Cara mengganti DNS server di FiberHome

Misal kualitas DNS server dari ISP yang kita gunakan kurang bagus maka ada baiknya kita memanfaatkan layanan DNS server pihak ketiga yang lebih stabil. Nah… kalau modem yang anda gunakan bermerek FiberHome maka bisa mencoba untuk mengganti DNS servernya, jadi setiap perangkat yang tersambung akan menggunakan setting barunya.

Disini saya memakai FiberHome AN5506-04 FG. Mari dimulai dengan mengakses halaman administrasinya di alamat IP 192.168.1.1, kalau merasa belum pernah merubah username dan password defaultnya maka gunakan admin & admin.

fiberhome-an5506-04-fg-login

Kemudian pindahkan ke menu Network dan didalamnya anda akan menemukan opsi DHCP Server, klik saja. Nanti ubah alamat IP yang terdapat dalam baris DHCP Primary DNS dan DHCP Secondary DNS ke alamat IP DNS server yang ingin digunakan. Klik Apply untuk menyimpan dan menerapkan perubahan konfigurasi. Saya mencontohkan menggunakan Google Public DNS.

fiberhome-an5506-04-fg-dhcp-server

Oh ya, di FiberHome ini ada opsi DNS Relay, nonaktifkan supaya setiap komunikasi DNS lookup tidak diforward ke relaynya. Sama saja tidak ganti DNS server kalau masih aktif. Lokasinya di Network > Lan Settings atau Network > Broadband Setting ? Internet Setting (trims mas Ibrahim atas koreksinya).

Semisal anda melakukan ini untuk melewati blokir konten dan gagal berarti ISP anda menerapkan Transpararent DNS Proxy, dan solusinya cuma bisa menggunakan VPN atau DNSCrypt.

33 pemikiran pada “Cara mengganti DNS server di FiberHome”

    • sama mas tipe modem nya..

      kalau untuk mengatur QOS masing-masing komputer itu gimana mas? bisa dijelaskan bagaimana cara mengisinya?

    • Sebentar, anda pakai ISP apa mas? Nemu opsi QoS di bagian mananya? Haha… ini saya yang penasaran, soalnya di FiberHome saya tidak opsi tersebut.

    • Haha… berarti benar kecurigaan saya kalau MyRepublic membatasi modem FiberHomenya. 🙁 Dulu pas masih pakai Telkom bisa setting QoS soalnya.

      Bisa dikirimkan screenshotnya mas ke email [email protected], kalau bisa mendetail sih biar tidak bolak – balik nanti kalau ada yang kurang jelas. 🙂

    • Halo Fauzan, itu QoS yang anda bicarakan berlaku per protokol koneksi mas bukan per perangkat. Jadi tidak bisa sesuai keinginan anda.

    • Pasang router WiFi tambahan mas dan extend nanti jangkauannya. Kalau dari laptop mungkin bisa nambahin WiFi card ya.

  1. Gan, ane pengguna speedy tapi sudah kabel fiber dan modem fiberhome. Ane tes speed kecepatan internet ane dan ini hasilnya

    Ping 282 ms
    Download 0.58 Mb/s
    Upload 0.16 Mb/s

    Nah hasil speedtes ane menurut agan kecepatannya bagus vs normal/standar,vs jelek kecepatannya? thx

    Balas
    • Yakin sudah pakai Fiber Optic mas? Itu parah sekali kalau bener sudah ganti FO, normalnya ping adalah dibawah 30an ms dan kecepatannya tergantung paket memang tapi itu dapatnya juga kecil bandwidthnya.

  2. Maaf mau tanya, kalau untuk setting LAN menggunakan wifi indihome supaya semua client bisa conect ke server bagaimana..?
    mohon pencerahan
    terima kasih

    Balas
    • Halo Nuno, ini klien akses server dalam satu jaringan atau keluar mas? Atau malah sebaliknya klien dari internet ingin konek ke rumah/kantor?

  3. mau tanya mas supaya PC bisa kokek ke PC laen pakek modem yg mas pakek gimana ya. modem indihome yg saya pakek sama kek punya mas AN5506-04 fg juga, nah pas mo ngambil file ke PC laen selalu gk bisa kek akses.. hasil diagnosisnya “file and print sharing resouce (PC-Bawah) is online but isn’t responding to connection attempts”. padahal kalo pakek modem Bolt bisa… gk ada masalah ngambil file dari PC laen. cuma kalo pakek modem FiberHome aje yg gak bisa.

    PC 1 pakek kabel lan PC 2 pakek WIFI

    Balas
    • Mas sudah cek setting firewallnya? Dan di Network Properties per perangkat jaringan bisa beda setelannya, DHCP sudah dicek juga?

  4. mau tanya mas, cara setting port forwading supaya modem konek dengan pc lokal , agar pc lokal bisa dikonek dengan vpn dari lokasi diluar kantor
    bagaimana caranya ?trims

    Balas
  5. mau nanya mas, cara setting port lan pada fiberhome AN5506-04 gimana ya??

    soalnya saya pake 2 pc, eh ternyata sama mas-mas yg masang cuman di setting yg lan3 doang, sedang lan1, 2 dan 4 gak bisa dipake

    Balas
  6. mas bisa di ganti gak mas??
    bagian dns relay nya bukan di network — lan setting
    tapi di network — broadband setting — internet setting

    update firemware yang baru udah di pindahin posisi dns rellay nya mas
    (ane pake fiber home dari myrepublic)

    Balas
    • Maksudnya di artikel diatas mas? Trims infonya. ONT kita sama mestinya, cuma saya jarang cek adminnya lagi sejak nulis. 😀

  7. Permisi mas, saya mau tanya kenapa ada satu MAC Address yang kalo device nya connect, device yg lain tiba2 nggak bisa akses internet. Pas saya cek di app dari Play store nama MAC Address nya Azurewave Technology, disebelahnya ada tanda merah, dan punya multiple IP Address. Waktu saya blacklist MAC nya dia, beberapa saat kemudian router fiberhome nya kereset sendiri dan si Azurewave nya connect lagi, dan saya gabisa akses internet lagi. Gimana ya cara mengatasinya? Thanksss

    Balas
    • Coba ganti password WiFi dulu mas?

      Mungkin pas perangkat tersebut konek konflik IP atau pakai cara seperti Netcut kok sampai internetnya bermasalah.

  8. rlambang nurasyid ramdhani April 30, 2017
    mas bisa di ganti gak mas??
    bagian dns relay nya bukan di network — lan setting
    tapi di network — broadband setting — internet setting
    update firemware yang baru udah di pindahin posisi dns rellay nya mas
    (ane pake fiber home dari myrepublic)

    Balas
  9. ada yang pernah setting port forwarding utk akses pc di private network di modem fiberhome? saya coba setup port forwarding tapi ga masuk ke destination. mohon pencerahannya jika ada yang pernah setup ya, thanks

    Device Information
    Software Version RP2578(00.00)
    Hardware Version WKF2.134.285F2G
    Device Model AN5506-04-F
    Device Description GPON

    Balas
  10. Bro ane pasang fiberhom yang setipe sama situ
    Pas awal ane buat download kisaran 1,3 Mbps tapi kok sekarang jadi paling cepet cuman 400 KB
    Mohon tipsnya

    Balas

Tulis komentar...