™‚

  3. mau tanya nih bang chandra.
    ane jga pake chrome, sdh bbrpa hari ini ane gk bisa buka situs facebook, pesan yg muncul adl pesan no 2 yg tertulis di atas (not trusted). kalo dipaksa proceed anyway, bisa masuk tapi gmbr/foto tdk ditampilkan. mohon pencerahannya….
    satu lagi. yg saya heran, teman2 yg lain gk ada masalah masuk situs facebook. waktu dan tgl di pc ane sdh benar.
    sorry, banyak nanya….he…he…

    Balas
    • Halo mas Ardito, saya ada perkiraan kenapa hal itu bisa terjadi di komputer anda padahal sudah benar alamat websitenya. Jadi singkatnya situs Facebook atau beberapa propertinya dianggap tidak dapat dipercaya identitasnya. Ini bisa disebabkan:
      1. Antivirus, coba cek software antivirus anda apakah melakukan web filtering atau internet security. Kalau ada coba matikan atau masukkan facebook ke dalam whitelistnya.
      2. Heartbleed, jadi karena sebelumnya terdapat celah keamanan besar pada OpenSSL yang menyediakan koneksi diamankan (https://) maka sertifikat SSL dari situs – situs telah dicabut (revoke), ini bisa menyebabkan browser bingung atau menganggap situs tersebut palsu karena sertifikat SSLnya sudah tidak valid lagi.
      Kalau ini solusinya silahkan coba memaksa Google Chrome mengecek ulang sertifikat SSL yang tersimpan, caranya mohon ikuti instruksi saya pada jawaban saya kepada komentar mas Lanang di atas.

      Mungkin ada cara lain (baru terpikirkan saat menuliskan jawaban kepada mas Ardito) yaitu dengan menganggap sertifikat SSLnya aman secara manual di Google Chrome, nanti akan saya pelajari lebih jauh.

      Jangan sungkan bertanya mas, kalau bisa saya pasti jawab kok. Walaupun tidak bisa juga pasti saya jawab, tapi pasti saya berusaha sebaik mungkin mencari pencerahannya dan mengupdate jawaban saya. Biar sama – sama belajar dan membantu.

      Semoga berhasil. πŸ™‚

  4. 1. antivirus ane avast free dan sepertinya tdk melakukan web filtering.
    2. ane sdh centang β€œCheck for server certificate revocation” pada settingan chrome, blm ada perubahan.

    ane pake windows xp sp 3 (ctrl panel > network and internet connections > internet options > content > cerfiticates) di situ ada daftar2 ssl, apakah jika ada situs yg memakai https:// tapi ssl tidak sesuai/terdaftar di pc kita maka otomatis di blok? lalu gimana ssl itu bisa terdaftar di pc kita?

    ane juga sdh coba copy ssl facebook lalu import ke daftar ssl di pc, tapi ttp gk ada perubahan.
    mohon sarannya.

    terima kasih

    Balas
    • Halo mas Ardito,
      Wah sudah cukup menyeluruh langkah troubleshooting yang dilakukan mas, salut saya. πŸ˜€ Mohon maaf sebelumnya saya belum ada kesempatan untuk mengecek lebih lanjut, ini dikarenakan kesibukan pekerjaan saya dan saya tidak mengalami SSL error tersebut. Jadi agak bingung juga, dan menebak – nebak penyebab dan solusinya. Mohon maklum, tapi tidak saya abaikan kok. πŸ™‚ Saya juga penasaran soalnya. Hehe.

      Yang ingin saya ketahui selanjutnya apa dengan browser lain juga sama errornya? Misal Internet Explorer atau Mozilla Firefox.

      Setiap website yang menggunakan SSL (https:// pada protokolnya) akan diberikan kepada browsers, nah tugas browser ini akan menanyakan kepada si pembuat sertifikat SSL (Seperti Verisign, Comodo dan sebagainya) apakah sertifikat tersebut isinya sesuai dengan yang diklaim. Karena sudah direvoke seperti yang dialami mas ya jelas dianggap pemalsuan identitas. Anehnya Google Chrome kok tidak menghapus SSL yang kadaluarsa tersebut, ini yang saya bingung. Sudah dicoba update Chromenya mas? atau install ulang? Saat ini versi terbarunya Chrome adalah 34.0.1847.131 m.

      Mengenai sertifikat SSL Facebook yang mas copy setiap browser menyimpan sendiri – sendiri mas, jadi Google Chrome tidak mengambil dari komputer.

  5. halo mas.. saya juga punya masalah ssl error nih.
    saya login twitter dan wordpress pake google chrome kenapa gak bisa ya?
    Tullisan yang muncul begini:

    “Cannot connect to the real twitter.com

    Something is currently interfering with your secure connection to twitter.com.

    Try to reload this page in a few minutes or after switching to a new network. If you have recently connected to a new Wi-Fi network, finish logging in before reloading.

    If you were to visit twitter.com right now, you might share private information with an attacker. To protect your privacy, Chrome will not load the page until it can establish a secure connection to the real twitter.com.”

    Mohon bantuannya, terimakasih

    Balas
    • Halo mas Haris, sangat berterimakasih juga disertakan pesan error SSLnya jadi saya bisa mencari tahu lebih lanjut. Nah… kasus anda sama dengan mas Ardito tampaknya, dan setelah melacak beberapa penyebabnya dan kemungkinan solusinya:
      1. Sistem operasi yang digunakan dibawah Windows XP SP3, sertifikat SSL yang digunakan situs – situs bermasalah di Google Chrome menggunakan SHA-256 dan ini baru didukung di Windows XP SP3. Kalau ini solusinya adalah mengupgrade Windows.
      2. Koneksi internet anda dimodifikasi oleh software antivirus, jadi di beberapa antivirus biasanya ada fitur verifikasi keamanan protokol internet dan ini termasuk yang dienkripsi dengan SSL(https://). Silahkan cek setting antivirus yang digunakan apakah ada semacam web filtering, internet security, web access protection, dan istilah semacam itu dan matikan fungsi ini. Di setiap software antivirus akan memakai kata berbeda dengan arti yang sama. Misal di ESET NOD32 silahkan cek setting pada Web Access Protection > HTTP/HTTPS > hilangkan centang pada Enable HTTP Checking.
      3. Alternatifnya kemungkinan masalah bisa pada modem atau router anda yang mengganggu koneksi SSL. Cek konfigurasi router anda.
      4. Sekarang tampilan SSL error di Google Chrome tidak ada tombol Proceed Anyway, tapi anda bisa melewatinya dengan mengetikkan proceed pada halaman browser yang terbuka. Langsung ketikkan saja dan jangan bingung dimana lokasinya.
      5. Masalah ini hanya berpengaruh pada Internet Explorer dan Google Chrome, tampaknya Mozilla Firefox memiliki sistem tersendiri dalam mengelola sertifikat SSLnya dan ini yang menyebabkan saya tidak tahu kalau ada masalah pada Google Chrome, jadi saran saya coba pakai browser lain untuk membukanya. Sehari – hari saya menggunakan Firefox.

      Semoga berhasil. πŸ™‚

  6. tolong gan sama nie sy ga bisa buka youtube.com kalo saya sudah login google crome..ada keterangan SSL error ada tulisan Error code: ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR tapi klo belom login google crome youtube.com baru bisa di pake.

    Balas
    • Halo Dika,

      Sudah mencoba mematikan antivirusnya? Ini biasanya karena komunikasi dengan protokol SSL (HTTPS) mengalami masalah, dan bisa disebabkan antivirus yang men-scan setiap akses internet? Bisa juga disebabkan menggunakan sistem operasi yang sudah lama (Windows XP SP2 dan sebelumnya).

      Kalau memang disebabkan antivirus saya sarankan nonaktifkan fitur HTTP(S) scan atau Web Scan, tergantung apa merek softwarenya nama bisa berbeda tapi memiliki fungsi yang sama.

      Oh ya, mungkin anda bisa melewatinya dengan menambahkan potongan kode berikut di akhir lokasi program dalam shortcut iconnya: --enable-unrestricted-ssl3-fallback. Jadi klik kanan shortcut Google Chrome, kemudian pilih Properties. Nanti pada kotak Target isikan pada bagian paling akhir, contohnya di Windows 7 adalah: C:\Users\Chandra\AppData\Local\Google\Chrome\Application\chrome.exe --enable-unrestricted-ssl3-fallback gantikan username saya dengan username Windows anda.

  7. mas candra, saya punya masalah dengan google chrome, tiap kali buka chrome tampilannya pasti “your connection is not private” dan privacy error. sementara kalau buka mozilla lemoooott banget dan ga bisa buka youtube, mohon infonya ya mas gmn caranya supaya bisa digunakan lagi, soalnya saya gaptek banget masalah ini…makasih ya mas

    Balas
    • Selamat sore Milla, ada beberapa faktor sih penyebab error yang anda tanyakan. Boleh tahu anda menggunakan Windows apa? Kalau anda menggunakan antivirus coba dimatikan sementara.

      Misal anda memakai Windows XP maka pastikan sudah diupdate ke SP3. Dan yang terpenting cek jam dan tanggal komputer anda apakah sudah benar (Detail pesan kesalahannya “Your clock is behind” atau “Your clock is ahead”), ini malah yang paling sering terjadi.

  8. Maaf mas Chandra, saya mau tanya pas buka facebook gak mau kenapa ya mas ?? sedangkan kalo buka Youtube, Gmail, Twitter chrome nya mau, terus pas dikolom alamat nya pas buka fb ada tanda silang merah dan tulisan https nya juga ada merah nya, mohon pencerahannya mas Chandra….Tks.

    Balas
    • Halo Johan, ini menggunakan Windows apa mas? Sudah cek jam komputernya sudah cocok belum? Kalau diklik tanda silang merah ada tulisan apa atau lebih tepatnya ada pesan error ga mas?

    • Halo Cici, mohon dijelaskan:
      1. Ini mengakses email menggunakan browser atau aplikasi?
      2. Penyedia emailnya apa?
      3. Bisa dituliskan apa pesan kesalahan lengkapnya?
      Kalau dari kode yang anda berikan sih maksudnya adalah connection timed out, jadi masalahnya di koneksi internet anda tapi siapa tahu dari tambahan informasi nanti ada solusi lain.

    • Halo Rezky, pesan kesalahannya seperti apa mas? Jam di Android anda sudah benar kan? Pas muncul pesan error tersebut langsung ketik: badidea

  9. Gan saya pake Windows 10, pas lg browsing k youtube/google dll. Sllu muncul d layar sambungan Anda tidak pribadi / your conection is not private. Pdhal settengn waktu udah di atur dg bnar n anti virus udah disable.Gimana solusinya gan?

    Balas
    • Halo Asrul, bisa jadi malware mas. Coba jalankan Malwarebytes Anti-Malware dan scan. Kadang ada yang membajak trafik HTTPS dan mengganti sertifikat SSLnya dengan yang tidak valid.

  10. gan.. ane pakek win 8 udah saya coba semua cara diatas.. klo saya bukak google selalu muncul

    sambungan anda tidak pribadi
    http://www.google.com biasanya menggunakan enkripsi untuk melindungi informasi anda. saat google chrome mencoba menyambung ke http://www.google.com kali ini, situs web mengembalikan krudensial yang salah dan tidak biasa. hal ini dapat terjadi jika ada penyerang yang berpura-pura menjadi google atau layar masuk wifi menganggu sambungan. informasi anda masih aman karena google menghentikan sambungan sebelum terjadi pertukaran dataapapun.

    Balas
    • Halo ANS, hanya di Google? Sudah cek jam komputernya akurat? Dan jangan lupa scan antivirus komputernya, ada malware yang membajak sesi HTTPS dengan sertifikat palsu.

    • Halo Richard, mas pakai tema atau plugin apa? Coba dicek ulang. Itu kemungkinan dapat dari metatag description yang diisi otomatis.

  11. tolong mas , blog saya kok jadi gini.
    Situs ini mungkin bukan yang Anda cari!
    Anda berusaha menjangkau darussholihin06.blogspot.co.id, tetapi Anda justru menjangkau server yang mengidentifikasikan dirinya sebagai *.googleusercontent.com. Hal ini mungkin disebabkan oleh kesalahan konfigurasi pada server atau penyebab lain yang lebih serius. Penyerang pada jaringan mungkin mencoba mengarahkan Anda ke versi darussholihin06.blogspot.co.id palsu (dan berpotensi berbahaya).

    Balas
    • Kalau cuma dari ciri – cirinya ini akses ke situsnya diredirect ke versi cache mas (googleusercontent). Makanya saya bingung. Coba reset browser?

  12. Sore mas, terima kasih ilmunya. Tapi, yang jadi masalah adalah, gimana kalau web kita dibuka oleh pengunjung lain??? Banyak web-web lain yang bukan web “besar” atau terkenal sudah menggunakan SSL dan kita ttp bisa membuka nya tanpa harus setting ini itu dibrowser seperti yg dijabarkan diatas.

    Balas

Tulis komentar...