Cara mematikan notifikasi grup WhatsApp

Grup di WhatsApp berfungsi untuk membuat komunitas dengan tema – tema tertentu, dari pengalaman biasanya aktivitasnya tidaklah banyak hingga mengganggu. Tapi ternyata ada satu grup yang cukup ramai sehingga notifikasi dan suaranya akan selalu muncul setiap beberapa saat, dan inilah yang bisa mengganggu karena handphone bisa berbunyi terus tanpa henti. Sehingga ada baiknya dimatikan saja dan dibaca pesan – pesan yang ada diwaktu senggang. Tidak semuanya harus dibaca dan dibalas saat itu juga kan?

Untuk mematikan suara notifikasi juga pemberitahuannya cukuplah mudah kok, silahkan buka grup yang ingin ada setting. Kemudian tap pada icon Menu (yang tiga baris horisontal) di kanan atas. Salah satu opsi yang muncul adalah Senyapkan (Mute), pilih itu.
whatsapp-grup-menu

Nanti akan muncul jendela popup yang menanyakan berapa lama akan dimatikan suaranya: 8 jam, 1 minggu, atau 1 tahun.

whatsapp-senyapkan-grup-untuk

Anda juga bisa menghilangkan centang pada Tampilkan pemberitahuan (Show notifications) agar tidak ada notifikasi yang muncul di status bar Android, saya sarankan jangan sih supaya anda tetap tahu kalau ada perbincangan dan tidak terlewatkan.

Setelah mengaktifkan fitur ini saya tidak terlalu terganggu karena hanya akan muncul pemberitahuan di notification bar tapi tanpa suara atau getar. Jadi cukup informasi saja kalau ada aktivitas. Hal ini senada juga di BBM (BlackBerry Messenger) yang juga bisa dimatikan notifikasi grupnya.

Semoga bermanfaat. 🙂

4 pemikiran pada “Cara mematikan notifikasi grup WhatsApp”

Tulis komentar...