Cara mematikan iklan saat install Java

Masih berkutat di instalasi Java Runtime Environment (JRE) di Windows, pasti anda pernah mengalami saat melakukan proses install ditawari Ask Toolbar dan segala kelengkapannya. Masalahnya ini tidak hanya terjadi sekali saja, setiap kali anda menginstall atau melakukan update akan selalu ditawari. Kalau terlanjur anda menyetujui maka akan muncul toolbar Ask di browser, search engine default diganti menjadi Ask, dan homepage anda juga menjadi Ask.com.

Salah satu solusinya adalah dengan download offline installer Java karena tidak ada bundel aneh – anehnya. Tapi bagaimana kalau anda sudah memiliki Java dan tidak ingin mendapatkan penawaran sponsor lagi? Anda bisa mematikan “fitur” sponsor ini melalui registry Windows. Jalankan run dialog dan ketikkan regedit kemudian ENTER.

Jika anda menggunakan Windows 32-bit maka buka HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\JavaSoft, sedangkan Windows 64-bit HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Wow6432Node\JavaSoft.
registry-editor-hkey-local-machine-javasoft
Buatlah registry key baru dengan klik kanan > New > String.

registry-editor-new-string-value

Beri nama SPONSORS dan double-click untuk mengubah isi nilainya dengan DISABLE, hasilnya akan seperti gambar pertama diatas.

Selesai, setelah ini anda tidak akan mendapatkan tawaran sponsor atau iklan lagi saat menginstall Java.

Tulis komentar...