Cara membuat User Account Windows lewat command prompt

Membuat user account baru di Windows penting dilakukan agar data – data penting tidak tercampur dan dapat dilihat oleh orang yang tidak berkepentingan. Apalagi kalau komputer tersebut bisa diakses oleh umum dan kadang digunakan bergantian maka jangan sampai usernya hanya satu. Setidaknya buatlah sebuah akun user Windows khusus untuk banyak orang.

Karena membuat user account dengan nama dan password sama di setiap komputer adalah hal yang merepotkan juga membuang waktu maka sebaiknya kita memanfaatkan perintah command prompt yang disimpan dalam file Batch Command. Jadi kita tinggal menjalankan file BAT-nya saja dan penggunanya akan otomatis diciptakan sesuai ketentuan yang anda isikan.

Bagaimana perintah cmd untuk membuat user di Windows? Format perintahnya adalah: net user username password /ADD. Jadi misalnya seperti ini kalau ingin mengeksekusinya: net user uTekno uteknocom /ADD.
cmd-add-new-user-account

Untuk memberikan nama lengkap penggunanya formatnya adalah net user username password /ADD /FULLNAME:”Nama Pengguna”. Contohnya: net user uTekno uteknocom /ADD /FULLNAME:”UTEKNO COM”.

Bila anda ingin memperbolehkan user tersebut mengganti passwordnya maka gunakan format perintah ini: net user username password /ADD /PASSWORDCHG: YES. Bila tidak ingin password akun tersebut diubah – ubah maka ganti nilainya menjadi NO.

Silahkan referensikan gambar diatas bagaimana pengetikan perintah command promptnya. ?Oh ya jika muncul pesan kesalahan “System error 5 has occurred. Access is denied.” ini berarti anda tidak memiliki hak administrator untuk menjalankan perintah tersebut.

Semoga bermanfaat. 🙂

6 pemikiran pada “Cara membuat User Account Windows lewat command prompt”

    • Itu kalau mas coba eksekusi potongan kode dari link diatas maka akan membuat myUsername1 sampai myUsername 100 mas. Tinggal diadaptasikan saja dengan kebutuhan anda.

Tulis komentar...