Cara menemukan handphone Android yang hilang

Kita memang sudah dapat melacak lokasi perangkat Android kita melalui Android Device Manager yang sudah disediakan oleh Google, bahkan kita tidak perlu menginstall aplikasinya karena sudah terintegrasi dalam Google Play Services. Fitur ini sangatlah berguna untuk mengetahui posisi handphone yang hilang atau dicuri, cukup akurat kok dari pengalaman saya mencobanya.

Tapi sekarang penggunaan fitur ini menjadi lebih mudah lagi karena kita bisa melakukannya dari Google.com atau Google.co.id, syaratnya hanya satu: anda harus dalam keadaan login ke akun Google dahulu. Terus bagaimana cara mencari ponsel Android dalam halaman penelusuran Google? Mudah saja kok dan cukup cepat proses pelacakannya, ketikkan saja kata kunci “Find my phone” kedalam kotak pencarian.
google-search-find-my-phone
Nanti akan muncul kotak berisi Google Maps dan permintaan verifikasi akun dengan melakukan proses sign-in lagi. Kalau sudah maka Google akan berusaha melacak posisi handphone anda sekarang dan menampilkannya didalam peta. Disini saya mengecek posisi ASUS Zenfone 5 saya dan benar saja cukup akurat hingga belasan meter.

Bahkan anda bisa membunyikan ringtone dari perangkat mobile Android anda dari sini, klik saja Ring dan tidak lama kemudian akan muncul suara nada dering anda untuk membantu menemukan pastinya dimana atau berada di tangan siapa.
google-android-device-manager

Misal anda klik peta yang muncul akan ada 3 opsi dalam halaman Android Device Manager, yang pertama (Ring) adalah sama – sama membunyikan ringtone hp, kedua (Lock) adalah mengunci handphone supaya tidak bisa digunakan, dan yang ketiga (Erase) adalah menghapus semua data yang tersimpan dalam perangkat Android tersebut.

Semoga handphone anda berhasil ditemukan dan kembali dengan selamat di tangan. 🙂

Tulis komentar...