Cara mengetahui dimana gempa bumi dirasakan di Indonesia

Inspirasi tulisan ini saya dapatkan karena kemarin malam ada gempa bumi (atau lindu bahasa jawanya) yang saya rasakan di Malang, setelah yakin aman saya penasaran asal dan dimana saja gempa bumi ini dirasakan di Indonesia.

Bedanya dengan cara mengetahui gempa bumi terbaru di Indonesia adalah lokasi dimana saja efek gempa dirasakan dan berapa tingkat kekuatan gempa bumi tersebut di berbagai daerah atau kota. Karena pada informasi gempa bumi terkini dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) yang diperlihatkan adalah waktu terjadinya gempa, titik pusat gempa, kekuatan gempa dalam skala Richter, kedalaman titik gempa, dan areanya.

bmkg-gempa-bumi-terkini

Sedangkan informasi gempa bumi dirasakan yang juga dari BMKG menambahkan keterangan mengenai gempa yang baru saja terjadi, dan dimana saja gempa tersebut dapat dirasakan dengan skala kekuatannya (dalam satuan Richter) untuk masing – masing daerah. Daftar gempabumi yang ditampilkan juga dibatasi sebanyak 20 yang terbaru, kalau di bagian gempa bumi terkini batasannya adalah 60.
bmkg-gempa-bumi-dirasakan

Dapat dilihat bahwa gempa bumi yang terjadi kemarin malam di daerah Malang juga terasa sampai di Yogyakarta, Karangkates, Denpasar, Nusa Dua dan Kuta. Rata – rata kekuatannya (Magnitude) antara 2 atau 3 skala Richter.

Kecepatan update informasi BMKG cukup cepat tapi bukan instan saat itu juga, saya sendiri menunggu kurang lebih 15 menit sejak gempa tersebut terjadi di Malang.

Tulis komentar...