Cara memulihkan backup database MySQL di cPanel

Membuat backup website beserta databasenya merupakan hal yang wajib dilakukan, jangan sampai saat terjadi musibah dan anda ingin memulihkan situs anda malah tidak ada cadangannya. Kalau yang rusak hanyalah konten situs anda dan tersimpan dalam database MySQL di cPanel maka asalkan anda rutin membuat backup akan bisa diselamatkan.

Siapkanlah terlebih dahulu file .sql hasil backup anda sebelumnya, bila anda tidak memilikinya berharaplah kalau web hosting yang anda gunakan rutin membuatnya dan mintalah melalui support (mungkin bisa sekalian minta direstore backupnya, bila tidak bisa lakukan saja sendiri).

Setelah itu silahkan akses cPanel website anda dan geser ke bagian Databases, silahkan akses database MySQL anda melalui phpMyAdmin.
cpanel-databases
Pindahkan ke tab Import, isikan dengan nama file backup database anda. Ini bisa dengan ekstensi .sql, .bz, .zip, .tar, .gz. Kalau sudah klik saja Go.
cpanel-phpmyadmin-import

Misal ada nama database yang sama nanti akan ditanyakan apakah ingin menimpanya (overwrite). Saya anjurkan gara dibackup dulu sebelumnya dan dihapus saja. Proses restore database backup ini cepat kok, tidak sampai 5 menit.

Kemudian anda bisa mengecek apakah website anda sudah kembali seperti sedia kala.

Tulis komentar...