Cara membuat sertifikat SSL gratis di CAcert

Sertifikat SSL (Secure Socket Layer) merupakan komponen penting dalam keamanan koneksi internet, selain mengenkripsi koneksi dari dan ke server juga bisa digunakan untuk identifikasi situs tersebut apakah asli atau tidak. SSL Certificate ini bisa terlihat aktif pada koneksi HTTPS. Apalagi kalau website tersebut adalah toko online dan menerima pembelian dari luar negeri ini bisa dikatakan salah satu syarat menerima pembayaran internasional. Sayangnya harga dari sertifikat SSL ini termasuk tinggi apalagi bagi anda yang baru memulai usaha online shop. Untungnya saya menemukan cara alternatif untuk mendapatkan sertifikat SSL ini dengan gratis.

CAcert adalah layanan yang memberikan SSL Certificate Level 1 secara gratis, anda bisa mendapatkannya dengan mengunjungi situsnya dan klik Join.

cacert

Sebelum halaman pendaftaran CAcert terbuka ada kemungkinan error SSL, anda bisa melewatinya. Kalau belum tahu coba cek bagaimana caranya mengatasi SSL error di Mozilla Firefox dan Google Chrome.

cacert-ssl-error

Pada halaman pendaftaran isikan data diri anda secara lengkap. Kemudian verifikasi email anda, dan login ke akun CAcert.

Ada beberapa jenis sertifikat SSL yang bisa anda buat seperti untuk Email Accounts, Clients, Domains, Servers dan untuk CAcert Web of Trust. Karena yang ingin dibuat adalah untuk website pilihlah Domains dan klik Add.

cacert-ssl-certificates-types

Masukkan alamat website anda dikotak Add Domain dan klik “I own or am authorised to control this domain”.

cacert-add-domain

Selanjutnya anda akan diminta memilih email otoritas untuk domain tersebut dan klik Probe setelah menentukannya.

cacert-please-choose-an-authority-email-address

Sebuah email akan dikirim pada email yang anda masukkan sebelumnya untuk verifikasi, klik pada link yang diberikan dan domain tersebut akan selesai diverifikasi.

Selanjutnya anda bisa menggunakan OpenSSL untuk membuat Private Key dan Certificate Signing Request (CSR) dari nama domain anda. Perintahnya dalam command prompt adalah sebagai berikut (ubah nama domainnya sesuai dengan milik anda):

openssl req -nodes -new -keyout utekno.ext.key \ -out utekno.ext.csr

Kemudian akses CACert kembali, akses Server certificates dan buka New. Setelah itu copy-pastekan isi dari utekno.ext.csr ke dalam kotak yang disediakan, hasilnya nanti adalah sebuah self signing certificate dengan nama utekno.ext.crt. Sertifikat inilah yang dipasang di web hosting atau server anda.

Kalau setiap kali membuka website yang menggunakan sertifikat SSL dari CAcert keluar error SSL ini dikarenakan sertifikat dari CAcert belum diikutkan ke dalam root certificate dari browser anda. Anda bisa menambahkannya dengan manual atau menunggu dukungan dari browser yang anda gunakan.

12 pemikiran pada “Cara membuat sertifikat SSL gratis di CAcert”

    • Halo Wijaya, ini saya asumsikan mau pasang sertifikat SSL di websitenya? Nanti anda akan dapat mendownload sertifikatnya di CACert setelah selesai mendaftar dan membuat, nah itu dipasang bisa melalui CPanel. Kalau kesulitan bisa minta tolong support web hostingnya. Cuma plug and play kok. 🙂

      Oh ya, dengar – dengar sih sertifikat SSL dari CACert jangan dipakai di situs sekarang ini, karena keabsahannya sudah tidak dipercaya lagi oleh browser – browser populer. Nanti malah muncul warning karena sertifikat tersebut tidak dipercaya, dan ini malah membingungkan calon pelanggan anda nantinya. Saya sarankan untuk membeli saja, ada yang murah kok kisaran $10 per tahun kalau tidak salah.

      Tapi kalau di Indonesia rasanya belum perlu sekarang, kecuali anda memang benar – benar mengenkripsi komunikasi pengunjung dengan website anda atau memastikan identitas website yang dikunjungi bukanlah palsu.

      Semoga berhasil. 🙂

    • Ah… anda harus membuat sertifikat SSL sendiri terlebih dahulu dengan bantuan OpenSSL. Perintahnya dengan command prompt:
      openssl req -nodes -new -keyout domain_anda.ext.key \ -out domain_anda.ext.csr

      Setelah itu pada CACert untuk mendapatkan self signing SSL certificate akses menu Server certificates dan pilih New. Kemudian copy-paste kan isi dari domain_anda.ext.csr ke dalamnya, nah baru selanjutnya anda akan mendapatkan sertifikat SSL untuk domain anda bernama domain_anda.ext.crt. File ini yang anda download.

  1. mas mau tanya
    openssl req -nodes -new -keyout utekno.ext.key \ -out menuju.site.bz.ext.csr
    kok komand not fout ya ? salahx di mana. makasi sblmx

    Balas
    • Selamat pagi Ahmad, error tersebut dikarenakan tidak adanya OpenSSL di komputer yang anda gunakan. Anda bisa menginstallnya untuk membuat key-nya.

    • terima kasih sebelumnya atas penjelasanya, sejauh ini saya sudah mencoba di berbagai host gratisan akan tetapi tidak menjumpai yg ada sslnya. bisakah anda membantu dalam proses pembelajaran saya. atau hanya host premium saja yg bs di gunakan. sekali lagi terima kasih ilmunya semoga bermanfaat bagi yang lain

    • Gara – gara pernyataan anda saya segera mengecek ke hosting gratis saya di Idhostinger, dan hosting berbayar menggunakan cPanel di IDwebhost, sedangkan di Mangkuk Merah ada pada seluruh paket hosting. Ternyata keduanya kecuali Mangkuk Merah tidak ada fasilitas untuk menginstall sertifikat SSL/TLS panel hostingnya.

      Untuk IDhostinger hanya ada di paket hosting bisnis. Sedangkan di IDwebhost tidak ada pada deskripsi paket hosting manapun dan tidak ada penjelasan mengenai cara memasangnya. Yang ada hanya cara membelinya, mungkin harus meminta bantuan support untuk menginstallnya.

      Saya belum pernah mencari hosting gratis yang mendukung sertifikat SSL jadi tidak bisa banyak membantu, tapi yang premium (berbayar) pun tampaknya tidak semua juga mendukungnya. 🙁

      Agak repot juga ternyata mencari hosting Indonesia yang bisa mengaktifkan SSL dengan mudah. Mungkin anda bisa mengirimkan pertanyaan mengenai SSL ini menuju support masing – masing web hosting, siapa tahu memang lupa dituliskan atau harus menggunakan bantuan support untuk pemasangannya.

    • Sudah membuat key-pai untuk domain anda menggunakan OpenSSL mas?

      Nanti anda akan memasukkan nama domain pada kotak “Domain this key is for”, kemudian copy-paste kan key yang telah dibuat sebelumnya. Dan upload file dengan ekstensi .key hasil OpenSSL. Kalau sudah klik install.

      Kalau anda kerepotan ingin memasang SSL untuk website secara manual saya anjurkan untuk menggunakan layanan SSL gratis dari CloudFlare saja. Cuma satu klik untuk mengaktifkannya. 🙂

Tulis komentar...