Cara membatalkan shutdown Windows

Pernahkan anda tidak sengaja menekan tombol Shutdown Windows disaat sibuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan? Seringkali niatnya kita ingin membuat komputer dalam mode Sleep atau Hibernate tapi malah salah klik sehingga pekerjaan yang belum disimpan pun hilang kalau tidak sempat disave karena seluruh proses program yang aktif dimatikan Windows sebelum proses shutdown. Karena itulah cara menghentikan atau membatalkan shutdown merupakan hal yang penting untuk mencegah data penting hilang karena kecerobohan sendiri.

Setahu saya caranya yang pasti untuk memberhentikan proses shutdown adalah melalui command prompt dan dengan mengetikkan perintah shutdown -a, artinya proses mematikan komputer dibatalkan (abort). Ini juga berlaku untuk shutdown yang menggunakan timer.
cmd-shutdown-abort

Saya yakin kalau sudah terlanjur terjadi kita pasti kalah cepat karena belum memanggil command prompt biasanya sudah dimatikan seluruh proses aktif dan gagal usaha kita mencegah shutdownnya Windows.

Karena itulah kalau salah menekan tombol Shutdown ini anda termasuk sering melakukannya sebaiknya membuat sebuah shortcut di desktop supaya langsung klik. Nanti isikan targetnya dengan C:\Windows\System32\shutdown.exe -a seperti gambar dibawah.
batalkan-shutdown-shortcut

Nanti anda tinggal mendouble-click icon shortcutnya dan akan distop proses shutdown. Saya juga menyarankan agar anda mensetting kombinasi tombol cepat (Shortcut key) karena ini malah jauh lebih cepat lagi menjalankannya.

Tulis komentar...