Cara membuat akun email di cPanel

Saat anda membeli nama domain beserta paket hosting bertipe shared hosting maka sebenarnya akan mendapatkan fitur email hosting dengan menggunakan domain sendiri (custom domain). Jadi kita tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara memiliki email yang memakai alamat website, setting MX record pada DNS Zone juga tidak perlu dipikirkan, cuma tinggal pakai saja asalkan ada alamat email aktifnya.

Jadi sebenarnya kali ini yang saya bahas adalah tips memaksimalkan fitur – fitur web hosting yang memanfaatkan cPanel, khususnya email. Silahkan anda akses cPanel website anda terlebih dahulu dan perhatikan pada bagian Mail dan klik Email Accounts.
cpanel-mail

Nah… anda bisa langsung menambahkan alamat email berdasarkan nama domain yang terpasang pada akun web hosting anda, kalau anda memakai addon domain maka bisa lebih dari satu pilihannya. Jangan lupa buat password yang kuat dan tentukan kuota disk space hosting yang boleh dipakai, ingat ini ikut menghabiskan kuota paket hosting anda secara keseluruhan.
cpanel-email-accounts

Bila sudah maka anda bisa segera menggunakannya, bisa melalui protokol POP3/IMAP atau memanfaatkan layanan webmail untuk mengakses inbox akun email anda. Saran saya anda juga mensetting catch-all email address supaya kalau ada pesan yang masuk tapi tidak ada alamat emailnya akan tetap diterima tapi diforward ke alamat lainnya. Ini mencegah adanya email penting yang menuju alamat yang salah lenyap begitu saja.

Tulis komentar...