Cara mengetahui kapan user Windows terakhir aktif

Windows adalah sistem operasi multi-user, jadi bisa digunakan oleh beberapa pengguna dengan profil dan setting yang berbeda. Tentu saja dalam keadaan normal kita hanya bisa menggunakan satu user account saja dan tidak bisa secara bersamaan aktif sesinya, jadi harus bergantian. Kalau anda ingin tahu kapan akun pengguna tersebut aktif dipakai maka ada satu cara yang bisa anda coba.

Yang kita manfaatkan adalah cukup command prompt tanpa software tambahan, setelah itu perhatikan format perintah cmd berikut: net user  namauser | findstr /B /C:”Last logon”.  Gantikan namauser dalam perintahnya dengan username yang ingin anda cek, contohnya administrator: net user  administrator | findstr /B /C:”Last logon”. Silahkan gunakan gambar dibawah sebagai referensi.

cmd-net-user-last-logon

Contoh hasil perintah diatas adalah seperti ini: Last logon 4/2/2015 9:34:40 PM.

Dari sini kita dapat tahu setiap user yang ada dalam Windows kapan terakhir digunakan (logon) dan sangat membantu dalam proses audit hak akses pengguna di kantor.

Untuk user account Windows yang tergabung dalam domain maka bisa menggunakan perintah berikut: net user utekno /namadomain | findstr /C:”Last logon”.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...