Cara membatasi jumlah pengguna WiFi di FiberHome

Sesakti – saktinya ISP yang dipakai tapi kalau penggunanya banyak ya takluk juga, kehabisan bandwidth dan biasanya disebabkan oleh satu orang yang menggunakan IDM untuk download. Habis sudah dan yang lain pasti lemot internetnya. Karena itu ada baiknya dibatasi jumlah perangkat yang bisa tersambung hotspot.

Caranya sendiri cukup mudah kok, kita akan memanfaatkan konfigurasi DHCP server di modemnya. Sekarang anda silahkan login ke modemnya. Disini saya mendasarkan FiberHome AN5506-04 FG, jadi alamat IP defaultnya di 192.168.1.1 dengan username: admin dan password: admin.

fiberhome-an5506-04-fg-login

Kemudian buka menu Network dan buka submenu DHCP Server. Fungsi fitur ini adalah memberikan informasi otomatis ke setiap perangkat yang terhubung, baik lewat kabel maupun WiFi. Yang diberikan adalah alamat IP perangkatnya, alamat Internet Gateway, Subnet address, dan DNS server.

fiberhome-an5506-04-fg-dhcp-server

Yang patut diperhatikan disini untuk membatasi berapa banyak perangkat yang akan dilayani lewat DHCP adalah pada baris DHCP Start IP dan End IP, kalau mau cuma 10 perangkat ya tambahkan 10 dari alamat IP paling awalnya. Jadi nanti akhirnya ada di 192.168.1.12. Kalau ada sambungan lain otomatis ditolak. Tapi akan lebih baik lagi kalau subnetnya juga diubah supaya kalau ada pengguna yang mengeset alamat IP statis tidak bisa tersambung.

Semoga bermanfaat. 🙂

79 pemikiran pada “Cara membatasi jumlah pengguna WiFi di FiberHome”

  1. halo mas chandra , saya risih dengan orang sebelah yang membajak wifi saya 5-10 orang , saya kemudian mencoba menggunakan whitelist tapi ternyata mac address yang saya masukkan itu salah , sehingga tidak bisa konek di wifi sendiri , saya gunakan kabel LAN pun tidak bisa , mohon bantuannya mas chandra , kalau melapor ke teknisi wifi.id bisa ga ya?

    thanks sebelumnya

    Balas
    • Eh sebentar, jadi ini akhirnya pakai whitelist dan salah MAC address mas? Waduh…

      Reset modem rasanya mas.

      Bisa mas panggil teknisi.

  2. Halo mas chandra, saya sudah berhasil membatasi jumlah client via end ip address, yang saya ingin tanyakan,
    1.penyesuaian subnet mask nya bagaimana cara hitungan nya? Saya buat cm 7 client start ip 1.2 end ip nya 1.9

    2. Saya juga memakai myrepublic, ont kita sama, dan adakah cara untuk filtering mac address jd hanya beberapa device yg terdaftar bisa connect.

    Trima kasih.

    Balas
    • 1. Saya buat kelipatan 16 mas. Inipun yang bisa terpakai cuma 14 IP.
      2. Ada mas, di settingnya: Security » Firewall » MAC address Filtering.

  3. mas, saya mau tanya.. kok modem fiberhome saya port router nya cuma bisa dipake satu doang.. kalau mau pake semua nya gmna cara setting nya? mohon bantuan nya..

    Balas
  4. Mas mau tanya modem ane AN5506-04-F settingan MAC filternya gmn ya? ada jam nya di setel 0 semua atau gmn? sudah coba MAC adress sendiri di filter pake blacklist dll tp ko tetetp masih bisa pakai wifinya, trims

    Balas
    • Defaultnya sudah benar mas, start dari 0 hingga 24. Ini maksudnya 24 jam sehari.

      Sudah mas restart ONTnya setelah menambahkan MAC address?

  5. malam mas, saya punya warkop dg fasilitas wifi…mau tanya cara memblokir permanen para pencuri wifi yang bisa mengubah-ubah mac address nya. Ada cara yang efektif gak? Atau ada aplikasi yang bisa membantu?…kayaknya pelaku pake aplikasi pengubah mac address di hp androidnya sehingga stelah difilter bisa konek lg pake mac address yg lain.
    trims

    Balas
  6. ketika kita menambahkan mac address client agar terhubung ke wifi, apakah modem kiita akan meresrtart?dan memungkinkan pengguna lain memasukan sandi lagi??????
    makasih

    Balas
    • Restart kadang perlu supaya diterapkan filternya. Dan klien lama yang sebelumnya tersambung, asal tidak masuk dalam daftar blacklist ya tetap bisa online seperti biasanya.

  7. Mas sya punx warkop WiFi dan modem sya ZTE f606 dengan kcpetan 20 mbps..said 1 kan maksimal client 32 orang..tpi pas rame smpek 25 orang kecepatanx turun drastis apa lagi ada yg main game online..trus cara biar kecepatanx stabil meski pengguna sbnayk itu cranx gmna mas..apa harus tmbh router..dan tmbh router tu apa langkah yg benar..trima kasih

    Balas
    • Ga bisa mas kalau pakai ONT saja, harus ada router dengan kemampuan QoS untuk pengaturan bandwidth antar klien. Ini saran saya cari teknisi jaringan dan minta bantuan beli alat dan setupnya.

  8. mas saya mau tanya…kenapa indihome saya tidak bisa dipakai untuk telepon melalui aplikasi WA, atau kalo untuk mendowonload beberapa aplikasi bisa…padahal di wifi indihome punya tetanggaku bisa buat semua.bagaimana cara setiingnya yah?pakai huawei HG8245H5..TERIMAKASIH JAWABANNYA

    Balas
  9. halo mas,
    aku pake isp indihome modem nya FiberHome AN5506-04
    liat di menu router nya ada route qos
    apa itu bisa buat setting speed internet nya per ssid?
    aku pake multi ssid

    Balas

Tinggalkan komentar