Cara memasang sertifikat SSL di cPanel

Anda sudah mendapatkan sertifikat SSL, ini bisa secara gratis ataupun berbayar. Tapi bagaimana caranya mengaktifkan HTTPS untuk website anda? Sebagian besar situs di Indonesia akan menggunakan shared hosting dan pengaturannya melalui cPanel, dan kali ini akan saya pandu anda bagaimana cara memasang sertifikat SSL yang anda miliki.

Disini saya mengasumsikan:

  1. Memakai cPanel.
  2. Anda sudah membuat CSR (Certificate Signing Request) dan Private Key. Kalau anda membuat CSR di cPanel maka akan otomatis dibuatkan Private Keynya, jadi tidak perlu satu per satu.
  3. Sertifikat SSL sudah anda dapatkan. Bila ingin yang gratis bisa mencoba StartSSL, atau kalau tidak mau repot aktifkan saja SSL CloudFlare (dan anda tidak perlu mengikuti panduan berikut).

Nah… silahkan akses cPanel dari situs anda, dan pada bagian Security buka SSL/TLS Manager.

cpanel-security

Selanjutnya akses Install and Manage SSL for your site (HTTPS),

cpanel-ssl-tls-manager

Kemudian pilih nama domain yang akan anda pasangkan dengan HTTPS. Anda bisa menggunakan Fetch untuk otomatis mendapatkan sertifikat SSL (file .crt) dan Private Key (file .key) dari domain yang ada dalam cPanel, bila tidak isikan saja secara manual.

cpanel-install-an-ssl-website

Kalau valid akan muncul informasi mengenai nama domainnya, siapa yang mengeluarkannya, kekuatan enkripsi dan masa berlakunya. Terakhir adalah CA Bundle, yang dimaksudkan adalah Intermediate Certificate dari penyedia sertifikat SSL yang anda gunakan (Milik uTekno berasal dari AlphaSSL). Ini opsional, tapi saya sarankan anda juga ikut mengisikannya. Kalau anda bingung darimana mendapatkannya silahkan tuliskan anda membeli darimana atau jenisnya, akan saya bantu mencarikannya.

Bila sudah semua maka klik saja Install dan website anda sudah dapat berkomunikasi melalui HTTPS. Ada kemungkinan server Apache untuk cPanel perlu direstart bila situs anda masih belum bisa diakses melalui HTTPS, jadi minta bantuan tim support web hosting anda kalau ini.

Secara keseluruhan sebenarnya proses menginstall dan mengaktifkan SSL untuk website anda bisa dikatakan mudah, yang repot rasanya ada pada tahap pembuatannya.

9 pemikiran pada “Cara memasang sertifikat SSL di cPanel”

    • Jika tidak salah ini disebabkan karena web hosting yang anda pakai tidak atau belum mensetting dukungan SSL pada server Apache mereka. Karena itu walaupun diberi SSL pun tidak ada efeknya.

      Ya… solusinya cuma CloudFlare sekarang karena tidak memerlukan akses ke hosting sama sekali.

    • Halo Jason, mas pakai CA apa untuk sertifikat SSLnya? Apa di dalam file yang diberikan tidak ada CA Bundlenya?

    • Hilang ini settingan di cPanel mas? Wah ya kontak support web hostingnya kalau ini. Hampir pasti ga bisa diperbaiki sendiri.

Tulis komentar...