Cara mengatasi “Potentially malicious website blocked” di Malwarebytes Anti-Malware

Bagi anda pengguna software keamanan komputer Malwarebytes Anti-Malware (MBAM), sejak mengeluarkan versi terbarunya maka ada fitur baru yaitu untuk memblokir situs – situs yang dianggap berbahaya. Hal ini merupakan suatu fungsi yang sangat berguna untuk mencegah komputer kita dibajak virus atau berhasil diinfeksi karena sembarangan membuka link website. Tapi ada kalanya situs yang dikunjungi memang dibutuhkan dan karena anda yakin tidak ada resiko apapun maka bisa anda matikan saja perlindungan ini.

Pesan lengkap error saat membuka website karena diblok oleh MBAM adalah sebagai berikut:

malwarebytes-potential-malicious-website-blocked
Malwarebytes Anti-Malware
Potentially malicious website blocked,
protecting you from hackers and cyber criminals.

Masalahnya tidak ada keterangan bagaimana bisa melewati atau mengakses url tersebut. Karena itulah saya menuliskan bagaimana caranya menonaktifkan proteksi website berbahaya, dan ada 2 cara yang bisa anda gunakan. Silahkan buka dulu program Malwarebytes Anti-Malware.

malwarebytes-anti-malware-v2

Memasukkan alamat website dalam pengecualian

Dari tampilan dashboard MBAM pindahkan tab ke Settings, dan pilih Web Exclusions.
malwarebytes-anti-malware-web-exclusion

Klik Add Domain untuk memasukkan nama domain atau url website yang sebelumnya diblokir dalam pengecualian. Opsi lainnya adalah Add IP untuk alamat IP dan Add Process untuk proses aplikasi. Isikan alamat websitenya dan klik OK.
malwarebytes-anti-malware-add-domain-exclusion

Selanjutnya situs tersebut akan bisa dibuka tanpa adanya halangan dari MBAM lagi.

Mematikan perlindungan dari website jahat

Alternatifnya kalau anda malas memasukkan setiap website yang dicurigai berbahaya pada daftar whitelistnya maka anda bisa menonaktifkannya dengan mudah. Kembali pada bagian Settings Malwarebytes Anti-Malware, kemudian pilih Detection anda Protection. Pada bagian Malicious Website Protection ubah opsinya dari Enabled menjadi Disabled.

malwarebytes-anti-malware-detection-and-protection

Kalau menggunakan cara ini sebenarnya saya sangat tidak menyarankan karena ini bisa mengancam keamanan Windows kalau tidak digunakan secara hati – hati dan sadar.

Tulis komentar...