Cara mengatasi “System error 5 has occurred. Access is denied.”

Advertisements

Ada beberapa jenis perintah di command prompt yang kalau dijalankan akan muncul pesan error “System error 5 has occurred. Access is denied.“. Penyebabnya sederhana, anda tidak memiliki hak akses (permissions) yang cukup untuk mengeksekusi perintah cmd tersebut. Bagaimana cara mengatasinya?

Solusinya sendiri aslinya cukup mudah juga, anda tinggal mengganti user account Windows anda menjadi administrator. Kalau anda enggan melakukan pertukaran login akun user Windows yang sedang aktif maka bisa menggunakan cara berikut:

Advertisements
  1. Klik tombol Start atau tekan tombol Windows.
  2. Cari command prompt dengan mengisikan cmd pada kotak pencarian.
  3. Nanti akan muncul hasilnya cmd.exe dalam bagian Programs di Start Menu.
    windows-7-start-menu-cmd-elevated-privileges
  4. Silahkan klik kanan dan pilih Run as administrator.

Cara diatas akan menjalankan command prompt dengan hak akses lebih tinggi (elevated privileges) dan masalah yang anda alami saat mengeksekusi perintah cmd akan berhasil diatasi.

Semoga bermanfaat. 🙂

Advertisements

8 pemikiran pada “Cara mengatasi “System error 5 has occurred. Access is denied.””

    • Ini di Windows apa mas? Menjalankan command prompt atau program lain? Yakin user yang dipakai ada hak administratornya?

  1. saya ingin bertanya, saya sudah melakukan apapun dari mulai mengganti hingga add akun administrator, tapi semuanya tetap ga bisa, dan akun saya sekarang tinggal local user saja, gimana ya supaya bisa administrator nya

    Balas

Tinggalkan komentar