Cara mengetahui apa dosa alamat IP anda

Setiap perangkat yang terhubung ke internet akan memiliki sebuah alamat IP publik dan kalau anda menggunakan ISP baik Speedy, Innovate, atau operator seluler akan diberikan secara dinamis atau selalu berubah. Misal anda ingin mencari sesuatu di Google muncul CAPTCHA, atau mengakses halaman situs muncul CAPTCHA CloudFlare, bahkan registrasi akun ditolak. Hal ini bisa jadi karena alamat IP publik yang diberikan ke anda memiliki dosa – dosa.

Saya mengangkat pembahasan kali ini karena sejak menggunakan Innovate seringkali muncul CAPTCHA untuk memverifikasi apakah saya manusia apa bukan. Karena saya yakin komputer saya tidak ada malware atau virus, browser juga setting default tanpa ada ekstensi atau addon aneh – aneh, apalagi saya online tidak memakai VPN atau Proxy – maka jelas penyebabnya ada di alamat IP. Sekedar asumsi sih waktu itu.

Segera saja saya cek di situs IPVoid dan saya masukkan IP address publiknya. Hasilnya? Benar saja terdeteksi adanya masalah pada 3 dari 40 dan dimasukkan kedalam database blacklist IP. 🙁
ipvoid-ip-address-information

Saya cek dibagian daftar layanan apa saja yang memvonis alamat IP yang saya gunakan berbahaya ternyata adalah karena pernah digunakan untuk spam email. Wah…
ipvoid-ip-blacklist-report

Solusinya? koneksikan ulang saja modemnya, restart juga bisa untuk mendapatkan alamat IP baru. Dan kalau anda mau bisa melaporkan hal ini ke penyedia layanan internet yang anda gunakan.

6 pemikiran pada “Cara mengetahui apa dosa alamat IP anda”

  1. Iya nih om… saya juga sering mengalami hal ini…terasanya pas mau komen di blog org… berulang kali disuruh verify captcha…tapi tetap saja gak ada respon

    Balas
  2. malam,saya sudah cek ip addressnya dan ada black list report 1 yaitu : spamhause
    saya sudah coba restart dan connectkan lagi wifi tapi tetap tidak bisa.
    saat saya buka di safari tetap minta masukan captcha, namun tetap tidak bisa menggunakan google di safari padahal captcha yang saya masukan sudah benar. dan saya sudah coba berkali-kali namun responnya tetap sama.
    saya membukanya di iphone, namun kalau saya buka di laptop semua berjalan lancar.
    mohon infonya, terimakasih.

    Balas
    • Halo Yuli, anda menggunakan ISP apa ya? Telkom/First Media/MyRepublic/MNC/Lainnya? Kemungkinan besar selain alamat IP yang bermasalah adalah ciri – ciri bot/malware yang dideteksi dari iPhone anda. Tidak menggunakan aplikasi semacam proxy atau vpn kan? Sudah coba browser selain Safari?

    • Harus kontak satu per satu ke layanan yang mencatat blacklist alamat IPnya mas. Repot. Lebih baik ganti IP saja yang bersih.

Tulis komentar...