Cara memasang iklan di OLX

OLX.co.id merupakan salah satu website iklan baris terpopuler di Indonesia. Menggunakan OLX akan membantu anda dalam menjual barang, mencari lowongan kerja atau membeli jasa tertentu. Apalagi semua ini bisa anda lakukan dengan gratis, cuma sedikit usaha dan waktu yang dibutuhkan untuk memasang iklan baris di OLX.olx-indonesia
Bagaimana cara memasang iklan di OLX.co.id? Simak saja langkah demi langkahnya berikut ini:

  1. Langsung saja anda buka halaman utama website OLX dan klik tombol Pasang Iklan Gratis.
  2. Selanjutnya akan muncul kategori iklan dan subkategorinya, pilih yang sesuai dengan kebutuhan anda.olx-indonesia-kategori-subkategori-iklan
  3. Isikan informasi mengenai barang yang anda tawarkan atau cari, disini saya mencontohkan menjual mobil. Untuk iklan dengan kategori lain tidak ada perbedaan jauh caranya, silahkan diadaptasikan saja.olx-indonesia-informasi-iklan-1
  4. Tambahkan foto barang yang dijual untuk meningkatkan daya tarik, dan dalam deskripsi beri penjelasan mengenai spesifikasi dan kondisinya. Harga yang dipasang jangan lupa pastikan tidak ada kesalahan.olx-indonesia-informasi-iklan-2
  5. Pilih apakah anda menjual sebagai individu atau mewakili bisnis di bagian informasi penjual. Jangan lupa isikan no telepon dan alamat email yang dapat dihubungi.olx-indonesia-informasi-penjual-1
  6. Lokasi anda juga sebaiknya sedetail mungkin, mulai dari provinsi, kota, lingkungan dan alamat. Kalau anda mengisikan alamat maka peta posisi anda akan muncul, anda bisa menentukan lokasi tepatnya dengan meng-klik alamat anda di peta.olx-indonesia-informasi-penjual-2
  7. Kalau anda sudah yakin mengenai informasi iklan anda langsung saja klik Pasang.

Iklan anda akan masuk daftar tunggu, yang bisa anda lakukan ya menanti kabar selanjutnya dari pihak OLX.
olx-indonesia-iklan-yang-menunggu
Tentu jangan batasi iklan anda hanya di OLX.co.id, anda bisa mengiklankan barang anda di Kaskus dan Tokobagus. Lebih banyak mata lebih baik bukan?

58 pemikiran pada “Cara memasang iklan di OLX”

    • Halo mbak Susi, saya juga baru tahu kalau OLX Indonesia sekarang tidak ada. Kalau diakses olx.co.id akan tampil 3 pilihan situs OLX yaitu di Filipina, Thailand, dan India. Setelah berusaha mencari informasi kesana – kesini juga tidak ada jejaknya kenapa OLX untuk Indonesia ditutup.

      Jadi ini pendapat pribadi saya ya mbak, kalau OLX Indonesia ditutup karena akan direlaunching dan sekarang sedang dibenahi ulang baik softwarenya dan tampilannya. Sebab kalau dipikir tutup permanen juga sangatlah aneh karena bisa dibilang cukup populer walau kualitas iklannya cukuplah beragam dibanding pesaingnya di Indonesia. Apalagi perusahaan dibalik OLX cukuplah besar dan luas jaringannya.

      Bila nanti ada informasi lebih lanjut akan saya update artikel ini. 🙂

    • Selamat pagi Ibu Yuni, mengenai OLX Indonesia kok susah dibuka ini juga yang membuat saya penasaran. Kalau diakses maka hanya tampil halaman Selamat Datang dan ditampilkan properti OLX di negara – negara lain. Saya sendiri berusaha mencari tahu kenapa kok dinonaktifkan iklan barisnya dan sayangnya tidak ada informasi lebih lanjut. Kalau dari sisi kita sebagai pengunjung dan penggunanya jelas tidak bisa apa – apa kecuali menunggu update dari mereka.

      Alternatifnya coba gunakan TokoBagus, Berniaga, BukaLapak, TokoPedia, Kaskus FJB, dan semacamnya untuk memasang iklan gratis Ibu Yuni.

    • Halo Arkas, bisa dijelaskan lebih lanjut susahnya kenapa? Memasang iklan di OLX memang tidak langsung akan ditampilkan, iklan yang anda buat harus memenuhi syarat – syarat yang telah ditentukan terlebih dahulu.

    • Haha… selamat sore mas Ardi, jadi ini masalahnya dimana mas? Masih belum disetujui atau gagal membuat iklannya? Kalau yang pertama harap dipastikan sesuai dengan ketentuan dari OLX.co.id baru dikirim ulang, sedangkan yang kedua saya cuma bisa menyarankan dicoba kembali pembuatannya mungkin sedang error dari servernya.

    • Hmm… Mas Supardi sudah memasang iklan gratis di OLX Indonesia berkali – kali maksudnya sudah berhasil ditampilkan atau gagal dalam pembuatannya? Tampaknya yang kedua ya, sudah ada gambar produknya kah? Biasanya ini juga merupakan faktor wajib yang ada di setiap desain iklan, ada kemungkinan juga sedang menunggu persetujuan dari tim penilaian iklan OLX.

    • Halo Tomo,

      Saya kurang paham maksud dari komentar anda. Tapi kalau dipertimbangkan mungkin karena artikel ini sudah tidak akurat lagi dengan situasi sekarang dimana TokoBagus menjadi OLX.co.id, apalagi saya menuliskannya sebelum terjadinya perubahan nama ini. Tampaknya sudah ada perbedaan antara cara pasang iklan OLX lama dengan yang baru, bisa jadi ini malah menghambat anda dan yang lain dalam proses pemasangan iklan.

      Pendapat anda akan saya jadikan masukan untuk mengupdate tulisan saya.

    • Halo Tude, seingat saya fotonya harus memenuhi persyaratan juga. Seperti harus memperlihatkan secara utuh barangnya dari berbagai sudut, jadi tidak boleh terhalang oleh benda lain atau terpotong.

      Berikut peraturan untuk pemasangan foto dari OLX.co.id:

      • Upload gambar/photo yang sesuai dengan produk/jasa yang dijual dengan kualitas photo bagus, fokus dan tidak miring/terbalik.
      • Hindari penggunaan gambar yang mengandung unsur pornografi. Untuk produk lingerie, underwear dan sejenisnya harap menggunakan mannequin sebagai peraga.
      • Hindari penyalahgunaan kepemilikan merk (registered merk), watermark, nama situs/URL atau hyperlink website lain.
      • Kategori Lowongan kerja dan Jasa boleh menggunakan gambar logo perusahaan.
      • Produk second hand/bekas disarankan menggunakan gambar asli (bukan gambar scan/brosur/flyer).
      • Gunakan photo asli yang diambil langsung dari kamera (tanpa di edit).
      • Max. 5 Mb / photo, Untuk Mobile app max. 2 Mb / photo

      Sumber: http://www.olx.co.id/peraturan.html pada bagian foto.

    • Selamat siang Deny, seharusnya anda akan mendapatkan sebuah email dari OLX.co.id kalau sudah berhasil menayangkan iklan disana. Nah… didalamnya ada link untuk mengelola iklan anda. Ini bisa untuk mensunting (mengubah), menghapus dan menambahkan gambar didalamnya. Tapi untuk merubah judul saya kurang tahu bisa tidaknya, seingat saya adalah fix tidak bisa dimodifikasi.

    • Selamat siang Akbar, saya coba juga tidak bisa masuk ke OLX melalui aplikasi Androidnya. 🙁 Mungkin sedang gangguan server saat ini.

    • Halo Cayo, berarti sudah dihapus oleh tim OLX, dan semestinya masuk dalam penolakan. Tidak ada email yang masuk ke spam?

  1. halo saya adit, mau pasang iklan di olx, sudah member. Tapi ketika saya mau pasang iklan baru, harus log in dulu. Ketika saya log in : nama sudah terdaftar. proses selanjutnya ?( saya tidak bisa pasang iklan baru.)

    Balas
  2. Pertama masang berhasil, tapi yg kedua berhasil masang tapi tidak bisa ada fotonya n dibalasnya ( Dibutuhkan SDCard untuk mengedit iklan yang memiliki gambar )
    Tolong petunjuknya gan

    Balas
    • Halo Elman, ini anda memakai versi website atau aplikasinya? Tampaknya maksud pesan tersebut fotonya kurang fokus ke barang dan harus menghilangkan elemen – elemen yang tidak berhubungan. Memang OLX.co.id agak ketat dalam masalah foto, dulu saya juga mengalami kesulitan saat mengupload foto karena harus dari berbagai macam sisi dan karena kendaraan plat nomornya harus terlihat.

  3. mau tanya gan, bagaimana cara me refresh iklan di OLX agar bisa muncul lagi di halaman depan ? di petunjuk dan aturan umum ada memang “REFRESH” tapi kami bingung caranya, Thanks

    Balas
    • Halo Rayadi, email dari OLX sudah dicek mas? Biasanya alasannya ikut dicantumkan. Secara umum ketentuannya dari OLX setiap iklan akan dimoderasi:
      Bagaimana proses moderasi dilakukan ?

      • Dilakukan pengecekan gambar/foto yang digunakan oleh pemasang iklan.
      • Dilakukan pengecekan judul dan isi/deskripsi terhadap produk/barang/jasa yang dijual.
      • Pengecekan harga produk/barang/jasa yang ditawarkan.
      • Apabila pengecekan terhadap judul, isi/deskripsi, gambar produk/barang/jasa dan harga yang dijual sudah dilakukan dan saling berhubungan lalu tidak terdapat unsur-unsur yang melanggar aturan umum situs OLX.co.id dan hukum yang berlaku di Indonesia, maka iklan tersebut akan disetujui untuk ditayangkan pada situs OLX.co.id

      Sumbernya dari sini: http://www.olx.co.id/bantuan.html

    • Saya akui dari pengalaman memasang iklan di OLX agak ketat dan kadang bikin garuk – garuk kepala salahnya dimana. Tapi ya bagaimana lagi, kalau dulu masih ada TokoBagus dan Berniaga eh… keduanya dibeli OLX ya habis sudah website iklan baris bereputasi di Indonesia.

    • Halo Nugie, kalau dari pengalaman saya dalam memasang iklan biasanya foto yang diupload ditolak karena:
      1.Kualitas gambarnya rendah atau barangnya terlihat buram.
      2.Fokus foto bukan pada produknya atau tidak memperlihatkan secara jelas.
      3.Tidak boleh ada watermarknya atau tulisan – tulisan lain yang ditambahkan secara digital.

    • Loh iya mbak Ollcya, saya baru cek dan baru tahu kalau tampilannya situs OLX berubah juga. Dan memang tidak ada pilihan Mobil baru ataupun Motor baru. Tampaknya kesalahan dari pihak OLX.co.id ini, bisa anda laporkan ke customer service mereka atau menunggu diperbaiki.

  4. mau tanya mas chandra, kalo maksudnya statik yang untuk telefon itu bagaimana ya?
    apa kah kita bisa mengetahui seberapa banyak iklan kita dilihat orang lain?

    Statistik:

    Dilihat: 358
    Tel: 10
    *maksudnya “Tel” itu yang bagaimna ya?

    Balas
    • Halo Pak Nono, saya bukan orang OLX. 🙂 Tapi untuk pemasangan iklan gratis kok, kecuali anda mau iklan anda selalu didepan terus baru membayar.

    • Halo Hugo, lewat handphone atau website mas masalahnya? Selama ini karena lebih lancar lewat aplikasi OLX Android lewat sana semua jadinya.

  5. hallo mas, mau tanya, saya akan mengaktifkan iklan di olx karena iklannya sudah habis masa berlakunya, tapi kenapa tidak ada pilihan “aktifkan” di sebelah kanan ya mas ? mohon bantuannya mas…

    Balas
  6. Mohon dibantu mas, saya ingin menghapus iklan saya di olx tapi pada saat saya mendaftar saya salah menuliskan email saya, email yg tidak ada atau salah. bagaimana cara untuk mengatasinya Mas ?

    Balas
  7. selamat siang olx
    saya mau nanya kenapa sekarang susah sekali buat masuk iklan nya
    walupun sudah top up dan mengikuti syarat olx
    saya sudah top up vip sebulan baru jalan 2 hari iklan ditolak uang hangus 🙁
    setelah itu masuk gak bisa lagi
    gimana saya mau topup di atas 1 juta kalau seperti ini caranya

    Balas

Tulis komentar...