Cara menerjemahkan PDF bahasa Inggris

Sudah lama saya tidak berurusan dengan jurnal ilmiah, apalagi pekerjaan saya tidak berhubungan dengan edukasi. 😀 Tapi beberapa hari ini – mungkin mengejar deadline – ada kenalan semasa kuliah yang sedang melanjutkan studi S2 yang minta bantuan untuk mencarikan cara termudah dan tercepat untuk menerjemahkan dokumen PDF dalam bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Secara gratis tentunya.

Kalau menerjemahkan sendiri sih bisa saja, tapi capek juga ngetiknya. Bayar jasa orang juga bertambah biaya tidak terduganya. Karena yang diminta itu bukanlah translasi akurat 100% maka menggunakan mesin terjemahan seperti Google Translate atau Bing Translate juga bisa. Yang penting dapat esensi isi artikelnya. Dan kalau ingin format PDFnya masih utuh masih ada metode lain yang bisa dicoba. Asalkan jumlah halamannya tidak lebih dari 10 lembar, kalau lebih maka perlu cara alternatif.

Bagaimana solusinya? Yang kita manfaatkan adalah Google Drive dan hampir pasti setiap orangnya punya karena otomatis dapat setelah daftar Gmail, apalagi anda menggunakan handphone Android. 😀 Sederhana kan?

google-drive-pdf-open-with-google-docs

Tinggal kita upload file PDFnya saja dan kemudian klik kanan pilih Open With menggunakan Google Docs. Oh ya, kalau tidak ada opsi ini berarti belum disambungkan aplikasinya ke akun Gmail anda. Tinggal tambahkan saja.

Setelah PDFnya terbuka pada browser maka langkah selanjutnya adalah buka menu Tools dan pilih Translate documents.

google-docs-tools-translate-document

Pilih bahasa Indonesia dan proses konversi akan berjalan otomatis. Akan otomatis disimpan dengan nama file baru dalam Google Docs anda.

google-docs-translate-into-indonesia

Terjemahannya akan otomatis terbuka pada tab baru. Dengan memanfaatkan Google Drive/Docs untuk proses translate PDF dari Inggris ke Indonesia selain diterjemahkan dengan tingkat sampai bisa dibaca dan didapatkan inti pembahasan juga otomatis dibuatkan dokumen yang bisa diedit. Jadi kita bisa langsung membetulkan kata dan kalimat yang dirasa kurang tepat dan tidak nyambung.

google-docs-translated-to-indonesia

Ya bisa juga sih digunakan untuk tugas sekolah/kuliah menterjemahkan artikel asalkan masih kita edit, kalau tidak ya tetap saja kelihatan tidak sempurna. Tapi setidaknya hasil konversi memiliki kualitas lebih baik dibandingkan TransTool. Lebih praktis lagi. Hehe. 😀

Oh ya, walaupun saya membahas PDF tapi upload file Word (*.doc, *.docx) atau jenis dokumen lain juga bisa kok. Tetap dikenali oleh Google Docs dan proses selanjutnya sama saja.

2 pemikiran pada “Cara menerjemahkan PDF bahasa Inggris”

  1. Assalamualaikum…
    Terimakasih sekali! Ini ngebantu banget panduannya, soalnnya lagi butuh butuh banget nih referensi dari jurnal international dan dengan cara ini aku gak harus nerjemahin pdf nya dulu. Jadi bisa mempermudah kerjaan nih~ hehehe
    Kalo boleh saran nih… biar pembaca lain gak pusiang (hehehe) boleh nih dikasih nomer setiap step by step nya, kalo penyampaiannya udah asyik kok gak bikin bosen dan mudah di pahami 🙂
    ~ mampir juga ke seputarsenja.wordpress.com

    Balas

Tulis komentar...