Cara mematikan proses dengan command prompt

Kadang kala Task Manager bisa bermasalah dan hang saat dijalankan, padahal kita ingin mematikan beberapa proses dari program dan service di Windows. Kalau anda mengalami kasus serupa atau ada kondisi yang memaksa kita hanya bisa memakai command prompt maka bisa mengikuti panduan berikut untuk membunuh proses – proses Windows yang anda inginkan.

Tentu saja kita sebaiknya tahu apa saja proses yang sedang berjalan karena belum tentu hapal apa nama proses dari programnya, apalagi kalau Task Manager sedang rusak maka harus mengetahuinya lewat cmd juga. Perintahnya adalah tasklist, dan akan muncul daftar proses, jenisnya apakah aplikasi atau service dan perhatikan PID yang merupakan kode identifikasi unik dari proses – proses yang sedang aktif di Windows.
cmd-tasklist

Kalau sudah menemukan apa yang anda inginkan maka kita lanjutkan ke perintah command prompt untuk mematikan proses yaitu taskkill. Misalnya kita ingin menghentikan proses dari Windows Explorer, maka ketikkan perintah taskkill /IM explorer.exe.
cmd-taskkill

Jika proses tersebut tidak berhasil dimatikan maka anda bisa memaksanya dengan menambahkan parameter /F, melanjutkan contoh perintah diatas maka akan menjadi taskkill /IM explorer.exe /F.

Bagaimana kalau ingin mematikan beberapa proses sekaligus? Maka anda harus menggunakan PIDnya, inilah mengapa saya sebutkan diawal agar diperhatikan apa PID dari proses yang ingin dibunuh. Nanti perintahnya akan seperti berikut taskkill /pid 2563 /pid 762 /pid 1255. Sama seperti sebelumnya kalau ingin dipaksa pasti mati tambahkan parameter /F diakhirnya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...