Cara mengetahui ukuran RAM melalui command prompt

Mengetahui berapa jumlah memori di Windows adalah yang mudah, bisa menggunakan system information atau DirectX Diagnostic Tool kalau tidak ingin menggunakan program tambahan seperti CPU-Z. Tapi kalau kasusnya adalah ingin mengetahui berapa besar RAM melalui command prompt maka anda perlu memahami apa perintahnya terlebih dahulu.

Setidaknya ada 2 perintah dalam cmd yang saya ketahui untuk mendapatkan informasi mengenai kapasitas RAM yang terpasang dalam komputer, yang berbeda selain perintahnya adalah hasilnya saja.

cmd-systeminfo-total-physical-memory-wmic-memorychip-get-capacity

Panggil command prompt dan silahkan referensikan dalam gambar diatas kalau anda bingung saat menjalankan perintah – perintah berikut.

  1. Yang pertama adalah dengan mengetikkan perintah systeminfo | findstr /C:”Total Physical Memory”, hasilnya adalah dalam satuan Mega Byte. Contoh: Total Physical Memory:???? 2,036 MB.
  2. Sedangkan yang kedua adalah dengan melalui perintah wmic memorychip get capacity, hasilnya dalam satuan Byte sehingga kalau anda baca bisa mencapai angka milyar. Contoh: Capacity 2147483648.

Kedua perintah tersebut saya jalankan dalam komputer yang sama dengan kapasitas memori sebesar 2GB dan memang akurat.

Semoga membantu. 🙂

6 pemikiran pada “Cara mengetahui ukuran RAM melalui command prompt”

    • Halo Prisma, boleh tahu anda menggunakan Windows apa dan menjalankan perintah yang mana? Kemungkinan memag salah satu perintah diatas belum tentu bisa dieksekusi di semua versi Windows.

Tulis komentar...