Cara mendapatkan Client ID dan Secret di Google

Mempermudah akses pengunjung untuk mendaftarkan diri bisa dengan memanfaatkan fitur login melalui akun social media seperti Facebook, Twitter dan Google Plus. Untuk mengintegrasikan layanan eksternal seperti Google supaya bisa masuk ke website atau layanan online yang sedang dibuat maka anda memerlukan dua informasi: yaitu Client ID dan Client Secret.

Bagaimana cara mendapatkan Google Client ID dan Client Secret? Anda bisa mengawalinya dengan membuka halaman Google Developers Console, kemudian klik New Project.
google-developers-console

Jendela popup New Project akan muncul, silahkan isi nama proyek dan idnya (secara default akan dibuat acak, tapi bisa diganti), selanjutnya klik Create untuk membuatnya dan tunggu prosesnya sampai selesai – tidak lama kok.
google-developers-console-new-project
Perhatikan pada sidebar di sebelah kiri dan buka menu APIs & auth, kemudian klik Credentials. Akan ada bagian bernama OAuth, silahkan klik Create New Client ID.
google-developers-console-oauth

Akan muncul jendela popup untuk mengatur settingnya:

google-developers-console-create-client-id

  1. Silahkan pilih jenis aplikasinya dahulu (Web application untuk website atau layanan yang diakses melalui browser, Service account apabila layanan anda otomatis menghubungi Google API tanpa melewati pengguna, dan Installed application apabila ini untuk aplikasi desktop atau handphone dan tablet.).
  2. Selanjutnya isikan alamat website dimana kode JavaScript akan dipanggil, kalau bingung isikan saja nama domain dari situs anda.
  3. Sedangkan dibawahnya akan terisi otomatis berdasarkan alamat situs yang anda isikan, tapi bisa anda ubah kalau berbeda dengan konfiguras situs anda. Fungsinya untuk mengalihkan pengunjung ke halaman tertentu setelah berhasil login menggunakan akun Google.
  4. Jika sudah yakin klik saja Create Client ID.

Tepat di halaman yang sama akan muncul informasi mengenai Client ID dan Client Secret yang anda cari dan butuhkan.

google-developers-console-client-id-for-web-application

 

Setelah itu tinggal anda copy-paste ke layanan yang membutuhkannya untuk integrasi Google. Saya sendiri menggunakannya untuk memasang login Google ke forum berbasis XenForo.

4 pemikiran pada “Cara mendapatkan Client ID dan Secret di Google”

  1. terimakasih artikelnya sangat membantu, dari kemarin saya cari artikel tentang ini gak ketemu2 yg ada cuman login facebook doang
    tapi alhamdulillah udah ketemu sekarang.

    Balas
  2. ko saya ga bisa-bisa ya mas… dah gue coba gagal terus… tapi makasih dah buat tutprial nya mas.. tutornya lengkap bgt dgn gambar…

    Balas

Tulis komentar...