Cara melewati SSL Error di Google Chrome

Sertifikat SSL (Secure Socket Layer) sekarang merupakan hal yang wajib pada toko online atau website yang membutuhkan keamanan lebih. Ini diperlukan untuk mencegah penyadapan komunikasi dari server ke browser dan meminimalkan resiko penipuan identitas. Bagaimana kalau terjadi SSL Error? Ini bisa berbahaya atau tidak tergantung tujuan anda mengunjungi situs tersebut.

Kalau anda mengunjungi website atau blog yang didapati SSL Error dan tujuan anda hanya membaca, maka kemungkinan besar adalah aman. Lain halnya kalau anda ingin melakukan transaksi atau ingin melihat profil pribadi anda. Ini yang membuat website bank, toko online dan social media menggunakan SSL dalam koneksinya karena ini untuk mengamankan data pribadi anda.

google-chrome-this-is-probably-not-the-site-you-are-looking-for

Di Google Chrome ada beberapa jenis SSL Error ini:

  • This is not the site you are looking for ! : Ini menginformasikan bahwa situs tersebut menggunakan sertifikat SSL untuk alamat yang salah atau berlainan. Hati – hati ada resiko bahwa ini bukan website yang ingin anda kunjungi.
  • The site’s security certificate is not trusted! : Sertifikat SSL yang digunakan untuk situs itu dibuat oleh entitas yang tidak dipercaya oleh komputer anda. Kemungkinan besar situs tersebut membuatnya sendiri.
  • The site’s security certificate has expired : Situs ini menggunakan sertifikat SSL yang sudah kadaluarsa. Ini juga bisa disebabkan oleh waktu di komputer yang salah. Silahkan pastikan dulu kesalahan bukan dari komputer anda.

Cara melewati SSL Error di Google Chrome untuk berbagai jenis penyebab sama semua, yaitu klik saja Proceed anyway. Tentu saja kalau anda tidak yakin klik saja Back to safety atau langsung tutup halaman tersebut. Untuk memperbaiki SSL Error di Google Chrome cuma penyebab ketiga yang mungkin bisa anda coba, selain itu adalah tanggung jawab si pemilik situs. Jadi cara mengatasi SSL Error ini dari sisi pengunjung cuma bisa menunggu, saran saya coba cari alternatifnya daripada ada apa – apa dengan data anda.

Anda bisa menggunakan cara yang mirip untuk melewati SSL error di Mozilla Firefox, walau deskripsi pesan kesalahannya agak berbeda.

49 pemikiran pada “Cara melewati SSL Error di Google Chrome”

  1. Gan saya pake Windows 10, pas lg browsing k youtube/google dll. Sllu muncul d layar sambungan Anda tidak pribadi / your conection is not private. Pdhal settengn waktu udah di atur dg bnar n anti virus udah disable.Gimana solusinya gan?

    Balas
    • Halo Asrul, bisa jadi malware mas. Coba jalankan Malwarebytes Anti-Malware dan scan. Kadang ada yang membajak trafik HTTPS dan mengganti sertifikat SSLnya dengan yang tidak valid.

  2. gan.. ane pakek win 8 udah saya coba semua cara diatas.. klo saya bukak google selalu muncul

    sambungan anda tidak pribadi
    http://www.google.com biasanya menggunakan enkripsi untuk melindungi informasi anda. saat google chrome mencoba menyambung ke http://www.google.com kali ini, situs web mengembalikan krudensial yang salah dan tidak biasa. hal ini dapat terjadi jika ada penyerang yang berpura-pura menjadi google atau layar masuk wifi menganggu sambungan. informasi anda masih aman karena google menghentikan sambungan sebelum terjadi pertukaran dataapapun.

    Balas
    • Halo ANS, hanya di Google? Sudah cek jam komputernya akurat? Dan jangan lupa scan antivirus komputernya, ada malware yang membajak sesi HTTPS dengan sertifikat palsu.

    • Halo Richard, mas pakai tema atau plugin apa? Coba dicek ulang. Itu kemungkinan dapat dari metatag description yang diisi otomatis.

  3. tolong mas , blog saya kok jadi gini.
    Situs ini mungkin bukan yang Anda cari!
    Anda berusaha menjangkau darussholihin06.blogspot.co.id, tetapi Anda justru menjangkau server yang mengidentifikasikan dirinya sebagai *.googleusercontent.com. Hal ini mungkin disebabkan oleh kesalahan konfigurasi pada server atau penyebab lain yang lebih serius. Penyerang pada jaringan mungkin mencoba mengarahkan Anda ke versi darussholihin06.blogspot.co.id palsu (dan berpotensi berbahaya).

    Balas
    • Kalau cuma dari ciri – cirinya ini akses ke situsnya diredirect ke versi cache mas (googleusercontent). Makanya saya bingung. Coba reset browser?

  4. Sore mas, terima kasih ilmunya. Tapi, yang jadi masalah adalah, gimana kalau web kita dibuka oleh pengunjung lain??? Banyak web-web lain yang bukan web “besar” atau terkenal sudah menggunakan SSL dan kita ttp bisa membuka nya tanpa harus setting ini itu dibrowser seperti yg dijabarkan diatas.

    Balas

Tinggalkan komentar