Cara mematikan internet di Windows

Ada kalanya akses internet pada komputer perlu dimatikan walaupun terhubung dengan jaringan, biasanya ini untuk mencegah adanya program yang terhubung ke internet atau memblokir akses online untuk anak anda disaat tidak diperlukan. Walaupun melepas kabel LAN atau blokir akses WiFi melewati modem router juga bisa dilakukan tapi ada cara yang lebih sederhana untuk menonaktifkannya.

Tanpa perlu software apapun kita bisa mematikan akses internet dengan cepat dan mudah. Kita hanya memanfaatkan hanyalah Network Connections di Windows, cukup panggil run dialog (Windows+R) dan ketikkan perintah ncpa.cpl kemudian ENTER.

windows-7-run-ncpa-cpl

Nah… akan muncul jendela Network Connections, silahkan pilih jaringan yang sedang aktif kemudian klik kanan dan klik Disable.
windows-7-network-adapter-context-menu
Selesai! Maka akses jaringan dan internet melalui network adapter yang anda nonaktifkan tadi akan tidak bisa digunakan sampai dihidupkan kembali dengan memilih Enable. Disini saya mencontohkan mematikan internet dari Telkom Speedy.

Tentunya dengan cara yang mudah maka memperbaikinya juga sama gampangnya, tapi dari pengalaman saya memakai cara ini di komputer teman saya yang minta bantuan mencegah anaknya berinternet saat kerja tugas ternyata cukup ampuh juga. 😀

Satu pemikiran pada “Cara mematikan internet di Windows”

Tulis komentar...