Mencegah Windows otomatis membuka kembali aplikasi setelah restart/shutdown

Advertisements

Satu fitur baru yang ada di Windows 10 adalah otomatis membuka kembali aplikasi setelah PC/laptopnya kena restart atau shutdown. Tentu tidak semua aplikasi, tapi apa – apa saja yang sedang dipakai pada saat proses restart/shutdown dijalankan. Misal anda sedang browsing dengan Chrome atau nonton video dengan VLC dan buru – buru shutdown, maka keduanya akan dibuka kembali saat anda hidupkan.

Asumsi Microsoft cuma satu, yakni membantu kita kembali ke program penting yang sebelumnya digunakan dengan lebih cepat. Dan fitur ini memang adaptasi kemampuan serupa di MacOS. Bahkan ada namanya, yaitu Winlogon Automatic Restart Sign-On.

Cara pertama adalah lewat pengaturan di Control Panel. Akses Settings > Accounts > Sign-in Options. Kemudian nonaktifkan opsi Use my sign-in info to automatically finish setting my device after an update or restart.

windows 10 settings accounts

Advertisements

Biasanya cara pertama sudah cukup untuk mengatasi masalah ini, tapi kalau ada masalah pada akun Windows/Outlook yang anda pakai login di Windows 10 maka bisa pakai alternatifnya dibawah.

Cara kedua bisa lewat Group Policy Editor. Gampangnya buka search dan isikan gpedit.msc (Edit group policy) kemudian buka lokasi Computer Configuration >? Administrative Templates > Windows Components > Windows Logon Option.

windows 10 gpedit logon options

Didalamnya disable opsi Sign-in last interactive user automatically after a system-initiated restart. Tinggal double click saja pada barisnya.

Terus terang bagi saya yang sudah terbiasa dengan perilaku Windows saat dihidupkan tampil kosongan maka ini agak mengganggu karena semuanya berlangsung otomatis tanpa intervensi pengguna, dan juga alasan privasi juga. Karena itu saya mencari solusinya agar fitur ini dimatikan saja.

Oh ya, hal ini beda dengan fitur startup aplikasi. Kadang memang disengaja atau tidak, tapi bisa dicek di folder Startup dan atau lewat registry.

Sekian dan niscaya tidak ada lagi aplikasi sebelumnya yang aktif akan dibuka kembali saat Windows booting.

Advertisements

4 pemikiran pada “Mencegah Windows otomatis membuka kembali aplikasi setelah restart/shutdown”

  1. Akhirnya ketemu solusinya. Terimakasih. Bagi saya fitur ini cukup mengganggu, apalagi bila aplikasi terakhir yang dibuka cukup berat, bikin lemot pas nyalain

    Balas
  2. Selamat malam, Mas. Mau tanya, laptop saya Asus X441B dgn Windows 10 bawaan. Ketika saya booting dan masuk ke windows, saya buka program/aplikasi/software apap pun selalu tertutup/refresh otomatis setiap beberapa detik sekali. Penyebabnya apa ya?

    Balas

Tinggalkan komentar