Cara mengetahui email anda terkena blacklist dan penyebabnya

Email yang sebelum tidak bermasalah dan tiba -tiba tidak sampai atau gagal,hal ini mungkin disebabkan oleh nama domain, server atau website terkena blacklist. Blacklist ini bisa terjadi kalau ada kesalahan atau penyalahgunaan sumber daya untuk spam.

Kalau anda sering menggunakan domain atau server milik sendiri (bukan penyedia email umum seperti Yahoo, Gmail,atau Outlook) untuk mengirim email dan tiba- tiba hampir seluruh email anda tidak sampai atau gagal.

Bagaimana anda mengetahui bahwa website atau server anda terkena blacklist? Berikut adalah beberapa layanan yang bisa anda gunakan untuk mengetahui apakah domain, alamat ip, server atau situs anda terkena blacklist karena spam.

MXToolbox merupakan mesin pencari blacklist yang akan menampilkan alamat IP , apakah anda terkena blacklist pada bagian Status, dan alasannya bisa terlihat di tab Reason.
MX Toolbox

BlackListAlert menerima alamat IP atau nama domain anda untuk melakukan pencarian apakah termasuk dalam database blacklist, dan juga memberi informasi mengenai konfigurasi DNS anda..
BlackListAlert

DNSBL merupakan salah satu layanan dari WhatIsMyIPAddress yang biasa digunakan untuk mengetahui alamat IP atau domain anda. Tampilannya cukup sederhana, anda tinggal memasukkan alamat IP website anda dan akan dicek mengenai informasi blacklistnya.

DNSBL

 

2 pemikiran pada “Cara mengetahui email anda terkena blacklist dan penyebabnya”

  1. cara mengatasi nya bagaimana ya bos kalau sudah di blok begitu ? agar email saya bisa di terima lagi oleh gmail, yahoo dll. Terimakasih atas informasi nya bos.

    Balas
    • Halo, ini anda mengirimkan email menggunakan layanan email hosting apa? Yang gratis seperti Gmail dan Yahoo? Kalau memang ini ya tidak ada caranya karena sudah urusan yang menyediakan emailnya.

      Kalau anda menggunakan nama domain sendiri maka saya anjurkan untuk mensetting SPF dan DKIMnya. Memang agak teknis solusinya karena itu saya sarankan anda menggunakan layanan email seperti SendGrid, MXRoute, Mandrill, Zoho Mail dan masih banyak lagi.

Tulis komentar...