Cara melihat MAC Address di Android

Sebelumnya saya pernah membahas mengenai cara mengetahui MAC Address di Android yang bisa dikatakan sangat repot, dan saya diberitahukan cara yang jauh lebih mudah tanpa perlu mengotak – atik setting WiFi di handphone. Cara tersebut saya tuliskan sewaktu masih awam mengenai konfigurasi Android sewaktu masih memakai Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean.

Bagaimana cara mengecek alamat MAC Android? Langsung saja buka Settings (Pengaturan/Setelan) dan geser ke bagian paling bawah, nanti anda akan menemukan System kemudian tap pada About (Tentang). Disini saya menggunakan ASUS Zenfone 5 dengan Android 4.4.2 Kitkat, saya cek di Smartfren Andromax C3 juga masih sama langkah – langkahnya.
zenfone-5-android-settings-system
Selanjutnya informasi singkat mengenai ponsel anda akan muncul dan tap di opsi Status.
zenfone-5-android-about
Nah… disinilah anda akan menemukan berbagai macam informasi mengenai kondisi perangkat anda saat itu, geser kebawah sampai anda menemukan MAC Address. Harap ingat ini untuk WLAN anda. Selain itu anda bisa mendapatkan apa alamat IP dan nomor IMEI kalau anda membutuhkannya juga.
zenfone-5-android-status-ip-address

Kalau fungsi dari MAC Address handphone biasanya saya gunakan untuk blacklist atau whitelist akses hotspot di rumah, biar walau ada yang tahu apa password WiFi tetap tidak bisa menggunakannya kalau tanpa ijin. 😛

Tulis komentar...