Cara melewati Untrusted Connection di Mozilla Firefox

Pernah mengunjungi suatu website dengan Mozilla Firefox dan muncul pesan “The connection is Untrusted”? Jadi anda ditahan di halaman peringatan ini dan tidak bisa membuka situs tersebut karena keamanan koneksinya diragukan. Kenapa kok anda dicegah memuat website tersebut? Bagaimana cara mengatasi Untrusted Connection di Mozilla Firefox?

Munculnya pesan error “This connection is Untrusted” ini dikarenakan sertifikat Secure Socket Layer (SSL) error di website tersebut. Ini yang membuat Mozilla Firefox memperingatkan anda ada resiko keamanan bila ingin mengunjungi situs tersebut. SSL Certificate ini digunakan untuk mengamankan koneksi ke website dan sekaligus mengidentifikasi website tersebut.

Cara melewati SSL Error di Mozilla Firefox

Ada beberapa jenis error SSL sebenarnya, salah satunya adalah salah melaporkan identitas website ke browser. Ini tidak bisa diperbaiki dari sisi pengguna, harus si pemilik website yang mengatasinya. Karena itu saya ajarkan cara melewati halaman error Firefox untuk mengakses website tersebut. Buka dulu website yang muncul error This Connection is Untrusted.

mozilla-firefox-this-connection-is-untrusted

Alasan kenapa muncul SSL Error akan ditampilkan pada bagian Technical Details, yang pada gambar terlihat dikarenakan “The certificate is only valid for nodedeploy.com” Error code: ssl_error_bad_cert_domain.

mozilla-firefox-technical-details
Setahu saya cuma ada satu penyebab SSL error yang berasal dari komputer anda, yaitu disebabkan jam komputer anda salah. Ini bisa dilihat pada bagian yang sama tapi menginformasikan “The certificate expired on 8/1/2014 2:23 AM” Error code: sec_error_expired_certificate. Cara memperbaiki SSL Error karena waktu yang tidak tepat ini mudah, dengan membenarkan jam komputer ke waktu sekarang.

Selanjutnya di halaman Untrusted Connection ini geser ke paling bawah dan klik I Understand the Risks. Akan muncul tombol Add Exception, klik tombol itu.

mozilla-firefox-i-understand-the-risks

Jendela Add Security Exception akan tampil dan klik Confirm Security Exception untuk membuat pengecualian SSL Error untuk website tersebut. Beri centang pada Permanently store this exception supaya anda tidak ditanyai setiap kali mengakses situs yang bermasalah dengan sertifikat SSL.

mozilla-firefox-add-security-exception

Setelah ini website yang muncul Untrusted Connection tersebut akan terbuka seperti normal kembali.

Metode yang sama untuk mengatasi SSL error di Google Chrome juga bisa dilakukan, walau penjelasanna agak sedikit berlainan.

26 pemikiran pada “Cara melewati Untrusted Connection di Mozilla Firefox”

  1. nggak bisa tuh, jendela modzilla dan google beda banget. Ketika saya nggak bisa buka youtube, jendela SSL error googlenya nggak menyediakan pilihan exception kayak modzilla dan waktu di komputer saya nggak bermasalah.

    Balas
  2. Halo mas chandra.
    Saya mengalami kendala yang sama dengan yang dijabarkan di atas.
    Saya sudah coba ganti tanggal dan jam nya, tapi tetep tidak bisa.
    Untuk interface bagian ‘I understand the risk’ juga tidak ada. Hanya sampai ‘Technical Detail’ saja. Mohon bantuannya yaa mas.

    Balas
    • Halo Andri, ini menggunakan Mozilla Firefox versi berapa ya? Sudah coba mematikan antivirus yang memiliki fitur scan koneksi HTTP/HTTPS? Salah satu masalah yang saya tahu adalah ketidakcocokan Kaspersky Internet Security 2015 karena banyak sertifikat SSL yang digantikan.

    • Halo Ramadlan, coba cek jam komputer anda apakah sudah benar belum. Kalau dengan browser lain seperti Chrome apakah sama bermasalahnya mas?

  3. Hallo mas chandra,
    Beberapa minggu yang lalu, saya install kaspersky 2016. Tetapi ketika digunakan untuk browsing, tidak semua site bisa dibuka. Hanya bisa membuka google dan email saja. Itu kenapa ya?
    Terima kasih

    Balas
    • Halo Arief, saya kurang tahu apa nama fiturnya di Kaspersky tapi matikan fitur filter atau scan website mas. Ini diblokir oleh antivirusnya.

    • Halo Gesang, sebaiknya anda cek jam dan waktu komputer anda sudah akurat belum. Biasanya salahnya disana.

  4. Selamat malam Mas Chandra..
    saya kan baru update ke Mozilla versi 13, malah muncul “Untrusted Connection”, setting jam sudah sy cek kemudian di Troubleshooting Information untuk hapus Cert.8 juga sudah dihapus.
    Muncul message begini :

    bankmandiri.plateau.com uses an invalid security certificate.

    The certificate is not trusted because the issuer certificate is not trusted.

    (Error code: sec_error_untrusted_issuer)

    Kira2 gimana ya caranya? Mohon pencerahannya…Terima kasih

    Balas
  5. saya sama dengan andri mas…
    sudah diganti jam nya sudah di update internet time nya juga masih sama..
    pakai firefox 42.0..
    gmn ya mas?

    Balas
    • Halo Handy, mas sudah scan pakai antivirus atau malwarebytes anti malware? Kadang data sertifikat SSLnya dibajak virus.

  6. Kasus spt itu bukan kesalahan pada user tetapi lebih kepada web developer. dan pihak web developer seharusnya segera memperbaiki SSL Certifikat nya, agar user dapat mengakses kembali web tsb dengan lancar.
    Untuk Web developer, mrk harus perbaiki SSL nya via Cpanel Hosting mrk, dan akan langsung terencripsi otomatis. dan sdh bisa berfungsi lagi dgn lancar.

    Semoga bisa difahami

    Balas

Tulis komentar...