Cara mendaftarkan sitemap website ke Bing Webmaster Tools

Anda sudah men-submit sitemap ke Google Webmasters tapi jangan lupakan saingan search engine dari Microsoft ini. Bing walaupun trafficnya saat ini masih jauh dibawah Google Search tapi hasil pencariannya digunakan juga oleh Yahoo! Search, DuckDuckGo dan masih banyak lagi.

Sangat disayangkan bila kita tidak memanfaatkan fitur Bing Webmaster Tools yang tersedia secara gratis ini. Apabila anda sudah mendaftarkan situs anda ke Bing dan belum mengisikan alamat sitemap anda saat pertama kali mendaftarkan website, anda bisa mengikuti langkah – langkah berikut.

Login dulu ke Bing Webmaster Tools dengan akun Microsoft anda.
bing-webmasters-tools-sign-in

Pilih website anda yang ingin disubmit sitemapnya.
bing-my-sites

Halaman dashboard untuk website yang terpilih akan muncul, geser kebawah sampai menemukan bagian Sitemaps.
bing-sitemaps

Klik “SUBMIT A SITEMAP”, kemudian masukkan alamat sitemap website anda disini dan tekan “SUBMIT”.
bing-submit-a-sitemap

Status sitemap akan tertulis “Pending” yang menandakan bahwa masih diproses.
bing-sitemap-pending

Bila sitemap website sudah diolah oleh Bing, akan muncul data sebagai berikut mengenai struktur halaman website anda. Jika ada masalah dalam mengakses atau mengolah sitemap yang dimasukkan juga akan ditampilkan pada bagian status. Jadi anda bisa melakukan langkah perbaikan terhadap permasalahan yang muncul di sitemap anda.
bing-sitemap-status

Sebagai penutup bisa dikatakan walau pengunjung yang berasal dari mesin pencari Bing dan Yahoo biasanya tidak banyak, tapi tidak ada salahnya kita mengoptimalkan fasilitas yang ada untuk meningkatkan posisi kita di hasil pencariannya. Apalagi cara yang dilakukan sesungguhnya tidak memiliki perbedaan dengan optimalisasi Google Search.

Tulis komentar...