Cara mengganti DNS server di Android

Mengganti DNS server di Android sebenarnya harus menggunakan root untuk koneksi data tapi ini bisa diakali asalkan yang ingin ubah adalah dengan menggunakan koneksi WiFi. Memakai DNS server alternatif biasanya bertujuan untuk membuka blokir situs, mempercepat akses internet, dan bisa mengamankan kegiatan online anda. Beberapa yang populer seperti Google Public DNS dan OpenDNS bisa menjadi pilihan anda.

Sekarang bagaimana cara mengganti DNS server di Android? Anda perlu membuka Settings (Pengaturan) dan pada bagian Wireless & Networks silahkan tap pada WLAN.
android-settings

Silahkan pilih nama SSID hotspot yang anda ingin rubah DNS servernya dan tahan maka akan muncul Modify Network.
android-wlan-settings-forget-modify-network

Geser jendela popup yang muncul sampai pada bagian IP settings dan ubah dari DHCP menjadi Static.
android-wlan-settings-ip-address

Geser lagi kebawah maka anda akan menemukan DNS 1 dan DNS 2, silahkan isikan alamat IPnya.
android-wlan-settings-dns-server
Kalau sudah tap saja Save dan handphone Android anda akan menggunakan konfigurasi DNS baru tersebut. Dalam gambar saya menggunakan Google Public DNS.

Mungkin anda sekarang bingung sebaiknya memakai DNS server yang mana, silahkan anda baca selengkapnya di daftar DNS server gratis. Tergantung kebutuhan anda apakah ingin menghindari blokir, tanpa sensor, akses online lebih cepat, dan dilengkapi proteksi antivirus maka bisa anda temukan semuanya dalam daftar tersebut.

Anda sebenarnya bisa menggunakan DHCP server di modem untuk menggunakan alamat IP DNS server tertentu terhadap setiap laptop atau handphone yang terhubung, termasuk Android. Jadi tidak perlu kita mengubah setting setiap kali menggunakan hotspot. Tapi ini hanya berlaku kalau modem atau router WiFi tersebut adalah milik anda atau memiliki akses administratornya.

Tulis komentar...