Solusi main game multiplayer LAN lewat internet

Advertisements

Namanya sudah di dunia kerja biasanya banyak grup alumni di WhatsApp, ya ceritanya tidak jauh-jauh dari nostalgia. Jaman kuliah dulu sering main multiplayer offline seperti Counter Strike dan Warcraft 3 di lab kampus. Eh ada yang share screenshot gamenya, walau sudah bertahun-tahun akhirnya gatel pingin main bareng lagi.

Game modern sekarang tinggal install Steam dan main gamenya saja. Tapi feelnya beda kalau dibandingkan jaman jadul dulu. Akhirnya cari solusi buat main game LAN tapi online, karena jelas lokasi teman-teman sudah berpencar kembali ke kampung halaman atau merantau.

Niatnya sih pakai Hamachi, tapi ketemu aplikasi lain yang ga kalah mudahnya: ZeroTier. Bikin akun dulu disana, dan buat jaringannya. Catat Network IDnya, ini nanti digunakan untuk bergabung ke jaringan Virtual LANnya.

zerotier central

Advertisements

Setting defaultnya bisa dibiarkan, tapi kalau ga nyambung-nyambung ke server teman coba ganti Access Control dari Private ke Public.

Tahap selanjutnya adalah install aplikasi ZeroTier, ini linknya yang Windows.

Setelah terpasang, cek iconnya di taskbar. Klik kanan dan pilih Join Network, masukkan Network ID sebelumnya. Catatan saja, kalau firewall Windows muncul jendela setting beri centang untuk keduanya di Public dan Private Network.

counter striker zerotier

Setelah itu ya jalankan gamenya, dalam hal ini Counter Strike: Source. Teman sudah bikin room dan yang lain tinggal find server saja kemudian join. Kelar cerita.

Untuk melihat PC/laptop yang sudah bergabung bisa dicek pada manajemen akun ZeroTier. Nanti ada daftarnya, bisa diberi nama biar ga bingung.

Sekian dan semoga membantu usaha nostalgia mabar bareng teman seperjuangan dulu. 😀

Advertisements

Tinggalkan komentar