Cara mematikan DHCP di modem TP-LINK

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) server tidaklah harus diaktifkan di modem, setidaknya kalau penggunanya hanya beberapa orang saja maka sebaiknya dimatikan saja. Ini selain memastikan pengguna jaringan atau internet akan mendapatkan kecepatan maksimal juga meningkatkan keamanan jaringan anda dari tamu tak dikenal.

Kalau anda menggunakan modem TP-LINK yang juga merek paling umum dari modem asli Telkom Speedy maka caranya cukup mudah untuk mematikan layanan DHCP ini. Silahkan anda akses halaman administrasi modem dengan mengetikkan alamat IP 192.168.1.1 pada browser. Jika anda merasa belum pernah mengganti password admin maka gunakan username: admin dan password: admin.

adsl-modem-authentication-required

Setelah itu buka halaman Interface Setup dan pilih LAN (Local Area Network), geser kebawah sampai anda menemukan DHCP Server dan ubah opsinya menjadi Disabled untuk mematikan DHCP. Disini saya menggunakan modem TP-LINK dengan model TD-W8151N, untuk jenis lainnya dari pengalaman saya tidak jauh berbeda.

tp-link-interface-setup-lan-dhcp-server

Sekarang karena DHCP di modem TP-LINK telah nonaktif walau ada perangkat apapun yang terhubung ke modem tidak bisa menggunakan DHCP untuk mendapatkan akses jaringan, dan harus mensetting alamat IPnya menjadi statis. Jadi secara manual anda harus mengisikan alamat IP, Subnet Mask, Default Gateway, dan DNS server pada setiap komputer yang ingin menggunakan internet.

Tulis komentar...