Cara mengetahui file apa saja yang menghabiskan bandwidth hosting di cPanel

Bandwidth merupakan hal yang patut diperhatikan selain kapasitas disk space hosting yang besar, karena percuma kalau disk space hosting anda besar tapi kuota bandwidthnya kecil. Kalau disk space berguna untuk menyimpan file – file terkait website anda, maka bandwidth berguna untuk jalur yang digunakan mengirim file – file tersebut ke pengunjung.

Apabila traffic website anda berkembang tentu penggunaan bandwidth dari hosting anda akan meningkat juga, anda dapat melihat penggunaan kuota bandwidth di cPanel. Sekarang bagaimana caranya melihat file – file apa saja yang diminta pengunjung anda dan berakibat tingginya penggunaan bandwidth hosting anda? Disini kita akan menggunakan Awstats untuk analisa penggunaan bandwidth, silahkan akses Awstats terlebih dahulu di cPanel website anda.
awstats-summary
Pada halaman Awstats silahkan geser kebawah dan cari tabel dengan judul File Type.
awstats-file-type

Disini anda bisa melihat file – file apa saja yang paling banyak direquest oleh pengunjung. Informasi ini sangatlah penting yang menentukan bagaimana anda mengatasi cepatnya habis kuota bandwidth hosting anda.

Anda bisa menanggulanginya dengan mengupgrade paket hosting anda, bila anda menghindari cara ini karena tidak ingin keluar biaya kembali ada cara alternatif yang bisa dilakukan. Contohnya bila file yang menghabiskan bandwidth anda kebanyakkan gambar, coba upload gambar tersebut ke layanan penyimpan gambar yang memiliki kemampuan direct link seperti imgur. Nanti link tersebut bisa dipasang di website anda.

Lain halnya bila ternyata file media anda seperti gambar, lagu dan video dibagikan di internet tanpa seijin anda dan masih menggunakan link ke website anda. Hal ini dinamakan hotlink, anda tidak mendapat keuntungan apapun tapi bandwidth anda terkuras karenanya. Untuk mencegahnya anda bisa melacak terlebih dahulu file – file apa saja yang dihotlink, kemudian mematikan kemampuan hotlink dari cPanel untuk melindungi bandwidth web hosting anda.

10 pemikiran pada “Cara mengetahui file apa saja yang menghabiskan bandwidth hosting di cPanel”

  1. Gan kalo ada robot yg ngabisin bandwith qt gimana cara nanggulanginya, saya liat di awstats “Unknown robot (identified by ‘bot’ preceded by a space or one of the following characters _+:,.;/\-) 168,657 877.37 MB 14 Jan 2016 – 13:03” makan BW 800MB

    Balas
    • Halo Teguh, anda tahu apa nama botnya mas? Harus spesifik soalnya kalau mau blokir bot menggunakan htaccess:
      BrowserMatchNoCase "nama_bot_disini" bots

      Order Allow,Deny
      Allow from ALL
      Deny from env=bots

  2. Hallo mas chandra utama, sebelumnya saya ucapkan terima kasih udah mau berbagi tutorialnya. Namun disini saya menanyakan file apa saja sih mas yang tidak berguna dan boleh dihapus di cpanel? karena mungkin file-file tersebut yang membuat quota hosting nya cepat habis mas.
    mohon bantuannya dan terima kasih.

    Balas
    • Halo Rudi, wah… saya hampir yakin jawabannya tidak ada mas. Kalau banyak menghabiskan bandwidth berarti memang populer dan dibutuhkan. 🙂 Isinya cPanel itu bisa dikatakan kosongan sebelum anda mengupload file – file websitenya.

      Untuk mengurangi konsumsi bandwidthnya bisa dicoba pakai CDN mas, yang gratis seperti CloudFlare, Incapsula, KloudSec.

  3. mau tanya donk mas,

    saya liat di awstat knp ya pada makan bandwidth gede2 smua ? ini listnya

    javascript 1.73 GB
    css 1.97 GB
    html 1.85 GB
    woff2 1.60 GB
    woff 1.31 GB

    Balas
    • Masalahnya itu semua dipakai mas. Wajar sekali jadinya. woff itu ekstensi font.

      Saran saya coba pakai CloudFlare atau Incapsula untuk menekan konsumsi bandwidth hostingnya.

  4. halo mas candra, kalau gambar kan kita upload ke layanan penyedia gambar, jika video yang memakan bandwicth banyak bagaimana solusinya ya mas. terima kasih

    Balas

Tulis komentar...