Cara menampilkan Internet, LAN, dan Wireless di modem TP-LINK

Ada hal aneh yang terjadi pada modem WiFi saya (TP-LINK TD-W8151N) bawaan Telkom Speedy, yaitu tiba – tiba menu Wireless yang biasa ada pada Interface Setup lenyap. Bagaimana mau setting hotspot kalau tidak bisa diakses halaman konfigurasinya.Agak kelabakan juga, walau jaringan wireless saya bisa digunakan tapi tidak bisa mengubah nama SSID atau password WiFi yang dipakai.

Untungnya setiap halaman konfigurasi yang terdapat dalam Interface Setup bisa dibuka secara manual. Silahkan akses halaman administrasi modem terlebih dahulu atau langsung saja ketikkan alamat berikut dengan user admin (kalau lupa passwordnya bisa mencoba admin sebagai passwordnya).

tp-link-basic-home-wlan-htm

  • Internet – http://192.168.1.1/basic/home_wan.htm
  • LAN? (Local Area Network) – http://192.168.1.1/basic/home_lan.htm
  • Wireless – http://192.168.1.1/basic/home_wlan.htm

Ini dengan asumsi anda menggunakan modem TP-LINK dan alamat modemnya adalah 192.168.1.1, kalau IPnya berbeda bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan. Tidak ada jaminan kalau cara ini bisa dipakai pada modem bawaan Telkom Speedy merek lain (setahu saya ada merek Huawei dan ZTE).

Oh ya saya sangat menyarankan untuk mengganti password admin anda supaya tidak mudah disabotase orang iseng, dan kalau ini modem bundling Speedy maka matikan sekalian tambahan user defaultnya.

12 pemikiran pada “Cara menampilkan Internet, LAN, dan Wireless di modem TP-LINK”

    • Halo Supri, anda menggunakan modem TP-LINK apa ya? Walau saya tidak bisa menjamin akan berhasil pada semua jenis modem TP-LINK tapi dari beberapa varian selama ini bisa dilakukan.

    • Halo Andika, anda ganti password WiFi atau ganti password modem mas? Lain lho. Kalau WiFi kan tidak ada usernamenya. Ini modemnya apa ya?

    • Halo Mustakim, pakai modem TP-LINK tipe apa ya mas? Menu Wireless/WLAN/WiFi tidak ada di bagian Network?

  1. Gan, modem sya masalahnya sama kayak diatas. udah di seting kayak diatas juga tpi pas di save kok ttp berubah jdi kayak sebelumnya ya. modemnya TP-Link TD W8151N

    Balas
    • Halo Akbar, lah sama mas. Entah kenapa permanen hilangnya dari menu, tapi bisa diakses manual kalau tahu linknya.

    • iya kalau masalah hilangnya masih bisa diakali gan. cuma pas pake manual, diganti setingannya, pas di save malah balik lgi ke setingan awalnya. mohon pencerahannya gan.

  2. Ka tp link saya TD W8151N masalahnya SSID nya gak muncul pas di cari di pengaturan WIFI, Trus saat saya seting wireless nya gak muncul, tolong di bantu ka? 🙏🙏🙏

    Balas

Tulis komentar...