Cara mengatasi “No network access” di Windows

Yah… niat ingin online malah muncul masalah lain di Windows, hal ini saya alami baru – baru ini. Tiba – tiba saja muncul icon network dengan tanda seru kuning di pojok kanan bawah dilengkapi pesan “Unindentified Network – No Network Access”. Wah… runyam benar akhir minggu waktu bersantai kok malah muncul musibah.

Agak merepotkan juga sebenarnya karena tidak ada cara mudah memastikan ini dikarenakan apa rusaknya. Jadi tidak ada jaminan cara mana yang pasti berhasil. Sedangkan pesan No Internet Access jelas muncul bagaimana caranya ada akses internet jika kita sendiri tidak bisa terhubung ke jaringan.
windows-7-no-network-access

Nah… silahkan coba beberapa solusi berikut untuk memperbaikinya.

Restart modem

Ini yang paling mudah, siapa tahu setting modem anda bermasalah. Matikan sebentar atau beberapa lama, dan baru dinyalakan lagi. Malah cara ini yang paling sering berhasil, mungkin ada yang salah pada konfigurasinya dan perlu direstart akhirnya baru benar kembali.

Reset konfigurasi TCP/IP

Setting koneksi jaringan bukan hanya ada di modem atau router, anda perlu memperhatikan isi konfigurasi TCP/IP di Windows. Kalau anda sudah menyerah mungkin mereset setting TCP/IP Windows bisa menjadi solusinya.

windows-7-tcp-ip-properties-dhcp-disabled

Gunakan hanya satu jaringan

Kalau anda terhubung dengan beberapa jaringan sekaligus seperti WiFi dan LAN, maka coba matikan salah satunya dulu. Masalah ini bisa diakibatkan konflik jaringan yang aktif.

Masih belum berhasil? Aktifkan Bridge Connection untuk network yang anda gunakan.
windows-7-network-adapter-bridge-connections

Matikan dan hidupkan kembali Network Connections

Alternatifnya pada Network Connections, anda bisa mencoba mematikan kartu jaringan yang aktif dengan klik kanan dan pilih Disable, setelah itu langsung nyalakan kembali dengan memilih Enable.

windows-7-network-connections

Lainnya

Pastikan memang Windows anda yang bermasalah, coba pasangkan modem anda di komputer lain. Kalau memang pasti di komputer anda selanjutnya cek kabel, LAN card atau WiFi card yang dipasang, coba diletakkan di port lain.

Semoga berhasil. 🙂

2 pemikiran pada “Cara mengatasi “No network access” di Windows”

Tulis komentar...