Cara mendapatkan Web Hosting gratis dari idHostinger

Memiliki sebuah domain sendiri sudah mengeluarkan biaya (kecuali anda menggunakan domain gratis dari Freenom) dan tentu sudah wajib hukumnya anda menggunakan web hosting untuk membangun sebuah website. Kalau anda masih dalam tahap belajar membuat situs, maka tidak salah anda mencari domain dan web hosting murah atau malah gratis. Untungnya terdapat beberapa penyedia hosting gratis, salah satunya adalah idHostinger.

idHostinger merupakan penyedia jasa web hosting gratis di Indonesia yang cocok bagi anda yang ingin menekan biaya pengeluaran untuk pembuatan website atau blog, maupun digunakan sebagai sarana belajar saja. Langsung saja kunjungi situs idHostinger untuk mendapatkan hosting tanpa biaya untuk anda.
idhostinger

Kemudian klik Order Sekarang atau Buat Akun, selanjutnya isikan data diri anda untuk mendaftarkan akun idHostinger.
idhostinger-order

Setelah itu anda akan otomatis membuka dashboard dari idHostinger, tapi jangan lupakan untuk aktivasi akun anda melalui link yang terdapat dalam email yang dikirim ke anda.
idhostinger-dashboard

Kemudian klik Hosting Baru untuk membeli hosting di idHostinger. Tipe hosting ini adalah shared hosting. Pilih paket hosting yang gratis, fiturnya sendiri sudah dirasa cukup bahkan berlebih untuk penggunaan website standar.
idhostinger-shared-hosting-plan

Anda bisa mengubah tipe domain yang digunakan, apakah domain utama atau menggunakan subdomain yang disediakan idHostinger, kemudian klik Continue.
idhostinger-enter-domain-and-password

Setelah itu adalah halaman konfirmasi order, setelah yakin klik saja Order.
idhostinger-konfirmasi-order

Maka anda akan langsung dialihkan ke halaman panel hosting yang baru saja anda buat. Informasi lebih detail akan didapatkan melalui email yang dikirimkan ke alamat anda.
idhostinger-hosting-panel

Kalau anda menggunakan domain sendiri maka jangan lupa arahkan dulu nameserver domain anda ke idHostinger:

  • Nameserver 1: ns1.idhostinger.com 31.170.163.241
  • Nameserver 2: ns2.idhostinger.com 64.191.115.234
  • Nameserver 3: ns3.idhostinger.com 173.192.183.247
  • Nameserver 4: ns4.idhostinger.com 31.170.164.249

Pantau proses propagasi DNS kalau domain anda masih belum mengarah ke hosting, ini bisa memakan waktu beberapa menit sampai jam.

Selanjutnya silahkan anda mulai berkreasi dalam mengembangkan website anda, mulai dari HTML, CSS, PHP, dan MySQL bisa digunakan disini. Berbagai jenis CMS seperti WordPress, Joomla, dan Drupal malah bisa diinstall dengan satu klik menggunakan AutoInstaller.

6 pemikiran pada “Cara mendapatkan Web Hosting gratis dari idHostinger”

    • Asalkan ada minimal 2 pengunjung dalam 1 bulan aman kok mas, kalau akan dihapus nanti diberi notifikasi lewat email untuk mengaktivasi manual.

  1. Hari ini masih saja menggunakan hosting gratis, pasti ada batas limitnya.
    Kalau saya lebih suka pakai hosting dengan bandwidth unlimited dari unmetered.co.id, sehingga kita tidak kepikiran dan resah kehabisan kuota.

    Balas
    • Biasanya yang masih baru dan ingin belajar bikin website carinya yang paling rendah biayanya mas. Dan gratis kalau bisa. 😀

  2. Terima kasih informasinya mas… Saya bookmark dulu info hosting gratis nya dari mas, sebab selama ini saya masih pakai trial hosting gratis di unmetered.id / unmetered.co.id group,
    Apakah itu info hosting gratis diatas yang diulas mas nya itu berlaku selamanya, atau hanya beberapa bulan saja??

    Balas

Tulis komentar...