Fing: Mengetahui perangkat apa saja yang terhubung WiFi

Kali ini saya ingin memperkenalkan sebuah aplikasi Android yang bisa dikatakan wajib terinstall di handphone. Fungsinya? Untuk mengetahui perangkat apa saja yang terhubung ke jaringan WiFi. Daripada kita repot – repot mengecek modem WiFi untuk melihat jumlah klien yang tersambung dan itupun juga cuma ditambahkan keterangan alamat IP dan MAC Addressnya. Jadi tidak terlalu jelas juga kalau mau tahu itu perangkat apa.

Kita bisa mengetahui setiap perangkat yang ada dalam hotspot dan lebih mendetail informasinya dengan memakai Fing. Tinggal anda jalankan dan aktifkan WiFi handphone Android anda tentunya, kemudian bergabunglah terhadap jaringan nirkabel yang ingin anda periksa.
fing
Proses scan network devicenya akan berlangsung sesaat, tidak lama kok. Tidak lama setelahnya akan muncul daftar perangkat yang berhasil dideteksi.

Tampilan dasarnya adalah alamat IP, MAC Address dan nama atau merek perangkatnya. Jadi kita dapat dengan mudah melakukan identifikasi apakah ini laptop atau handphone misalnya.

Tentu saja kita dapat menganalisa perangkatnya lebih jauh, tap saja pada salah satu entry dalam daftar perangkat dan akan muncul informasi detailnya. Misal ini komputer anda bisa melakukan scan service apa saja yang aktif, misal FTP, SAMBA atau Active Directory tapi Fing tidak bisa mengaksesnya lho – harus menggunakan aplikasi lain yang mendukung Fing. Menguji konektivitas antar perangkat juga bisa dites melalui ping dari sini.
fing-wireless-device
Terakhir adalah diagnosa jaringan wirelessnya, tap saja pada nama SSID WiFi yang anda gunakan. Hasilnya? Akan muncul profil dari hotspot tersebut.
fing-wireless-network
Mulai dari alamat IP modem/router WiFi, IP address dari Gateway, DNS server yang digunakan, Broadcast SSID, kecepatan atau bandwidth wireless, apakah ada akses internet, dan kadang akan dikenali juga apa ISP yang digunakan dan alamat jaringan interentnya. Wah… cukup lengkap bukan? Ini masih versi gratisnya lho, nanti kalau anda sudah upgrade ke versi Fing berbayar akan ada fitur log dan sinkronisasi online.

Singkat cerita anda yang sering berurusan dengan jaringan komputer dijamin terbantu menggunakan aplikasi Android satu ini, dari sekedar melihat daftar perangkat yang aktif dalam hotspot sampai melakukan pemeriksaan mendetail setiap perangkat yang ada. Fing pastilah bermanfaat. 🙂

9 pemikiran pada “Fing: Mengetahui perangkat apa saja yang terhubung WiFi”

  1. artikel bagus ,,,ow ya ,mau tanya ,apa ada aplikasi untuk scan hp/lptop …soalnya dkmpung trpasang wifi..pada dibobol…mksd sya pembtasan hanya untuk hp dan lptop yang di dftrkan yng bisa mengakses wifi trsebut,,,trims

  2. ada nggak ya aplikasi yg bisa membagi jatah kuota inet di wifi? jd mksdnya gini. sy punya kartu tri yg punya ‘jatah’ kuota 2 gb perhari (anggaplah 2000 mb/hari). kartu tsb sy pakai di modem mifi yg dipakai 5 gadget (a,b,c,d,e). masing2 gadget sy jatah 400 mb sehari. jika gadget ‘b’ sdh pakai 400 mb, maka aplikasi tsb lgsg meng’cut’ koneksi wifinya. walo wifinya msh on, tp ga bs dipake buat internetan. sdgkan gadget lain yg jatahnya blm sampe 400 mb msh bs internetan. aplikasi tsb diinstal di gadget utama (gadget ‘a’). ada gak ya aplikasi yg fungsinya spt itu?
    tq

Tulis komentar...