Cara mematikan vibrasi dan suara ketikan di Android

Handphone baru tentu membuat kita semangat mencoba – coba segala fitur yang ada, menguji berbagai macam game berat, ketajaman kamera saat memfoto, atau sekedar membuat selfie. Tapi kadang setting default dari Android bisa membuat kita terganggu, selain koreksi dan prediksi ketikan yang bertujuan membantu kita agar tidak salah tulis dan otomatis melengkapi teks, ada juga fitur vibrasi (getaran) dan suara yang keluar saat kita mengetik atau menekan tombol apapun.

Dari pengalaman dan membaca – baca mengapa ada fitur getar dan berbunyi saat mengetik ini untuk memberitahu kita bahwa tombol yang kita tekan atau pesan yang diketikkan telah diterima dengan baik oleh mesinnya, karena kebanyakan sekarang semuanya adalah touchscreen ada pengguna yang merasa tidak nyaman kalau tidak ada respon apapun dari handphone saat mengetik. Menurut pribadi fitur ini cuma kosmetik, dan saya sendiri memang mematikannya karena lama – lama mengganggu juga.

Untungnya cara menonaktifkan fitur vibrasi dan suara ini cukup mudah. Silahkan akses Settings (Pengaturan), kemudian cari bagian? Personal dan tap pada Language & Input.

android-settings-personal

Pada tampilan setting Language & Input pilih Android keyboard (AOSP).
android-language-input-keyboard-input-methods

Geser kebawah sampai anda menemukan General, hilangkan centang pada Vibrate on keypress dan Sound on keypress.
android-keyboard-settings-vibrate-sound-keypress

Selesai! Sekarang handphone anda tidak akan bergetar saat sedang mengetik apalagi mengeluarkan suara. 🙂 Saya mendemokan cara diatas menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean, kalau ada perbedaan silahkan diadaptasikan – saya yakin masih mirip kok.

2 pemikiran pada “Cara mematikan vibrasi dan suara ketikan di Android”

Tulis komentar...