Cara membuat sitemap online

Sitemap atau peta situs merupakan salah satu elemen penting yang harus ada pada setiap website, fungsinya adalah memetakan struktur situs sehingga bot – bot dari mesin pencari seperti Google atau Bing bisa dengan mudah mengindeks konten yang ada. Apalagi kalau halaman situs kita ada yang tidak memiliki link dari tempat lain.

Dari penjelasan singkat diatas sudah jelas manfaatnya dan memang sebaiknya jangan sampai kita lupakan. Pembuatan sitemap ini sendiri akan sangat mudah kalau menggunakan CMS. Misal anda tidak menggunakan CMS seperti WordPress atau plugin untuk membuat sitemap maka kita bisa membuatnya secara online dengan bantuan layanan gratis dari situs XML-Sitemaps.
xml-sitemaps
Yang perlu dilakukan hanya mengisikan alamat website anda, dan setting defaultnya sudah cukup sesuai dengan kebutuhan kita. Anda bisa menentukan frekuensi update dari isi situs anda, kapan terakhir konten tersebut berubah, prioritas peta situs. Kalau sudah yakin langsung saja klik Start. Maksimal halaman yang diikutkan pada versi gratisnya adalah 500 buah, kalau lebih dari itu saya anjurkan menggunakan CMS saja.

Proses pembuatan file sitemapnya sendiri untuk 500 halaman dari ujicoba saya bisa mencapai 10 menit, jadi bisa ditinggal sebentar kalau ada aktivitas lain.

Jika sudah sukses maka anda bisa mendownload file sitemapnya dalam berbagai macam format: XML, XML.GZ, HTML, TXT, ROR, atau semuanya sekaligus.

xml-sitemaps-download

Selanjutnya tinggal anda upload ke direktori utama website anda pada hostingnya melalui FTP dan daftarkan ke Google juga Bing untuk meningkatkan SEO dari situs anda.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...