Cara mengaktifkan Two-Factor Authentication di akun Google

Two-Factor Authentication (2FA) adalah fitur keamanan akun online dimana kita akan melakukan verifikasi identitas sebanyak minimal 2 kali, ini biasanya dikombinasikan dengan password dan kode khusus melalui SMS. Singkatnya walaupun ada orang yang tahu apa password akun Google anda tapi tidak akan bisa mengaksesnya selama tidak tahu apa kode verifikasi melalui sistem 2FA, dan kode ini berbeda setiap kali dibuat dan hanya berlaku dalam waktu singkat.

Jelas sudah manfaatnya kan? Saya yakin anda membayangkan proses sign-in ke layanan Google seperti Gmail. Android atau Google Drive akan menjadi ribet. Ya, memang pada awalnya akan repot tapi nanti bisa didaftarkan perangkat yang anda gunakan supaya tidak perlu melakukan verifikasi setiap kali mengakses akun anda.

Tertarik? Untuk mengaktifkan Two-Factor Authentication milik Google langsung saja kunjungi halaman Signing-in with 2-step verification dan klik Start Setup.
google-accounts-2-step-verification
Kemudian isikan nomor handphone anda, bila dulu anda pernah mendaftarkan nomor pribadi anda dalam akun Google maka akan otomatis muncul. Selanjutnya pilihlah proses verifikasi apakah melewati pesan teks (SMS) atau suara (Voice Call).
google-2fa-set-up-your-phone
Setelah itu segera isikan kode yang didapatkan untuk melakukan verifikasi, panjangnya adalah 6 digit.
google-2fa-verify-your-phone
Tidak ingin direpotkan oleh kode verifikasi setiap kali ingin mengakses layanan Google? Maka masukkan komputer atau perangkat pribadi yang anda pakai dalam daftar kepercayaan dan tidak akan ditanyakan verifikasi identitas lagi. Harap anda aktifkan hanya untuk perangkat yang anda miliki pribadi dan tidak bisa digunakan oleh orang lain.
google-2fa-trust-this-computer
Terakhir adalah apakah konfirmasi anda ingin mengaktifkan proses 2-step verification untuk akun Google anda. Ya, proses – proses sebelumnya adalah untuk memverifikasi kepemilikan nomor telepon seluler anda dan perangkat – perangkatnya.
google-turn-on-2-step-verification

Kalau anda menggunakan akun Google tersebut dalam Android maka akan langsung terputus dan perlu melakukan sign-in ulang. Disini proses 2FA sudah aktif anda perlu mengisikan kode verifikasinya, kalau tidak ingin ditanyai lagi maka masukkan dalam daftar kepercayaan setelah proses sign-in.

Saya sangat menganjurkan untuk menghidupkan fitur Two-Factor Authentication di Google karena data pribadi merupakan hal yang sangat penting dan bersifat pribadi sehingga jangan sampai ada orang lain yang bisa mengakses tanpa ijin. Kalau anda curiga ada orang yang mengakses akun Google anda tanpa ijin bisa melihat catatannya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...