Cara mendapatkan sertifikat SSL gratis dari StartSSL

Selain Universal SSL dari CloudFlare pendahulu penyedia sertifikat SSL gratis adalah StartSSL. Dibandingkan dengan satu langkahnya CloudFlare jelas StartSSL lebih merepotkan, saya bahkan sempat salah setting saat ingin mendapatkan sertifikat SSL gratisnya, kurang ramah bagi orang awam control panelnya. Ini belum memasangkan sertifikat tersebut pada web server atau cPanel.

Sebelumnya saya ingatkan dulu StartSSL tampaknya hanya bisa digunakan selain akhir minggu karena maintenance rutin. Juga persiapkan notepad untuk menyimpan data – data penting mengenai sertifikat SSL anda nantinya.

Mendaftar akun StartSSL

Langsung saja kita buka situs StartSSL dan akses halaman pendaftarannya.

startssl-authenticate-sign-up

Isikan data – data yang diminta dan setelahnya akan dikirimkan kode konfirmasi.
startssl-sign-up
Dan dari pengalaman saya proses verifikasi akun ini dilakukan 2 kali, jadi cek email anda kembali kalau diminta memasukkan kode sekali lagi.
startssl-verification-code
Semestinya sekarang StartSSL akan menginstall sertifikat SSL untuk akun anda pada browser dan meminta anda memasukkan master password untuk Software Security Device.

Jadi selama anda menggunakan browser tersebut akan langsung masuk ke sistem mereka melalui Authenticate. Karena pentingnya hal ini maka lakukan backup juga supaya bisa digunakan di komputer lain atau sebagai jaga – jaga kalau hilang karena tidak bisa dipulihkan karena tidak ada sistem lupa password disini.

Validasi domain dan email

Kemudian lakukan proses validasi kepemilikan nama domain dan alamat email yang terdapat dalamnya melalui Validations Wizard. Ini tidak bisa menggunakan email gratis (Gmail, Yahoo, Hotmail). Anda harus menggunakan email dengan custom domain, misal anda menggunakan cPanel semestinya sudah ada secara gratis atau anda bisa memakai layanan email hosting gratis seperti Pawnmail atau Zoho Mail.
startssl-validations-wizard-domain

Pastikan anda memiliki satu diantara beberapa alamat email berikut: [email protected], [email protected], [email protected], [email protected] karena nantinya email konfirmasinya akan dikirimkan kesana.
startssl-select-verification-email
Saya ingatkan bahwa anda harus melakukan verifikasi untuk nama domain yang ingin dipasangkan SSL dan juga emailnya. Salah satu saja tidak ada maka proses pembuatan sertifikat SSL tidak bisa dilanjutkan.

Membuat sertifikat SSL gratis

Akhirnya kita ke fokus pembicaraan yaitu proses pembuatan sertifikat SSL gratis dari StartSSL. Yang kita buat adalah SSL Class 1. Bagaimana caranya? Silahkan akses Certificate Wizard dan pada Certificate Target pilih Web Server SSL/TLS Certificate.
startssl-certificates-wizard-web-server-ssl-tls
Anda akan diminta membuat private key dengan mengisikan password dan kekuatan enkripsinya, gunakan defaultnya kalau tidak tahu. Proses ini bisa dilewati bila anda telah membuat CSR (Certificate Signing Request) sebelumnya, bisa dibuat di cPanel atau secara online.
startssl-generate-private-key
Private key dari sertifikat SSL anda akan muncul, silahkan copy dan paste kedalam notepad dan simpan sebagai file ssl.key.
startssl-save-private-key
Setelahnya anda akan diminta memilih nama domain yang ingin dipasangkan SSL tersebut. Kalau anda belum melakukan validasi domain dan email maka tidak akan ada opsi apapun disini.
startssl-add-domains
Anda juga akan diminta menambahkan satu subdomain, isikan dengan www. Jadi sertifikat SSL anda akan bisa digunakan pada alamat www dan non-www (misal: utekno.com dan www.utekno.com). Dan permintaan anda akan diproses setelahnya.

Akhirnya akan muncul kode untuk sertifikat SSL anda (PEM), sama seperti sebelumnya silahkan dicopy dan pastekan pada notepad kemudian simpan sebagai ssl.crt.
startssl-save-certificate
Sebelum anda menutup halaman ini harap download intermediate CA dan root CAT pada link dibagian bawah. Nama filenya adalah sub.class1.server.ca.pem dan ca.pem. Nanti sertifikat SSL anda akan digabungkan dengan kedua sertifikat milik StartSSL.

Setelahnya silahkan anda install sertifikat tersebut pada website anda, bisa melalui cPanel kalau menggunakan shared hosting atau langsung ke servernya. Frustasi karena StartSSL terlalu ribet? Silahkan cek daftar penyedia sertifikat SSL gratis lainnya.

Oh ya, walau untuk membuat sertifikat SSL di StartSSL memang gratis tapi tidak bisa dimodifikasi setelahnya, untuk mencabutnya anda perlu membayar 25$.

12 pemikiran pada “Cara mendapatkan sertifikat SSL gratis dari StartSSL”

    • Selamat malam Wali, masa berlaku sertifikat SSL gratis dari StartSSL adalah satu tahun. Nanti untuk memperpanjangnya adalah secara manual melalui dasbor akun StartSSL anda, jadi jangan sampai terlewat.

    • Ya memang benar untuk membatalkan sertifikat SSL di StartSSL memang harus membayar tapi hal ini sepertinya sangat jarang diperlukan. Kecuali antara anda lupa apa Private Keynya atau ada celah keamanan pada sertifikat SSLnya. Dan daripada anda membayar untuk mencabutnya lebih baik sekalian membeli sertifikat SSL biasa saja yang lebih murah. Tinggal diganti kok di servernya.

    • Halo Ramana, sayangnya Blogspot masih belum mendukung aktivasi sertifikat SSL. Tapi anda bisa menggunakan SSL CloudFlare untuk mengakalinya, tapi nanti yang diindex oleh Google tetap versi HTTPnya. Saran saya biarkan saja dulu kalau menggunakan Blogspot.

    • Halo Dhidhik, sangat bisa sekali mas. Malah sudah disediakan auto-installer CMS – CMS populer didalam Webuzo, jadi tinggal install saja.

  1. Mau Tanya . Kan Itu SSL Trial 1 Bulan . Kalo Sudah Habis Masa SSL Nya & Kita Tidak Perpanjang Lagi SSL Nya . Apakah SSL + Akun Yg Berada Di StartSSL Akan Hilang ?

    Balas

Tulis komentar...