Cara mengatur prioritas download file di uTorrent

Pernah kan mendownload torrent yang berisi lebih dari satu file? Biasanya ini adalah kumpulan film atau video yang memiliki banyak episode. Secara default pasti uTorrent akan mengunduh segmen file secara acak, jadi tidak dapat dipastikan yang mana yang bakal selesai lebih dahulu.

Hal ini berbeda dengan menggunakan sistem antrian download uTorrent yang akan mengatur urutan download per torrent, bukan isinya. Nah… sebenarnya anda bisa mengatur prioritas file mana saja yang akan didulukan, jadi anda bisa mendapatkan file yang selesai didownload kurang lebih urut.

Silahkan buka saja aplikasi uTorrent, pilih torrent yang sedang aktif proses downloadnya. Perhatikan pada tab Files, lakukan klik kanan pada file yang ingin dipercepat downloadnya dan pilih Priority > High untuk prioritas tertinggi, sedangkan prioritas kedua adalah normal, dan terakhir adalah low. Sedangkan skip adalah file tersebut tidak didownload atau dilewati saja.

utorrent-files-priority

Jadi file – file yang memiliki prioritas tinggi akan difokuskan transfer datanya oleh uTorrent, kedua baru yang normal, dan low adalah yang paling akhir. Setting uTorrent semacam ini sangat cocok untuk mendownload film berseri secara berurutan, jadi episode 1 adalah high, kemudian 2 adalah normal, dan 3 adalah low. Nanti saat episode 1 selesai maka tidak lama kemudian episode 2 akan selesai dan seterusnya.

Cukup membantu bukan? 🙂

Tulis komentar...