Cara mengetahui username dan password Telkom Speedy

Di hari minggu yang cerah ini tiba – tiba modem Wi-Fi Speedy saya berulah, koneksi ADSLnya tidak bisa sinkron – sinkron entah kenapa sebabnya. Setelah mengubungi customer service Telkom Speedyd dan diberitahukan bawah tidak ada gangguan koneksi internet di daerah saya akhirnya saya mencoba akses halaman administrasi modem tersebut dan tampaknya tidak ada masalah. Tambah bingung saja jadinya. Akhirnya saya memutuskan untuk mereset modem, masalahnya saya hanya tahu apa username Speedy tapi tidak passwordnya.

Biasanya pada awal pemasangan Telkom Speedy anda akan diberikan secarik kertas berisi apa Service Name, Username dan Password untuk menggunakan layanan internet. Tapi saya yakin kebanyakan dari kita (termasuk saya) sudah kehilangan kertas tersebut entah terselip dimana, bahkan jadi bungkus gorengan pun tidaklah kaget. Setelah mengobrak – abrik kamar saya dan tidak menemukannya membuat saya pasrah. Hampir saja saya terpaksa memanggil bantuan teknisi Speedy untuk membantu saya.

Jadi percuma saja kalau setting modem ADSL saya reset ke kondisi semula kalau cuma tahu usernamenya saja yang tampil di setting Modem, nanti juga tidak bisa terkoneksi ke internet. Ini membuat saya memutar otak bagaimana cara mendapatkan dan mengetahui apa password dari akun Speedy saya.

telkom-speedy-pppoe-pppoa-username-password

Yang kita gunakan disini adalah command prompt Windows, panggil cmd dan ketikkan perintah telnet 192.168.1.1 kemudian tekan ENTER.

command-prompt-telnet-192-168-1-1

Kalau pada saat anda menjalankan perintah ini muncul pesan “‘telnet’ is not recognized as an internal or external command, operable program, or batch file.” maka anda perlu mengaktifkan telnet terlebih dahulu, defaultnya memang mati seingat saya.

telnet-is-not-recognized

Nanti anda akan diminta mengisikan password. Catatan saja kalau anda merasa tidak pernah mengganti password default modem anda maka isikan admin. Kalau salah cek bagian bawah perangkat modem anda, biasanya akan tertuliskan apa username dan password defaultnya – biasanya sih admin.

Karena modem saya adalah TP-LINK maka pada tampilan setelah berhasil masuk akan muncul nama produknya. Selanjutnya ketikkan perintah show all dan tekan ENTER.
telnet-show-all

Geser jendela command prompt dan cari kata – kata username dan password. Di tempat saya bertuliskan PPP Username dan PPP Password.
telnet-show-all-username-password-speedy

Ya, itulah username dan password dari akun Telkom Speedy anda. Kalau anda perhatikan username anda adalah nomor akun Speedy anda, jadi kalau lupa ya bisa anda gunakan cara ini untuk mengetahui nomor pelanggan Telkom anda. Saya sarankan juga anda tidak menunggu sampai ada masalah pada koneksi internet anda baru mencari tahu apa username dan password untuk terhubung ke internet. Segera catat dan simpan di tempat yang mudah diakses, kalau saya sendiri menyimpannya di handphone.

355 pemikiran pada “Cara mengetahui username dan password Telkom Speedy”

Tulis komentar...