Cara mematikan saran dan koreksi kata di ASUS Zenfone

Sebelumnya saya pernah membahas bagaimana cara mematikan koreksi dan prediksi teks otomatis yang muncul dalam keyboard Android dan ini dengan asumsi masing menggunakan aslinya berdasarkan Lenovo A369i Android 4.2.2 Jelly Bean. Tapi sejak saya menggunakan ASUS Zenfone 5 ternyata ada perbedaan dalam keyboardnya dan tentu saja settingnya. Jadi lebih tepatnya ini untuk handphone yang memakai ASUS ZenUI yang menggantikan tampilan default Android.

Disini saya membuat panduannya berdasarkan ASUS Zenfone 5 16GB (A501CG) dengan Android 4.4.2 KitKat, kalau model atau versi anda lain bisa diadaptasikan. Screenshotnya berdasarkan bahasa Inggris tapi saya sertakan juga nama opsinya dalam bahasa Indonesia dalam tanda kurung.

Langsung saja buka Settings (Setelan) dan geser ke bagian Personal (Pribadi), anda akan menemukan Language & Input (Bahasa & Masukan).
android-personal-settings

Geser ke Keyboard & input method (Keyboard & metode masukan) dan tap di icon setting untuk ASUS Keyboard.
android-language-input-settings

Dalam bagian Preferences tap pada Show word suggestions (Tampilkan saran kata) dan pilih Always hide (Selalu sembunyikan). Tapi di ZenUI ada 1 lagi konfigurasi yang harus ikut dinonaktifkan agar tidak ada fitur yang merubah ketikan anda.
android-asus-keyboard-settings
Pada jendela yang sama geser ke paling bawah dan tap di Advanced settings (Pengaturan lanjutan), kemudian segera cari Word reselection (Pemilihan ulang kata), Next word (Kata berikutnya) dan hapus centangnya. Untuk Auto-correction (Koreksi otomatis) tap dan pilih Off (Matikan).
android-asus-word-suggestions-settings

Sekarang secara total dalam keyboard di ASUS Zenfone anda tidak akan muncul lagi kata – kata yang diprediksi atau disarankan ke anda juga tidak otomatis dikoreksi ketikan anda.

Semoga membantu. 😀

16 pemikiran pada “Cara mematikan saran dan koreksi kata di ASUS Zenfone”

    • Selamat pagi Dylah, tidak bisa semuanya atau tinggal beberapa fitur teksnya tidak berhasil nonaktif mbak? Soalnya selama ini selalu sukses dimatikan di Zenfone asal kita tetap menggunakan ASUS Keyboard sebagai defaultnya. Cuma pernah gagal di Padfone S, kurang satu settingnya.

    • Oh berarti persis Padfone S mbak, tidak ada satu settingnya. Kalau ini ya solusi alternatifnya anda ganti keyboard lain.

    • Sama – sama John. Secara pribadi saya jarang menggunakan auto-correct atau text prediction karena sangat mengganggu saat mengetik, mungkin masalah kebiasaan saja. 🙂

    • Halo Alifah, pakai keyboard ASUS juga mbak? Semestinya kurang lebih sama, kecuali pada tipe – tipe Padfone pernah saya coba tidak bisa menghilangkah pemeriksa ejaannya.

  1. ga bs ikuti tutorial di atas utk zenfone 2
    yg berhasil di bagian ASUS keyboard settings (Pengaturan keyboard ASUS) Anda klik Show word suggestion (Tampilkan saran kata) terus pilih Selalu Sembunyikan (Always hide)
    Pengalaman sy berhasil

    Semoga membantu

    Balas

Tulis komentar...