Cara membuat blog di WordPress.com

Blogging sudah menjadi tren generasi baru yang mengenal internet, kalau dulu informasi hanya bisa didapatkan dari sumber – sumber resmi seperti buku, koran, televisi dan radio; Sekarang internet telah membuka jalan agar semua opini, pengetahuan, hiburan dan pengalaman dari masing – masing individu bisa dibaca orang di seluruh dunia, sekaligus berkenalan dengan orang yang memiliki minat sejenis. Selain Blogger milik Google anda juga bisa menggunakan WordPress dari Automattic sebagai platform ngeblog anda.

Untuk memulai blogging dengan WordPress anda bisa mencoba dulu versi hosted platformnya terlebih dahulu di WordPress.com, yang nanti kalau anda ingin memindahkan ke versi self hosted WordPress yang bisa didownload dari WordPress.org akan membuat proses migrasinya lebih mudah.

Langsung saja kunjungi halaman utama situs WordPress, untuk mendaftarkan akun blog baru klik saja Get Started.
wordpress-com-my-blogs wordpress-com

Anda akan diminta mengisikan alamat email, username, password, dan alamat blog anda menggunakan subdomain wordpress.com. Semua ini gratis kecuali anda ingin menggunakan domain sendiri (custom domain) yang berbayar setiap tahunnya. Anda juga bisa memilih bahasa Indonesia untuk tampilan yang digunakan.

wordpress-com-sign-up

Setelah anda menentukan semua data yang diminta, geser halaman pendaftaran WordPress.com kebawah dan klik Create Blog. Paket – paket lain seperti WordPress Premium dan WordPress Business merupakan versi berbayarnya, sedangkan untuk yang gratis anda mendapatkan disk space sebesar 3 Gigabyte.
wordpress-com-sign-up-create-blog

Selanjutnya adalah halaman pengisian informasi mengenai blog baru anda, isikan judul, slogan, bahasa yang digunakan untuk blogging, apakah anda ingin membuat target posting pada jangka waktu tertentu. Lanjutkan dengan klik Next Step.
wordpress-com-set-up-your-blog

Halaman setting up dilanjutkan dengan memilih theme (tema) untuk blog WordPress anda, silahkan pilih yang anda inginkan. Ada tema WordPress yang gratis dan berbayar disini, jadi kalau tidak ingin membeli batasi pilihan anda.
wordpress-com-choose-a-theme
Pada langkah ketiga anda akan diminta melakukan kustomisasi theme yang dipilih sebelumnya dengan klik pada Customize It!, atau lanjutkan ke langkah berikutnya dengan menekan Next Step.
wordpress-com-customize-theme
Pada halaman Customize theme WordPress silahkan anda utak atik setting yang ada dan lengkapi profil blog anda. Setelah itu klik Close untuk kembali ke halaman sebelumnya.
wordpress-com-customizing-theme

Pada tahap keempat anda akan diminta menghubungkan dan membagikan blog anda melalui Facebook dan Twitter. Silahkan gunakan social media untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung ke blog anda.
wordpress-com-share-your-blog-posts

Dan pada langkah kelima anda akan disarankan membuat posting pertama anda, silahkan pilih jenis posting anda.
wordpress-com-create-your-first-post
Halaman post editor WordPress akan terbuka sesuai dengan jenis yang anda pilih sebelumnya, isikan posting anda dan klik Next Step.
wordpress-com-creating-your-first-post
Selamat posting pertama anda telah dipublikasikan! Setelah itu anda akan dialihkan ke halaman My Blogs WordPress.
wordpress-com-my-blogs
Disini anda bisa melihat daftar blog anda di WordPress.com, statistik blog, membuat halaman dan posting baru, mengganti theme yang digunakan, mengubah setting theme dan bisa membuat blog baru lagi bila menginginkan.

Tulis komentar...