Cara membatasi jumlah klien WiFi di modem TP-LINK

Tahu kan kalau siapapun dapat dengan mudah masuk ke jaringan hotspot asalkan tahu passwordnya? Kalau anda menggunakan koneksi internet dari Telkom Speedy biasanya akan mendapatkan gratis modem WiFi, dan merek paling umum dari pengamatan saya adalah TP-LINK. Nah… memang modem TP-LINK bisa melayani banyak komputer atau perangkat melalui DHCPnya tapi ini bisa berakibat buruk atas kualitas koneksi dan kecepatan internetnya.

Untuk memastikan kenyamanan penggunaan internet ada baiknya kita batasi saja berapa banyak klien atau host yang disediakan oleh DHCP server dari modem. Yang saya gunakan disini adalah TP-LINK TD-W8151N, untuk model lainnya tidak ada perbedaan signifikan jadi tinggal diadaptasikan saja.

Pertama anda perlu mengakses halaman administrasi modem dengan mengetikkan alamat 192.168.1.1 pada browser. Isikan username dan password administrator, kalau lupa coba admin dan admin. Jika tidak bisa juga maka gunakan username default dari modem bawaan Telkom Speedy yang lain.

adsl-modem-authentication-required

Setelah itu buka halaman Interface Setup dan pilih LAN (Local Area Network), geser ke bawah sampai menemukan DHCP Server. Ubah isi IP Pool sesuai dengan jumlah perangkat yang biasanya terhubung ke internet, defaultnya 100 kalau speednya cuma 1MBPS bisa nangis dibagi sebanyak itu.

tp-link-interface-setup-lan-dhcp-server

Selesai! Sekarang kalau ada perangkat lain yang berusaha terhubung dan jatahnya lebih dari itu maka akan tidak bisa terhubung.

246 pemikiran pada “Cara membatasi jumlah klien WiFi di modem TP-LINK”

  1. mas mau nanya.. kenapa hp saya tab advan T1G, waktu konek wifi id pasti internetnya lemot.. Padahal pake hp lain sama hp temen lancar” aja.. makasih mas

    Balas
    • Lemot ini mas downloadnya pelan atau buka websitenya yang lambat mas?

      Kalau saya saran mas ganti HP ga mungkin ya? Soalnya ada kasus yang mirip dengan merek lokal, sering ga kompatibel dengan hotspot.

  2. mau tnya nih
    wifi indihome di kantor kok klo mau konek harus siapa cepat dia dapet ya kyk ada limit user gtu jdi harus dateng pagi klo mau konek wifi, mgkin sekitar 26an yg bisa konek pdhal udh ane cek di setting LAN admin IP Pool isinya 32 udh ku rubah jdi 50 jga gak bsa

    emg pengaruh ya ketinggian lantai?
    soalnya kantor ane di lantai 16

    Balas
  3. min ane mau nanya ,dkantor ane pakai router TP Link MR3420,masih ada space 8,karena baru 32 dari batas limit 40,,,tapi pas ane mau daftarin user kok error code 26105 (sudah mencapai batas maksimum ACL:32 ,,,mohon bantuannya min

    Balas

Tulis komentar...